5 kebohongan yang tak boleh ditulis di CV

Status
Not open for further replies.

kultwi

New member
Surat lamaran kerja, yg kebanyakan diikuti dengan CV (curriculum vitae), dapat kita ibaratkan sebagai pembuka pintu perusahaan saat sebelum calon karyawan di beri peluang utk wawancara.

Melalui kabar yg tercantum dalam CV tersebut perusahaan dapat tentukan apakah mereka dapat memanggil calon karyawan itu atau tdk. Dalam satu buah survey, web CareerBuilder. com menuturkan tujuh dari 10 perusahaan cuma butuh saat kurang dari lima menit utk membaca selembar CV.

Sesudah itu, dalam tempo yg singkat itu perusahaan dapat mengendus kebohongan-kebohongan yg tercantum calon karyawannya itu maka mereka membatalkan tekad utk memanggilnya turut sistem seleksi.

" Pencari kerja benar-benar ditantang utk berikan kesan yg bagus di depan manajer sumber daya manusia yg membaca surat lamaran serta CV, " kata Rosemary Haefner, kepala sumber daya manusia dari CareerBuilder, seperti dilansir Forbes. com.

" Menghiasi CV dengan kebohongan utk menggapai perhatian dapat jadi bumerang buat pelamar kerja. Memang manajer sumber daya manusia ikhlas utk pertimbangkan calon karyawan yg tdk 100 prosen sesuai dengan ketentuan perusahaan. Pencari kerja dapat menambah peluang mereka diambil dengan tunjukkan prestasinya di periode selanjutnya yg memberikan kemampuannya utk belajar, " makin Haefner.

Berikut lima kebohongan banyak pencari kerja yg mereka perlihatkan dalam CV :

1. Melebih-lebihkan keahlian yg dikuasai

Hasil survey yg dilaksanakan oleh CareerBuilder menuturkan kalau seputar 62 prosen perusahaan menemukannya calon karyawan melebih-lebihkan keahlian yg mereka kuasai.

Langkah barusan dapat memalukan andaikan perusahaan menguji calon karyawan utk memberikan kemampuannya.

2. Melebih-lebihkan tanggung jawab yg diemban

CareerBuilder mengutarakan seputar 54 prosen perusahaan menemukannya calon karyawan melebih-lebihkan tanggung jawab mereka dalam CV serta lamaran kerja.

Tanggung jawab yg besar benar-benar memberikan pentingnya seorang dalam satu buah perusahaan. Akan tetapi mestinya pelamar pekerjaan tdk berbohong perihal tanggung jawabnya di perusahaan terlebih dahulu.

3. Tanggal kerja

Detail periode saat Anda bekerja di satu buah perusahaan dapat mendukung area sumber daya manusia utk paham tingkat pengalaman calon karyawannya. Banyak 39 prosen perusahaan menemukannya terdapatnya kekeliruan saat kerja yg tercantum dalam CV. Walaupun bukan hanya kekeliruan fatal, akan tetapi terdapatnya data yg salah dalam CV menjadi kekurangan yg mestinya dicegah.

4. Nama jabatan

Banyak 31 prosen perusahaan menemukannya terdapatnya kebohongan pelamar kerja dalam mencantumkan nama jabatan yg pernah dipegangnya.

Ga ada perihal lain yg dapat memberikan begitu pentingnya Anda dalam satu buah perusahaan tidak hanya nama jabatan. Akan tetapi, itu bukan hanya artinya Anda dapat seenaknya melebih-lebihkan jabatan yg Anda emban di perusahaan terlebih dahulu. Perusahaan dengan enteng dapat menelusur posisi Anda di perusahaan lama melalui langkah bertanya ke perusahaan itu.

5. Gelar akademis

Gelar akademis seorang memberikan intelektualitasnya. Kerapkali juga gelar akademis jadi ketentuan satu buah pekerjaan. Andaikan Anda belum pernah mengenyam pendidikan yg buat Anda punya hak menyandang gelar khusus, jangan sampai cantumkan gelar itu dalam contoh CV. Banyak 28 prosen perusahaan menangkap basah calon karyawannya yg mencantumkan gelar palsu dalam CV.
 
lamaran kerja saat ini udah jauh berbeda dgn cara lamaran kerja 5 tahun lalu. Sekarang rata2 lamaran via online. Dan proses penerimaannya utk diseleksi juga diberitahu via email. Lbh simple dan mengurangi cost
 
hahaha, betul banget itu broo, kalau suka melebih lebihkan kemampuan di CV itu sangat berbahaya sekali, sekalinya mereka percaya, itu ujungnya akan mempersulit diri sendiri, kerja berada dalam tekanan,, jadi nggak bisa enjoy,,

tapi mau gimanapun yang namanya CV itu harus di tulis dengan jujur bro, jangan melebih lebihkan, apalagi yang sejatinya kita nggak bisa atau nggak paham tentang sesuatu hal, malah kita buat seakan akan kita serba bisa hehehe
 
Kalau saya kerja tidak mementingkan gelar dan jabatan dll
yang penting konsistensi kerja dan skillnya aja hehe
 
iyalah klo dilebih"kan mana bisa, nanti klo di tanya sama HRD tentang pengalaman bekerja yg ada mangap bae lg ga bisa ngejawab..
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top