Apakah anda setuju dengan 7 peran orangtua ini?

kyz7

New member
Peran Orang tua Terhadap anak​
fmily.jpg

Keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah masyarakat yang didalamnya terdapat bebrapa orang. Di dalam keluarga karakter anak dan perilaku tergantung dari ajaran orangtua. Oleh karena itu, peran orangtua terhadap anak sangat penting. Apapun alasannya orangtua lah yang mampu mendidik dan membentuk karakter anak dengan baik.

Pendidikan yang didapat oleh anak pertama kali harus didapat ari orangtuanya langsung. Jangan dari neneknya atau malahan baby sitter. Sesibuk apapun urusan dunia anda, usahakan selalu ada waktu untuk dunia anak anda. Hal ini untuk menjalin tali batin yang kuat sehingga anak akan mudah anda didik.

1. Fungsi Agama
Orang tua berperan penting dalam pendidikan agama. Orang tua yang baik akan mengajarkan ketuhanan kepada anaknya untuk percaya terhadap adanya tuhan. Mengajarkan nilai-nilai keluhuran dan sikap rendah hati supaya anak itupun memiliki pribadi yang luhur dan rendah hati.

2. Fungsi Sosial Budaya
Dalam bergaul di masyarakat, orang tua harus mengajarkan cara bersosialisai yang mudah dan benar. Hal ini ditujukan supaya anak mempunyai jiwa sosial dan solidaritas yang tinggi di masyarakat. Juga untuk menghindari sikap individualisme anak.

3. Fungsi Cinta Kasih
Dalam sebuah unit keluarga, hambar rasanya apabila tidak ada yang namanya cinta kasih. Seorang suami dan istri harus saling menjaga cinta dan kasih yang sudah dipercayakan oleh masing – masing pihak. Hal ini ditujukan untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

4. Fungsi Perlindungan
Peran orang tua yang lainnya adalah perlindungan. Untuk melindungi satu sama lain dalam keluarga diperlukan kekompakan. Orang tua khususnya ayah harus mampu melindungi keluarganya.

5. Fungsi Pendidikan
Pendidikan dalam suatu keluarga sangat penting. Orang tua juga harus terdidik supaya dalam mendidik anaknya tidak sembarangan. Sebisa mungkin anak mendapatka pendidikan minimal lebih tinggi dari orang tuanya.

6. Fungsi Ekonomi
Memangnya Cuma Presiden yang mempunyai fungsi ekonomi? Keluarga juga punya lah,
Seorang ayah harus bisa memenuhi minimal kebutuhan pokok keluarga. Tapi banyak juga ayah di luar sana yang kurang beruntung. Oleh karena itu anda harus bersyukur apabila diberi rejeki dan bisa memnuhi kebutuhan pokok keluarga.

7. Reproduksi
Yang ini ngga perlu dijelaskan secara mendalam. Intinya apabila orang tua menginginkan keturunan yang bagus ya bikin dengan istrinya sendiri, jangan pake istrinya orang.

Anak juga harus mendapat pendidikan reproduksi yang benar. Supaya tidak terjerumus untuk mempraktikannya.

Karena artikel ini terlalu panjang,

Untuk lebih detail dan mendalam silahkan lihat disini ==>
 
Last edited by a moderator:
semua sudah benar gan,tinggal prakteknya saja yang harus dimaksimalkan,ini akan menjadi sulit ketika tidak sejak dini melakukan hal tersebut,jadi pendidikan memang sudah harus diterapka sejak dini,usahakan setiap hari bertemu dengan anak sehingga hubungan antara orang tua dan anak menjadi dekat
 
Setuju aja sih den yang penting gimana pelaksanaan/cara mempraktekannya dengan semaksimal mungkin supaya hasilnya peran orangtua ini sukses seperti ujarnya den ahmedfw


semua sudah benar gan,tinggal prakteknya saja yang harus dimaksimalkan,ini akan menjadi sulit ketika tidak sejak dini melakukan hal tersebut,jadi pendidikan memang sudah harus diterapka sejak dini,usahakan setiap hari bertemu dengan anak sehingga hubungan antara orang tua dan anak menjadi dekat
 
Back
Top