Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tetap Enak

Menjelang lebaran orang-orang sibuk untuk membuat kue untuk lebaran, namun setelah selesai lebaran biasanya masih ada kue yang belum habis, bahkan ada beberapa kue pemberian dari kerabat yang justru membuat penganan manis ini semakin menumpuk. Apa yang harus dilakukan ? mungkin anda bisa menyimpannya begitu saja di dalam toples, tapi biasanya setelah beberapa minggu wangi dan rasa kue sudah berubah, begitu juga dengan teksturnya yang tidak selembut saat masih baru keluar dari oven. Kali ini Wiratech akan membagikan cara menyimpan kue kering lebaran dengan baik agar tetap enak dan tidak cepat basi.


Kue-kue lebaran yang rasanya manis pasti akan lebih lama habis jika dibandingkan dengan cemilan gurih yang disajikan, oleh karena itu mau tidak mau kita harus menyimpan kue-kue tersebut. Tapi menyimpannya dengan cara yang tidak tepat justru akan membuat tekstur dan cita rasa kue berkurang, bahkan bisa membuat kue menjadi berjamur. Jika anda punya banyak sekali kue lebaran baik itu buatan sendiri ataupun pemberian orang, ada baiknya anda menyimpan dengan cara-cara yang akan Wiratech bagikan kali ini.

Dinginkan Kue Terlebih Dahulu
Jika anda baru saja selesai memasak kue sebaiknya anda membiarkan kue diatas Loyang sekitar 3-5menit lalu pindahkan ke cooling rack dan tunggu hingga kue benar-benar dingin setelah itu simpan ke dalam toples. Menyimpan kue yang baru matang langsung ke dalam wadah atau toples akan membuat kue cepat rusak.

Simpan kue di dalam Wadah Kedap Udara
Pastikan anda menyimpan kue tersebut di dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunkan toples yang memiliki penutup karet disekelilingnya atau anda bisa saja menggunakan kotak bekal kedap udara agar kue lebih awet.

Pastikan Wadah Kering
Jika anda sudah menyiapkan wadah untuk kue, pastikan wadah dalam keadaan kering. Cuci bersih wadah yang akan digunakan dan lap hingga benar-benar kering. Bila perlu jemur wadah dibawah panas matahari untuk memastikan wadah benar-benar kering. Wadah yang lembab akan menyebabkan kue cepat berjamur.

Jaga Kelembapan Dengan Garam
Jika masih belum yakin wadah yang digunakan benar-benar kering, anda bisa menggunakansilica geldalam kemasan dan memasukannya kedalam wadah kue, atau jika tidak menemukannya anda bisa memasukan 2-3 sendok teh garam yang dibungkus kain bersih demi memastikan kue tidak mudah berjamur

Tambahkan Sepotong Roti di dalam Wadah
Anda juga bisa menambahkan potongan roti kedalam wadah kue agar kue tetap lembut saat digigit. Jangan lupa untuk mengganti roti saat roti sudah mulai mongering.

Pisahkan Kue Bertoping Dengan Kertas Minyak
Jika anda membuat kue dengan toping gula atauicing, ada baiknya jika anda menutup bagian atas icing dengan kertas minyak sebelum menumpuk kue lain diatasnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga bentuk kue agar tetap cantik.

Simpan Kue di Wadah Terpisah
Gunakan wadah terpisah saat menyimpan kue yang berbeda-beda. Menyatukan kue yang berbeda didalam satu wadah tidak akan membuat kue awet, kue justru akan kehilangan rasa aslinya karena bercampur dengan kue lain.

Simpan diFreezer
Jika anda berniat menyimpannya cukup lama anda bisa menyimpannya didalamfreezer. Pastikan anda menyimpannya terlebih dahulu di wadah kedap udara agar kue tidak melempem dan basah.

Panaskan Kembali Kue Agar Renyah
Setelah lama menyimpan kue kering di kulkas umumnya kue akan menjadi sedikit lebih lembab. Anda bisa mengeluarkannya terlebih dahulu dari kulkas dan biarkan kue mencapai suhu ruangan. Setelah itu panggang di dalam Oven Roti pada suhu 135°C selama 10-15 menit.
jejesos jejesos is offline
City Level

Post: 193
 
Reputasi: 1

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

bener nih, kue kering jangan mudah di angin anginin, nanti mudah hancur, ini saya dirumaha da kue kering keju, keseringan buka tutup , sering kena angin, eh sekarang kue nya mudah ancur, diambil dari toples mau dimakan , belum smp mulut udah ancur kue nya hehehe,,

sarana saya sih untuk kue kering yang disajikan itu, ditaruh aja di toples kecil dulu,, nah kue nya untuk stok disempat ditoples yang besar, jadi kalau ada tamu nggak ke anginan semua kue nya,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 756
 
Reputasi: 17






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

Kutip:
Oleh ibamfx View Post
bener nih, kue kering jangan mudah di angin anginin, nanti mudah hancur, ini saya dirumaha da kue kering keju, keseringan buka tutup , sering kena angin, eh sekarang kue nya mudah ancur, diambil dari toples mau dimakan , belum smp mulut udah ancur kue nya hehehe,,

sarana saya sih untuk kue kering yang disajikan itu, ditaruh aja di toples kecil dulu,, nah kue nya untuk stok disempat ditoples yang besar, jadi kalau ada tamu nggak ke anginan semua kue nya,
kue lebaran kaya nih den hehe
bukan kue saja den, seperti kripik pisang dll juga mudah lapuk/alot kalau kena angin anginnan
bener kata aden, sajikan saja sebagian yang kira" dihabiskan saat itu juga
yang sekiranya gaakan habis disimpan buat persediaan hehe
msyahrul
msyahrul msyahrul is offline
Continent Level

Post: 3.903
 
Reputasi: 28






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

Kutip:
Oleh jejesos View Post
Tips Menyimpan Kue Kering Lebaran Agar Tetap Enak

Menjelang lebaran orang-orang sibuk untuk membuat kue untuk lebaran, namun setelah selesai lebaran biasanya masih ada kue yang belum habis, bahkan ada beberapa kue pemberian dari kerabat yang justru membuat penganan manis ini semakin menumpuk. Apa yang harus dilakukan ? mungkin anda bisa menyimpannya begitu saja di dalam toples, tapi biasanya setelah beberapa minggu wangi dan rasa kue sudah berubah, begitu juga dengan teksturnya yang tidak selembut saat masih baru keluar dari oven. Kali ini Wiratech akan membagikan cara menyimpan kue kering lebaran dengan baik agar tetap enak dan tidak cepat basi.


Kue-kue lebaran yang rasanya manis pasti akan lebih lama habis jika dibandingkan dengan cemilan gurih yang disajikan, oleh karena itu mau tidak mau kita harus menyimpan kue-kue tersebut. Tapi menyimpannya dengan cara yang tidak tepat justru akan membuat tekstur dan cita rasa kue berkurang, bahkan bisa membuat kue menjadi berjamur. Jika anda punya banyak sekali kue lebaran baik itu buatan sendiri ataupun pemberian orang, ada baiknya anda menyimpan dengan cara-cara yang akan Wiratech bagikan kali ini.

Dinginkan Kue Terlebih Dahulu
Jika anda baru saja selesai memasak kue sebaiknya anda membiarkan kue diatas Loyang sekitar 3-5menit lalu pindahkan ke cooling rack dan tunggu hingga kue benar-benar dingin setelah itu simpan ke dalam toples. Menyimpan kue yang baru matang langsung ke dalam wadah atau toples akan membuat kue cepat rusak.

Simpan kue di dalam Wadah Kedap Udara
Pastikan anda menyimpan kue tersebut di dalam wadah kedap udara. Anda bisa menggunkan toples yang memiliki penutup karet disekelilingnya atau anda bisa saja menggunakan kotak bekal kedap udara agar kue lebih awet.

Pastikan Wadah Kering
Jika anda sudah menyiapkan wadah untuk kue, pastikan wadah dalam keadaan kering. Cuci bersih wadah yang akan digunakan dan lap hingga benar-benar kering. Bila perlu jemur wadah dibawah panas matahari untuk memastikan wadah benar-benar kering. Wadah yang lembab akan menyebabkan kue cepat berjamur.

Jaga Kelembapan Dengan Garam
Jika masih belum yakin wadah yang digunakan benar-benar kering, anda bisa menggunakansilica geldalam kemasan dan memasukannya kedalam wadah kue, atau jika tidak menemukannya anda bisa memasukan 2-3 sendok teh garam yang dibungkus kain bersih demi memastikan kue tidak mudah berjamur

Tambahkan Sepotong Roti di dalam Wadah
Anda juga bisa menambahkan potongan roti kedalam wadah kue agar kue tetap lembut saat digigit. Jangan lupa untuk mengganti roti saat roti sudah mulai mongering.

Pisahkan Kue Bertoping Dengan Kertas Minyak
Jika anda membuat kue dengan toping gula atauicing, ada baiknya jika anda menutup bagian atas icing dengan kertas minyak sebelum menumpuk kue lain diatasnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga bentuk kue agar tetap cantik.

Simpan Kue di Wadah Terpisah
Gunakan wadah terpisah saat menyimpan kue yang berbeda-beda. Menyatukan kue yang berbeda didalam satu wadah tidak akan membuat kue awet, kue justru akan kehilangan rasa aslinya karena bercampur dengan kue lain.

Simpan diFreezer
Jika anda berniat menyimpannya cukup lama anda bisa menyimpannya didalamfreezer. Pastikan anda menyimpannya terlebih dahulu di wadah kedap udara agar kue tidak melempem dan basah.

Panaskan Kembali Kue Agar Renyah
Setelah lama menyimpan kue kering di kulkas umumnya kue akan menjadi sedikit lebih lembab. Anda bisa mengeluarkannya terlebih dahulu dari kulkas dan biarkan kue mencapai suhu ruangan. Setelah itu panggang di dalam Oven Roti pada suhu 135°C selama 10-15 menit.
bagi2 tetangga aja ga usah simpen2


kl simpan di freezer apa ga berubah rasa ya kuenya
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.136
 
Reputasi: 1622






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

ide bagus, tar klo dimakan jd beku deh tp jd ngerasain sensasi dingin tp enak
Muh.Ridwan
Muh.Ridwan Muh.Ridwan is offline
Continent Level

Post: 2.792
 
Reputasi: 46






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Trik Menyimpan Kue Kering Setelah Lebaran Agar Lebih Awet

wa ini trik sangat bermanfaat sekali
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tips Menyimpan Buah agar Lebih Awet ayuatmaja Memasak & Makanan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.