Politik - Pokemon Go

spirit

Mod
Pemain "Pokemon Go" Kembali Temukan Mayat

1256441pokemon-go780x390.jpg

Pemain Pokemon Go temukan mayat mengambang di sungai di New Hamphire, AS.

Tren "Pokemon Go" diiringi kejadian-kejadian unik. Ada pemain yang menabrak mobilnya sendiri, ada juga yang jadi korban perampokan karena terlalu fokus berburu Pokemon.

Kejadian lain yang cukup bikin bulu bergidik dialami pemain Pokemon Go di dua kota di Amerika Serikat, yakni Wyoming dan New Hampshire. Pekan lalu, pemain di Wyoming menemukan mayat saat mengeksplor lokasi persembunyian Pokemon.

Kejadian serupa dialami seorang pemain di New Hampshire pada awal pekan ini, sebagaimana dilaporkan Ubergizmo dan dihimpun KompasTekno, Senin (18/7/2016).

Pemain di New Hampshire menemukan mayat mengambang di aliran sungai saat bertualang di Rotary Park. Taman untuk publik itu populer sebagai lokasi yang banyak membenamkan Pokestop.

Pokestop sendiri adalah lokasi mengumpulkan item-item yang bermanfaat, semisal Pokeball, incence, atau candy. Pokemon juga kerap berkeliaran di sekitar Pokestop.

Singkat cerita, setelah pemain Pokemon Go menemukan mayat mengambang, ia segera melapor ke kepolisian setempat. Mayat tersebut lalu diamankan dan bakal diinvestigasi lebih lanjut.

Insiden ini mengingatkan bahwa ada banyak hal di sekitar kita yang mungkin luput dari perhatian karena kita hanya duduk dan berdiam di satu tempat. Pokemon Go secara tak langsung mengajak kita untuk bergerak dan mengeksplor hal-hal lain.

093034720160717-084945780x390.jpg

Salah satu jenis Pokemon yang langka didapati di Pokestop Pintu II Gelora Bung Karno oleh pemain Pokemon Go, Minggu (17/7/2016). Sejumlah Pokestop disebar di titik-titik tertentu yang biasanya jadi pusat keramaian, seperti Monas.

Pokemon Go adalah game berbasis augmented-reality yang terhubung dengan GPS. Pemain akan merasakan pengalaman nyata berburu Pokemon yang ada di dunia game.

Pokemon Go dikembangkan oleh Niantic, bekerja sama dengan Nintendo dan Pokemon Company. Game yang menandai hari jadi ke-20 Pokemon tersebut bersifat gratis untuk Android dan iOS.

Pokemon Go baru dirilis dua pekan lalu di beberapa negara, seperti Australia dan Amerika Serikat. Negara-negara lain dikatakan bakal menyusul. Saat ini, netizen Tanah air masih mengunduh versi APK dari game tersebut. ~kompas
 
Menilik Isu Keamanan di Game "Pokemon Go"

1550104Pokemon-Go-Malware780x390.jpg

4 Juli 2016 merupakan hari peluncuran game "Pokemon Go" di Australia dan New Zealand. Disusul dengan peluncuran di Amerika pada 6 Juli 2016.

Permainan imajinatif berbasis peta menggunakan lokasi GPS (Global Positioning System) real dengan peta Google Maps yang dikombinasikan dengan karakter kartun yang sangat populer Pokemon, dibumbui dengan teknologi augmented reality (realitas yang disempurnakan) langsung meledak dan diserbu oleh tua-muda penggemar game.

Server Niantic, perusahaan pengembang Pokemon Go, sering megap-megap dan down karena tidak mampu mengatasi kelebihan permintaan akses dari penggunanya sampai saat artikel ini dibuat.

1617266Pokemon-Go2780x390.jpg

Server Pokemon Go sering mengalami kelebihan permintaan dan sering "down".

Sebenarnya sebelum Pokemon Go, permainan berbasis GPS ini sudah diluncurkan oleh Niantic (anak perusahaan Nintendo) dengan nama Ingress di Play Store dan dapat dikatakan cukup berhasil karena diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Namun, dibandingkan dengan Pokemon Go, keberhasilan Ingress menjadi tidak berarti, meskipun jika diperhatikan database peta dan lokasi yang digunakan oleh Pokemon Go menggunakan database peta yang pada dasarnya sama dengan Ingress.

Pemain Pokemon Go jauh melewati pengguna Ingres. Bahkan bisa dikatakan game Pokemon Go ini fenomenal dan berhasil mengubah gaya hidup pada gamer yang sebelumnya memiliki stereotipe malas bergerak dan hanya diam di tempat asyik dengan gadgetnya menjadi asyik bergerak berkelana mencari Pokemon kemana-mana.

Mungkin karena faktor nostalgia, karakter Pokemon yang sangat variatif dan lucu khas Jepang yang sudah lama akrab dengan para penggemar kartun dan para pemain game ini mendapatkan peran nyata menjadi pelatih Pokemon (Pokemon Trainer), maka pengguna Pokemon Go ini meledak.

Meskipun masih belum resmi diluncurkan di Indonesia, pengguna Pokemon Go aktif per 12 Juli 2016 sudah mendekati total pengguna Twitter dan dapat dipastikan akan melewati pengguna Twitter dalam waktu yang tidak terlalu lama. Lalu darimana pengguna smartphone Indonesia mendapatkan aplikasi Pokemon Go ?

Banyak pengguna iPhone yang mengakali dengan menggunakan akun Google berbasiskan alamat di negara yang sudah meluncurkan Pokemon Go seperti Amerika Serikat dan Australia sehingga bisa mengakses aplikasi, meskipun iPhone tersebut digunakan di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan pengguna Android ? Seperti biasa pengguna Android memiliki pilihan untuk menjalankan paket APK dari luar Google Play. ~kompas
 
BIN Bentuk Tim Kaji Isu Keamanan "Pokemon Go"

1706577rps20160715-170635780x390.jpg

Berburu pokemon di Monumen Nasional (Monas).

Badan Intelijen Negara tengah kaji isu keamanan dalam permainanPokemon Go.

Game berbasis augmented reality yang pemainnya bisa mencari Pokemon di dunia nyata ini kerap dipertanyakan dalam hal keamanan.

Sebab, game itu meminta akses terhadap lokasi dan kamera sehingga dianggap bisa memata-matai wilayah tertentu. Dugaan tersebut beredar di media sosial.

"Kami masih kaji untung ruginya apa," kata Sutiyoso di Jakarta, Senin (18/7/2016).

Sutiyoso enggan berkomentar soal hasil kajian sementara yang sudah didapatkan oleh BIN. Dia mengaku baru akan mengungkapkan kajian itu apabila sudah ada hasil final.

"Kami kaji secara serius, sudah ada timnya," tambah Sutiyoso.

1_pokok.JPG
 
Arab Saudi Larang Pokemon Go

pokemon-go_20160709_161235.jpg


TRIBUN-TIMUR.COM -
Bukan cuma dibanjiri pujian, Pokemon Go juga mengundang reaksi negatif dari beberapa pihak.

Game mobilekeluaran Nintendo itu disebut menghabiskan waktu dan tak sehat bagi psikologi anak.

Secara khusus, otoritas Arab Saudi mengeluarkan fatwa pelarangan segala sesuatu berbau Pokemon, baik dari segi game maupun kartunya.

Hal ini disiarkan melalui Al-Jazeera TV, sebagaimana dilaporkan ABCNews dan dihimpun KompasTekno, Senin (18/7/2016).

Mufti atau ulama besar Arab Saudi, Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh, mengimbau agar para orang tua menjauhkan anak-anak mereka dari hal-hal terkait Pokemon.

Ada beberapa alasan yang mendasari imbauan itu.

Salah satunya, simbol-simbol pada Pokemon dianggap menyimpan ancaman berbahaya.

"Kebanyakan simbol menyematkan bintang bersisi enam yang merupakan simbol zionisme internasional dan Israel," kata Mufti dalam sebuah tayangan yang disiarkan Al-Jazeera.



Selain itu, simbol-simbol pada Pokemon juga dikatakan memasukkan unsur-unsur dan tanda-tanda yang melekat pada sebuah keyakinan.

Menurut Komite Tinggi untuk Riset Ilmiah dan Hukum Islam, simbol-simbol itu berbasis pada keyakinan Tuhan lebih dari satu.

Prinsip itu tak sesuai dengan keyakinan Arab Saudi terhadap Tuhan yang tunggal.

Saat ditanya, perwakilan Nintendo membantah bahwa Pokemon menyiratkan simbol-simbol untuk mengampanyekan keyakinan tertentu.

Selain dari segi simbol, ada alasan lain yang mendasari fatwa pelarangan Pokemon.

Otoritas Arab Saudi menilai kartu Pokemon memicu praktik judi.

Pasalnya, permainan kartu Pokemon memungkinkan pemainnya berdagang kartu berdasarkan kalkulasi poin.



Mekanisme permainan itu dianggap mendorong pemain untuk membeli kartu sebanyak-banyaknya untuk berkompetisi agar bisa menjual kartu dengan nominal yang lebih besar.

Saat ini, popularitas Pokemon Go sebagai produk dari Pokemon Company, Nintendo, dan Niantic, tak terbantahkan.

Terminologi Pokemon Go sendiri telah mengalahkan kata 'porno' pada mesin pencari.

Lebih lanjut, belum ada keterangan resmi dari pengembang Pokemon Go dan pihak terkait soal fatwa pelarangan Pokemon secara keseluruhan oleh otoritas Arab Saudi.(abcnews)
 
Aparat Indonesia dilarang main Pokemon Go

160718130100_pokemon_640x360_reuters_nocredit.jpg

Pokemon Go dikhawatirkan dapat menerobos keamanan dan kerahasiaan data

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan beberapa kepala kepolisian daerah melarang aparatnya main Pokemon Go dengan alasan yang berbeda-beda.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, menghimbau aparatur negara tidak bermain game virtual apapun di lingkungan kantor.

Di pesan Twitter (18/7), Yuddy Chrisnandi menyebut alasannya adalah keamanan dan kerahasiaan instansi.

160719103709_yuddy_chrisnandi_624x415_twitter.jpg

Pesan Twitter Yuddy Chrisnandi yang melarang aparatur negara bermain Pokemon Go di lingkungan kantor

Sementara surat edaran dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang juga melarang anggota TNI AL bermain Pokemon Go, menyebutkan permainan di telepon pintar itu dapat merekonsiliasi data citra fisik untuk memetakan setiap sudut wilayah, yang berfungsi sebagai geospatial intelligence (intelijen geospasial).

Bagaimanapun Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama Edi Sucipto, menjelaskan Pokemon Go sendiri masih dipelajari sampai sekarang.

“Tapi memang ada himbauan untuk tidak main Pokemon di instansi militer karena di situ terkait dengan positioning GPS, penunjukan posisi, visual gambar area”, kata Edi kepada wartawan BBC Indonesia, Mehulika Sitepu.

“Bukan tidak boleh main Pokemon, tapi tidak boleh main Pokemon di instansi militer,” tegasnya.

Namun Eddy Lim, Ketua Asosiasi Olahraga Elektronik, berpendapat kekhawatiran Pokemon Go disalahgunakan untuk kepentingan intelejensi negara lain terlalu berlebihan.

“Itu mungkin. Pada saat dia ada di lokasi dia foto terus dikirim ke sana itu sebenarnya sama saja kayak kirim data. Tapi bukan berarti Pokemon Go dibuat karena ada tujuan seperti itu,” kata Eddy Lim.

160717063054_pokemon3.jpg

Beberapa kepala kepolisian daerah juga melarang anggotanya bermian Go karena dianggap kontra produktif.

“Yang ditakutkan sebenarnya kan apakah waktu dia lagi uber-uber dengan Pokemon itu datanya dikirim ke server atau tidak. Itu memang bisa dilakukan tapi apakah dilakukan oleh game Pokemon, itu tanya ke pembuatnya.”

Eddy menambahkan setiap teknologi dapat berisiko digunakan untuk kepentingan intelijen.

"Bukan hanya di Pokemon Go, kalau perlu handphone-nya jangan dipakai juga. Karena di handphone ada GPS, dan secara tak langsung juga bisa (data diambil)."

Larangan untuk polisi

Pokemon Go juga dilarang oleh beberapa kepala kepolisian daerah dengan alasan kontra produktif.

Koran Tempo menulis Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, melarang anggotanya bermain Pokemon Go karena khawatir mengganggu pelayanan masyarakat.

Sementara Kapolres Sleman, AKB Yuliyanto, berkata tidak pantas jika polisi bermain game disaat jam kerja, seperti dikutip Media Indonesia.

Di Indonesia, Pokemon Go belum dirilis, namun banyak yang mengunduh aplikasi ini melalui situs-situs teknologi dan game.

Di beberapa negara Pokemon Go juga dianggap menimbulkan masalah, dan Mesir sudah melarangnya karena dianggap membahayakan keamanan nasional.

Sementara di Amerika Serikat dua orang yang main Pokemon Go hingga larut malam di dalam mobil ditembak oleh seorang penjaga rumah karena sempat dicurigai sebagai pencuri.

~bbc.com
 
mudah mudahan demam pokemon ini cepet berlalu ,, menurut saya, orang bisa lupa segalanya karena berburu pokemon go ini,

kemrn saya liat, anak muda boncengan naik motor, yang belakang lagi berburu pokemon, dan mereka naik motor berhenti sembarang, akhirnya membuat orang yang dibelakangnya panik dan itu merugikan,,

belum lagi kalau harus masuk masuk ke tempat ibadah yang notaben nya nggak ibadah tapi hanya untuk berburu monster
 
Sama den saya juga, masih lebih tertarik lihat cartoon nya aja daripada mainin game nya, kan enak selain tidak membahayakan diri dan gacape juga hehe

nah kl kartun ak suka juga den. hampir semua jenis kartun ak suka tontonnya tp untuk main game ga tertarik
 
kemarin kami terima surat edaran menteri pendayagunaan aparatur negara tentang larangan bermain game berbasis GPS termasuk pokemon

img-2010.jpg

wah iya jelas gaboleh, bisa bisa memperburuk keamanan negara dan bisa jadi membongkar/terpantau titik" keamanan negara di republik kita ini
 
mudah mudahan demam pokemon ini cepet berlalu ,, menurut saya, orang bisa lupa segalanya karena berburu pokemon go ini,

kemrn saya liat, anak muda boncengan naik motor, yang belakang lagi berburu pokemon, dan mereka naik motor berhenti sembarang, akhirnya membuat orang yang dibelakangnya panik dan itu merugikan,,

belum lagi kalau harus masuk masuk ke tempat ibadah yang notaben nya nggak ibadah tapi hanya untuk berburu monster

pasti cepat berlalu den, tau sendiri kan orang indonesia gampang bosenan dan mudah tertarik dengan hal baru hehe
Berdoa saja semoga muncul aplikasi game baru yang lebih positif lagi hehe

kalau ada lagi yang kayagitu, boncengan tapi tidak memperhatikan jalan malah fokus pada game, tempeleng aja den hehe, biar tau rasa :D
 
Rusia Nilai Pokemon Go adalah Sebuah Kejahatan

pokemon-go-_160720121614-744.jpg



REPUBLIKA.CO.ID, MOSCOW --
Meski Pokemon Go merupakan gim, dan banyak orang yang memainkannya, justru hal itu menimbulkan sikap skeptis bagi beberapa orang.

Seperti diketahui, di beberapa negara Islam khususnya Arab Saudi mengatakan gim itu merupakan gim yang tidak Islami. Tidak hanya itu, Cina juga menganggap serius terhadap kehadiran gim itu dengan klaim untuk tetap waspada, karena gim tersebut dikhawatirkan akan membuka rahasia militer negara.

Kali ini, di Rusia, menurut beberapa sumber media lokal disana, beberapa pejabat Rusia menganggap gim tersebut sebagai bentuk kejahatan.

Gim tersebut dikatakan akan berpotensi menjadi alat yang digunakan para mata-mata untuk mendapatkan informasi penting dan rahasia di seluruh bagian dunia. Mereka menganggap gim Pikachu itu sebagai bentuk keterlibatan CIA untuk membuka semua rahasia negara di dunia.

"Bisa dibayangkan, tanpa paksaan mereka memainkan dan mengambil gambar untuk beberapa Pikachu yang diburu di situs rahasia juga militer. Itu tentu saja dapat menggambarkan informasi yang tidak boleh ada orang yang tahum," ujar seorang pensiunan Mayor Agensi Keamanan Federal, Aleksander Mmikhailov dilansir laman Ubergizmo Selasa (2/8).

Seorang Pejabat Senior Agensi Keamanan Rusia juga mengungkapkan bahwa terdapat sebuah cara dan mekanisme gelap melalui gim itu untuk menghancurkan dari dalam.

Menurut beberapa laporan di Rusia, dalam menanggapi hal yang tidak diinginkan, pemerintah telah membuat gim versi miliknya untuk dapat menggunakan aplikasi dan perburuan pokemon hanya di situs-situs bersejarah di Moscow.
 
suram banget ya game ini mempermainkan manusiia :(
cheatnya juga uda banyak, kesenangnany sudah hilang
 
Back
Top