Bagaimana Langkah Sukses Untuk Melakukan Migrasi Langsung Pada Office 365?

agungpras

New member
Anda merupakan bagian dari orang-orang pengguna Office 365? Apabila iya, saat ini Anda patut berbangga diri, karena saat ini Anda bisa memigrasikan semua konten kontak surat pengguna, dari sistem email lama ke Office 365. Saat ini juga, Anda sudah dapat melakukan semua proses ini sekaligus dan proses ini disebut dengan proses migrasi langsung.

Apbalia Anda telah memutuskan untuk memindahkan semua konten kontak surat yang Anda gunakan sekarang dengan proses migrasi langsung ada beberapa hal yang harus Anda ingat dan ketahui diantaranya: Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah Organisasi Exchange lokal yang digunakan, saat ini sudah menggunakan Microsoft Exchange Server 2010, atau sudah menggunakan Microsoft Exchange Server 2013.Selain itu Anda juga harus memastikan terlebih dahulu apakah Organisasi Exchange lokal yang digunakan memiliki kurang dari 2.000 kotak surat dan yang paling penting untuk Anda ingat adalah meskipun migrasi langsung mendukung proses pemindahan hingga 2.000 kotak surat, ada baiknya Anda memulai dengan migrasi sedikit demi sedikit misalkan 150 pengguna dikarekan apabila Anda memaksakan melakukan memindahkan 2.000 kotak surat atau 2.000 pengguna sekaligus proses ini tentu saja akan memakan waktu yang lama.

apple-1281744_1280.jpg


Selain itu, ada baiknya Anda juga harus mengikuti 7 langkah ini agar proses migrasi email yang Anda lakukan berjalan sukses atau berhasil atau dengan kata lain tidak ada data yang hilang selama proses migrasi berlangsung.

Review sistem email Anda saat ini. Mungkin Anda juga termasuk orang yang memiliki alasan utama melakukan proses migrasi ke Office 365 karena Anda ingin memindahkan semua data yang berada di email ke cloud computing (komputasi awan). Dengan demikian sangat penting bagi Anda untuk memulai dengan menyusun rincian secara teknis pada server email yang Anda gunakan saat ini dan jangan lupa untuk tetap menjalankan laporan audit yang dapat mengidentifikasi semua pengguna aktif dan kelompok serta ukuran kotak email mereka.

Tinjau status lisensi Microsoft yang Anda gunakan saat ini. Office 365 memiliki beberapa persyaratan teknis yang perlu diketahui sebelum Anda melakukan proses migrasi. Pastikanlah sistem operasi dan browser yang digunakan dapat bekerja dengan Office 365. Ini sangat penting dilakukan untuk mengambil stok versi dan lisensi perangkat lunak Microsoft Office yang telah Anda miliki.

Memilih lokasi penyimpanan data. Office 365 akan menawarkan dua lokasi utama untuk menyimpan semua data Anda seperti di Microsoft Onedrive dan Microsft SharePoint. Pilhan ini dimaksudkan agar Anda dapat membuat keputusan terbaik atau memilih yang mana yang akan Anda gunakan untuk menyimpan semua data Anda sebelum proses migrasi email ke Office 365 dilakukan.

Tentukanlah semua rencana terbaik pada Office 365. Saat ini Anda berada pada titik dimana Anda memliki informasi tentang sistem email Anda, Anda juga sudah mendapatkan semua laporan secara rinci tentang perizinan Microsoft yang digunakan saat ini dan pasti Anda juga telah mengetahui berapa banyak data yang akan Anda migrasikan ke Office 365. Jadi pada titik ini Anda harus merencanakan semua dan memutuskan mana yang terbaik untuk organisasi Anda.

Persiapan teknis untuk melakukan proses migrasi ke Office 365. Sekarang saatnya Anda menyusun semua rincian teknis yang akan mendukung proses migrasi berjalan dengan mulus. Bagian terpenting yang perlu dilakukan Anda harus memperbarui semua perangkat lunak komputer Anda dengan spesifikasi minimum.

Lakukan proses migrasi Office 365 sekarang juga. Sekarang saatnya Anda memulai proses migrasi semua data email Anda ke Office 365. Anda harus yakin bahwa proses akan berjalan lancar dan jangan lupa lakukanlah proses migrasi ini saat akhir pekan untuk meminimalkan dampak pada kinerja internet dan untuk mengurangi dampak pada operasi bisnis Anda.

Lakukan pembersihan pasca migrasi. Setelah proses migrasi semuanya selesai, masih ada lagi sejumlah tugas bersih-bersih yang harus Anda lakukan setelah proses migrasi selesai seperti, dekomisioning perangkat lunak Exchange yang ada dari server Anda. Hal ini akan mengambil kembali ruang disk yang akan meningkatkan kinerja server Anda.

Sumber
 
Back
Top