Pengertian Sosiologi

kultwi

New member
Pengertian Sosiologi Menurut Beberapa Ahli

Selanjutnya berikut ini adalah pengertian sosiologi menurut beberapa pakar sosiologi, yakni seperti berikut :

1. Selo Sumardjan serta Soelaeman Soemardi

Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi ; Sosiologi sebagai pengetahuan masyarakat mempelajari perihal susunan sosial yaitu keseluruhnya hubungan sosial pada unsur-unsur sosial yang pokok, seperti beberapa aturan sosial, ke-lompok-kelompok serta beberapa susunan sosial. Sosiologi juga pelajari sistem sosial yakni dampak timbal balik pada pel-bagai sisi kehidupan berbarengan. Contoh jalinan timbal balik pada kehidupan agama serta kehidupan politik, jalinan timbalbalik pada kehidupan agama serta sisi kehidupan ekonomi.



2. P. J. Bouman

Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi yaitu ilmu dan pengetahuan yang pelajari hubungan sosial antar sesama manusia (individu-individu), antar individu dengan grup, sifat serta beberapa perubahan, beberapa instansi dan bebrapa ide sosial.

3. Pitirim Sorokin

Sosiologi yaitu pengetahuan yang pelajari jalinan serta dampak timbal balik pada bermacam jenis tanda-tanda sosial (umpamanya tanda-tanda ekonomi, tanda-tanda keluarga, serta tanda-tanda moral), sosiologi yaitu pengetahuan yang pelajari jalinan serta dampak timbal balik pada tanda-tanda sosial dengan tanda-tanda non-sosial, serta yang paling akhir, sosiologi yaitu pengetahuan yang pelajari tanda-tanda umum semuanya type beberapa gejala sosial lain.

4. Roucek serta Warren

Sosiologi yaitu pengetahuan yang pelajari jalinan pada manusia dalam bebrapa grup.

5. William F. Ogburn serta Mayer F. Nimkopf

Sosiologi yaitu riset secara ilmiah pada hubungan sosial serta akhirnya, yakni organisasi sosial.

6. J. A. A Von Dorn serta C. J. Lammers

Sosiologi yaitu ilmu dan pengetahuan mengenai beberapa struktur serta beberapa sistem kemasyarakatan yang bersifat stabil.

7. Max Weber

Sosiologi yaitu pengetahuan yang berusaha mengerti bebrapa aksi sosial.

8. Paul B. Horton

Sosiologi yaitu pengetahuan yang memusatkan penelaahan pada kehidupan grup serta product kehidupan grup itu.

9. Soejono Soekanto

Sosiologi yaitu pengetahuan yang memusatkan perhatian pada beberapa sisi kemasyarakatan yang berbentuk umum serta berupaya untuk memperoleh pola-pola umum kehidupan orang-orang.

10. William Kornblum

Sosiologi yaitu satu usaha ilmiah untuk mempelajari orang-orang serta tingkah laku sosial anggotanya serta jadikan orang-orang yang berkaitan dalam beragam grup serta keadaan.

11. Allan Jhonson

Sosiologi yaitu pengetahuan yang pelajari kehidupan serta tingkah laku, terlebih dalam hubungannya dengan satu system sosial serta bagaimana system itu merubah orang serta bagaimana juga orang yang ikut serta didalamnya merubah system itu.
 
Back
Top