Proyek Air Minum Umbulan akhirnya dibangun kembali setelah mangkrak 43 tahun

fandora

New member
Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan mungkin merupakan proyek yang telah mangkrak paling lama. Proyek ini sudah ada sejak tahun 1973 yang mana berarti proyek ini telah mangkrak selama 43 tahun. Beberapa alasan yang dikemukakan oleh Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Jawa Timur, Lili Soleh Wartadipradja, mengapa proyek ini mangkrak adalah tidak terlalu dibutuhkan pada saat itu, banyaknya kepentingan yang tidak terakomodir jika proyek ini dijalankan, tingginya harga air yang dijual jika proyek ini dijalankan oleh swasta.

Pemerintah sekarang akhirnya membuat jalan keluar dengan kebijakan Viability Gap Funding (VGP) agar proyek menarik investor sekaligus menekan harga jual air. Proyek ini akan dijalankan oleh Medco Group dengan ditanggung APBN sebesar 49% dan Medco beserta konsorsium menanggung 51%. Diakui Darmin, Proyek ini merupakan proyek yang tersulit karena akan melibatkan banyak kabupaten/kota. Oleh karena itu, Sofjan Djalil berharap proyek ini bisa menjadi template untuk proyek-proyek yang akan datang nantinya.

Sumber : PT Sarana Multi Infrastruktur

PTSMI adalah Badan Usaha Milik Negara /BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur. Selain pembiyaan infrastruktur, PTSMI juga menyediakan jasa persiapan proyek dan konsultansi untuk perusahaan yang membutuhkan.
 
Back
Top