Segarnya Manfaat Air Perasan Tebu Untuk Kesehatan

rifaldiabdul

New member
Tebu merupakan tanaman yang paling banyak ditemui di Indonesia. Masyarakat Indonesia menemukan banyak cara kreatif dalam mengolah tebu sehingga dapat dijadikan sebagai olahan minuman yang menyegarkan, salah satunya adalah air tebu.

Ternyata di balik olahan air tebu yang menyegarkan tersimpan beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat air tebu.

Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air sari tebu mengandung sakaran yang merupakan senyawa anti diabetik. Sayangnya dalam pengolahan menjadi gula pasir, senyawa itu hilang saat proses pemanasan, dan yang bertahan justru sakarosa (senyawa pemicu diabetes).

Tebu juga mengandung senyawa octacosanol, sejenis alkohol rantai panjang yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Juga, Octacosanol dapat menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Menurut hasil riset National Center for Scientific Research Havana Cuba, octacosanol menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA--Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol. Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.

Baca Juga : [UR"]Manfaat Obat Herbal Diabetes Tebu[/URL]

Jadi manfaat tebu tak hanya sebatas untuk bahan baku gula pasir.
Manfaat lain yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sari tebu secara teratur:

1. Menjaga metabolisme tubuh dari kekurangan cairan, sehingga terhindar dari resiko stroke,
2. Membantu dalam pengobatan penyakit kuning karena memberikan kekuatan untuk hati yang menjadi lemah selama penyakit kuning,
3. Kaya kandungan karbohidrat yang dapat menambah kekuatan jantung, mata, ginjal dan otak,
4. Memperkuat perut dan liver,
5. Menurunkan kolesterol,
6. Baik untuk penderita anemia,
7. Mengandung Antioridante yang baik untuk kekebalan tubuh,
8.Dapat digunakan untuk mengobati kanker paru-paru, beberapa tumor, dan menyembuhkan luka
9. Dapat digunakan untuk pengobatan gonore dan gangguan vagina.

LIKE anda SHARE .

Semoga Bermanfaat :)
 
Last edited by a moderator:
Back
Top