Memilih Popok untuk Bayi: Clodi, Diaper, atau Popok Kain?

tukangkayu69

New member
Popok-untuk-Bayi-clodi-diaper-atau-popok-kain1.jpg

Halo Bunda, kali ini kami akan berbagi tips cara memilih popok untuk bayi. Perlu diketahui, ada beberapa jenis popok yang bisa digunakan bayi. Fungsinya sama, tetapi ada yang nyaman, praktis, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak tipsnya.

Apa saja pertimbangan yang dipikirkan Bunda ketika memilih popok untuk buah hatinya? Jika dulu orang tua selalu menggunakan popok kain tradisional (kain tipis yang diikatkan pada bayi) sekarang ada beragam pilihannya yaitu clodi (cloth diaper) atau diapers (popok sekali pakai). Orang tua modern sekarang lebih suka menggunakan diaper karena praktis dan tak perlu repot mencuci, menjemur, mengeringkan popok kain. Tapi ada juga yang suka menggunakan clodi karena dirasa lebih nyaman digunakan si kecil.

Popok-untuk-Bayi-clodi-diaper-atau-popok-kain3.jpg

Diaper (popok sekali pakai)

Ada banyak merek diaper yang tersedia di pasaran. Sekarang para ibu modern tak ragu mengambil kantongan diaper di swalayan untuk menghindari cucian popok yang menumpuk. Tak ada yang salah memang, semuanya tergantung dari pilihan masing-masing ibu. Kelebihan menggunakan diaper adalah kepraktisannya dan dijamin tidak bocor (asalkan tidak kepenuhan atau miring saat memakai). Tapi kekurangannya harganya yang relatif mahal dan ada masalah ruam kulit di pantat bayi jika tidak cocok dengan merek diaper tertentu.

Popok-untuk-Bayi-clodi-diaper-atau-popok-kain2.png

Clodi (cloth diaper)

Clodi adalah pengembangan dari popok kain tradisional yang dikemas dalam bentuk yang lebih menarik. Jika dulu popok dibuat dari kain tipis, sekarang ada clodi yang lebih tebal dan lebih menyerap. Kelebihannya tentu saja lebih hemat karena bisa dipakai berulang kali. Tersedia juga dalam beragam gambar dan warna lucu menggemaskan. Selain itu clodi juga ramah lingkungan karena bisa digunakan terus menerus. Kekurangannya Anda harus mau mencuci, menjemur, mengeringkan dan memiliki persediaan banyak ketika memasuki musim hujan (takut kehabisan karena tidak kering). Tak ada masalah ruam popok jika Anda menggunakan clodi dan sering menggantinya.

Popok-untuk-Bayi-clodi-diaper-atau-popok-kain4.jpg

Mau menggunakan diaper atau clodi itu semua tergantung dari keputusan Bunda sendiri sebagai orang tua. Yang paling penting si kecil merasa nyaman dan tak ada gangguan (ruam popok misalnya). Jika Bunda tak keberatan mencuci ya clodi bisa jadi pilihan yang hemat dan tepat. Tapi jika Bunda tak ada waktu karena sibuk bekerja lebih baik menggunakan diaper yang lebih praktis.

Baik beli diaper atau clodi, sekarang Bunda tak perlu repot berbelanja ke pusat perbelanjaan. Sudah ada situs belanja online yang menyediakan segala kebutuhan si kecil. Beragam motif dan warna clodi atau diaper paket dengan harga miring semuanya ada!

Demikian tips memilih popok yang tepat untuk bayi. Sudah tahu berbedaannya kan, sekarang Bunda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga tips nya bisa bermanfaat.
 
Last edited by a moderator:
banyak juga yang memilih popok sekali pakai utamanya dalam perjalanan misalnya ke mall atau ke tempat wisata. Bahannya dari kertas ramah lingkungan

foto%2Bbayi%2Blaki-laki%2Bpakai%2Bpopok.jpg
 
gausah pusing sih soal popok, udah ada yg namanya mamypokok, dari bentuknya pasti aman untuk semua bayi
 
Back
Top