Pertolongan Pertama Ketika Anak Anda Mengalami Gejala Alergi

sintar

New member
Alergi atau hipersensitivitas adalah salah satu kurang nya kekebalan tubuh yang di miliki setiap orang dan menjadi hipersensitif yang dapat bereaksi secara imunologi terhadap bahan bahan yang umumnya imunogenik (antigen). Termasuk Anak anak di bawah umur sering terjadi kala dia makan sesuatu yang dapat menyebabkan dirinya merasa tidak nyaman. Untuk itu cara mengobati alergi pada anak harus cepat di lakukan. Untuk pertolongan pertama saat anak anda mengalami gejala alergi pada bayi. Pada umumnya Anda akan merasa panik ketika anak anda mengalami gejala alergi. Padahal untuk hal tersebut adalah dengan penanganan awal yang cepat yang dapat meringankan gejala tersebut dengan sesegara mungkin.

Ketika anak anda tiba-tiba mengalami gejala alergi yang perlu anda tangani segera dari alergi tersebut adalah dengan reaksi anafilaksis. Reakasi anafilaksis ini adalah alergi berat yang terjadi setelah terjadi pajanan (kontak) dengan zat atau penyebab alergi melalui mekanisme hipersensitivitas tipe 1 yakni produksi IgE dan histamin. Dan berikut ini tanda alergi berat (anafilaksis) pada si kecil yang harus anda ketahui dan kenali tetap waspada :
- Muncul gatal-gatal atau kemerahan di seluruh tubuh anak anda
- Muncul sesak dengan di sertai napas berbunyi
- Bibir serta wajah membengkak
- Bibir kebiruan dengan napas memburu
- Suara yang serak atau hilang terjadi secara mendadak
- Sulitnya menelan akibat pembengkakan saluran tenggorokan
- Sakit perut, mual, hingga muntah
- Dengan di lanjutkan kaki dan tangan anak anda yang dingin hingga penurunan kesadaran. Hal ini dapat terjadi baik pada anak anda yang memiliki riwayat alergi sebelum maupun tidak.
Untuk mencegah hal tersebut ada baiknya anda segera lakukan dengan :
1. Awasi napas anak anda, hindari dari kemungkinan tersedak. Lalu hindari dari benda benda yang mungkin membuat terdesak, kemudian miringkan posisi anak anda.
2. Perhatikan lah dari pola pernafasan anak anda. Apakah terdengar sesak? kalo iya, maka baringkan pada poisis yang nyaman bagi anak anda
3. Rabalah nadi atau ujung dari jari kaki dan tangan anak anda apakah terasa dingin? Apabila iya, maka segera hangatkan dengan menggunakan selimut untuk menutupi nya atau bisa dengan kantung air hangat.

Apabalia anda merasa cuirga adanya reaksi anafilaksis maka dapat segera memberikan adrenalin auto inject yang di pakai untuk sekali pakai disuntikan ke otot yang tersedia di apotik. Itulah cara mengoabati alergi pada anak, supaya anda lebih wasapada ketika anak anda terserang gejala alergi.
 
Back
Top