Cara Mudah Turunkan Kadar Trigliserida Darah

rifaldiabdul

New member
Kadar trigliserida tinggi dalam darah selalu membuat khawatir. Tubuh memang butuh trigliserida. Namun, bila jumlahnya terlalu banyak, justru bisa menghambat aliran darah ke jantung dan otak sehingga bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Ingin menurunkan kadar trigliserida dengan cara alami tanpa obat-obatan? Cobalah lima cara berikut ini.

1. Minum teh hitam
Meminum teh hitam sudah terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida. Teh hitam mengandung flavonoid, antioksidan yang mampu mencegah oksidasi low-density lipoprotein (LDL/trigliserida jahat) yang bisa menimbulkan kerak pada pembuluh dan menghambat aliran darah.

2. Konsumsi lemak baik
Kurangi konsumsi lemak jahat dan perbanyak lemak baik. Lemak baik itu bisa diperoleh dari zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak yang terbuat dari zaitun atau biji bunga matahari, ikan, dan telur.


3. Jaga pola makan sehat
Zaman semakin modern dan makanan semakin beragam. Namun jangan lupakan buah dan sayuran dalam menu sehari-hari. Daging tidak dilarang, tapi porsi terbesar harus diberikan pada sayuran dan buah-buahan.

4. Olahraga[/URL]
Tak perlu berlari maraton sampai 42 kilometer, cukup berjalan atau berlari-lari kecil mengitari kompleks atau taman. Selan bisa menurunkan trigliserida, berolahraga secara teratur juga dapat menjaga berat badan. Pasalnya, kelebihan berat badan itulah yang kerap memicu kenaikan LDL dalam darah. Semua olahraga baik untuk menurunkan trigliserida, tapi berlatih kardio selama 30 menit sehari sudah cukup untuk menaikkan trigliserida baik (HDL).

5. Perbanyak makan biji-bijian
Gandum sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung serat tinggi dan tak akan membuat lapar serta bisa mencegah terjadinya penghambatan aliran darah.
 
Last edited by a moderator:
satu opsi yang penting dalam menjaga kesehatan adalah atur pola makan yang baik dan gaya hidup juga
 
Back
Top