Analisa Fundamental - FIBO Group

Donald Trump vs dolar AS

Analisa FIBO Group

Setiap usaha untuk meruntuhkan mata uang AS selalu gagal. Jadi, selama tiga hari perdagangan terakhir melemahnya aktif USD diselesaikan dengan pembeliannya yang juga aktif. Statistik yang datang dari daerah terus mendukung mata uang AS walaupun presiden yang baru terpilih terus kehilangan popularitas dengan memicu konflik dengan jajaran negara yang terbesar di dunia.

Penting dicatat bahwa pada 28 Pebruari AS melaporkan tentang perubahan pertumbuhan PDB selama triwulan IV. Menurut perkiraan awal pertumbuhan PDB sangat menurun dibandingkan dengan triwulan ketiga. Tapi ahli ekonomi tidak mengecualikan bahwa perkiraan awal akan dipertimbangkan kembali ke arah peningkatan yang, pada gilirannya, adalah pendorong yang cukup kuat untuk penguatan mata uang AS. Di samping itu peristiwa yang tidak layak penting (mungkin bahkan lebih penting) untuk pasar-pasar adalah padato Donald Trump.

Seperti dalaporkan presiden AS akan berpidato sebelum pembukaan bank AS, pukul 14.00 waktu Moskow. Demikian, hal ini mengubah situasi umum secara signifikan. Pasar-pasar di AS dapat dibuka dengan gerakan USD yang kuat dan ada kemungkinan besar bahwa arah gerakan harga ini akan «bearish». Mari saya ingatkan Anda bahwa pemerintah baru Gedung Putih mematuhi kebijakan melemahnya dolar AS. Dengan demikian, pernyataan tentang dolar yang masih mahal dan kebutuhan melemahnya lebih lanjut dapat memicu gelombang lain penjualan USD.

Namun, analisis teknis masih memberikan sinyal trading yang berlawanan - dengan menggambar bayangan bawah yang panjang. Akibatnya, kita memantau komentar J. Trump.
 
USDX - prospek jangka pendek

Analisa FIBO Group

index-d1-fibo-group-ltd-2.png


Pada hari perdagangan terakhir pekan lalu indeks dolar AS (USDX) kembali ke bawah area dukungan yang penting 101.40/50. Melemahnya impulsif USD, yang menyebabkan kembalinya ke area tersebut, adalah sinyal negatif untuk mata uang AS.

Dari sudut pandang analisis teknis klasik USD dapat terus menurun. Dengan menganalisa dinamika umum gerakan indeks USDX kita membuat asumsi bahwa USD bisa terus menurun ke level dukungan berikutnya - 100.55. Demikian, mata uang AS dapat menurun sebesar 0,8–1,0% berpasangan dengan mata uang pokok.

Namun sekarang aktivitas para penjual USD jauh lebih rendah yang menunjukkan untuk pengembangan gelombang pertumbuhan berikutnya. Kembalinya indeks ke atas 101.50 akan membatalkan skenario «bearish».

EUR/USD

Sebagai hasil dari penguatan quotes pasangan impulsif para pembeli menguji lagi perlawanan sekitar tanda 1.0610/20. Area resistance ini sudah 3 kali menahan pembeli ketika mencoba untuk melanjutkan pertumbuhan. Demikian, kita tidak mengecualikan pengembangan gelombang penjualan berikutnya.

GBP/USD

Para pembeli masih belum berhasil kembali ke atas 1.2300 yang menegaskan lagi kekuatan para penjual. Namun kita harus memperhitungkan bahwa ketidakadaan newsflow dari zona euro dan Inggris, yang secara signifikan dapat mengurangi aktivitas perdagangan pasangan mata uang pokok. Sebelum kembalinya quotes ke atas 1.2300 skenario «bearish» tetap aktual.
 
AUD/USD tetap di bawah 0.7604

Analisa FIBO Group

AUDUSDH4.png


AUD berpasangan dengan USD berusaha untuk bertahan di atas level resistance di area $ 0,7604. Namun perjualan pada awal sesi perdagangan menahan pasangan mata uang ini dalam kisaran saat ini $0.7604–0.7549.

Penting dicatat bahwa pada tanggal 7 Maret di sesi Asia Reserve Bank of Australia menjadwalkan pengumuman suku bunga dasar. Peristiwa ini dapat secara signifikan mempengaruhi jalannya AUD perdagangan. Mari kami ingatkan bahwa suku bunga bertahap di tingkat 1,5% dan adalah terrendah selama ini. Mungkin suku bunga ini akan bertahan di tingkat sama.

Tidak dikecualikan bahwa USD dapat menguat terhadap mata uang Australia karena peserta pasar dapat menunggu publikasi data pasar ketenagakerjaan dari ADP untuk bulan Pebruari.
 
Statistika dari AS (Non-Farm)

Analisa FIBO Group

index-d1-fibo-group-ltd-3.png


Indeks dolar AS (USDX) masih bertahan di atas garis uptrend yang berwarna biru. Sebagai konsekuensinya, sebelum kembalinya indeks quotes dolar AS ke bawah tingkat dukungan 101.40 yaitu garis trend, suasananya masih «bullish». Di samping itu, sebelum mengatasi level resistance sekitar tanda 102.00, yang sudah dua kali menahan para pembeli, risiko kembalinya gerakan ke bawah tetap tinggi.

Mengingat hal tersebut, laporan tanggal 10 Maret mengenai pasar tenaga kerja AS mampu memberi keterangan pada prospek jangka pendek dolar AS. Mari saya ingatkan bahwa pada pukul 16:30 waktu Moskow laporan pengangguran AS akan dirilis. Pakar ekonomi menunggu penurunan tingkat pengangguran sampai 4,7% tapi kita masih tidak mengecualikan pengurangan jumlah tempat kerja yang diciptakan di sektor non-pertanian hingga 200 ribu. Penegasan nilai-nilai diprediksi susah disebut cukup positif untuk dolar AS. Sedangkan bahkan peningkatan tidak signifikan nilai prediksi pada jumlah Non-farm, dengan pengurangan tingkat pengangguran, mampu memberikan dukungan yang diperlukan untuk dolar AS.

Pada saat rilis kita berharap peningkatan signifikan aktivitas perdagangan USD. Khususnya, kalau data statistik akan lebih buruk daripada nilai-nilai yang diharapkan karena kemerosotan di pasar tenaga kerja di AS secara dramatis mengurangi kemungkinan untuk peningkatan suku bunga Fed AS yang sebetulnya sudah rendah.
 
USD dijual secara jangka panjang
Sebagaimana telah dicatat sebelumnya, breakdown dukungan 101.40 (indeks dolar AS USDX) akan menunjuk ke penurunan aktivitas pembelian, dan akibatnya - pelemahan dolar AS. Alhasil pada hari perdagangan terakhir minggu lalu quotes indeks dolar AS berhasil untuk mengatasi dukungan sekitar tanda 101.40, sehingga menembus garis uptrend selama timeframe harian. Semua hal tersebut menunjuk bahwa USD, di seluruh spektrum pasar, akan menurun.

Analisa FIBO Group

index-d1-fibo-group-ltd.png

Sasaran terdekat bagi para penjual adalah tanda 100.50/55. Mengingat melemahnya USD yang aktif, tetap tidak begitu banyak untuk sasaran terdekat tercapai, hanya 0.25-0.3%.

Dengan demikian, pelemahan dolar AS mungkin menurun, khususnya mengingat latar belakang berita yang kurang jenuh. Di samping itu, munculnya informasi apapun bahwa Federal Reserve AS tidak akan menaikkan suku bunga, di sidang saat FOMC, dapat memicu gelombang cukup kuat penjualan dolar AS di seluruh spektrum pasar. Sedangkan pernyataan anggota komite FOMC tentang persiapan untuk beri suara untuk tahap berikutnya kenaikan suku bunga, masih dapat memberi dukungan pada USD.
 
Dolar USD perlu bantuan

Untuk penguatan lebih lanjut USD perlu pendorong pertumbuhan yang cukup kuat. Di samping itu permintaan untuk mata uang AS dapat disebabkan melemahnya tajam EUR.

Analisis teknis

Analisa FIBO Group


index-d1-fibo-group-ltd.png

Indeks dolar AS (USDX) sekali lagi mendekati tingkat resistance yang penting 102.00. Semakin menguat mata uang AS, semakin mengingkat aktivitas para pedagang dengan menunjukkan kekuatan level resistance tersebut. Di samping itu, penting dicatat bahwa pasangan mata uang yang pokok juga menguji tingkat dukungan dan resistance yang kunci.

EUR/USD. Tingkat dukungan 1.530 adalah tingat kuat yang sudah ditemuinya sebelumnya dalam sejarah.

AUD/USD. 0.7500 - tingkat cermin pada jangka waktu harian.

USD/JPY. 114.70/80 - daerah resistance yang sudah 3 kali menahankan para pedagang.

Semua ini menunjukkan bahwa untuk penguatan USD lebih lanjut pendorong pertumbuhan sinyal «bullish» yang kuat dibutuhkan.

Analisis fundamental
Keputusan Bank sentral tunggal mengenai suku bunga adalah faktor fundamental yang cukup penting untuk EUR. Namun mengingat bahwa ada kemungkinan kecil suku bunga akan mengubah, semua perhatian akan difokuskan pada komentar pada keputusan. Komentar yang tak terduga tentang kesiapan kenaikan suku bunga dalam masa dekat dapat memberi dukungan signifikan untuk EUR.

Di samping itu publikas laporan tentang perubahan jumlah aplikasi awal untuk tunjangan pengangguran di AS dapat mempengaruhi dinamika USD. Namun hanya penurunan lebih lanjut, meskipun pertumbuhan diprediksi, dapat memberi dukungan untuk mata uang AS.
 
Paradoks di pasar minyak

Analisa FIBO Group


Sudah pada tahun 2015, ketika kutipan minyak mencapai rekor terendah, Arab Saudi dan anggota OPEC yang lain menegaskan bahwa minyak berharga lebih dari $25–35 per barel memuaskan bagi mereka, karena yang lebih penting itu menguasai pasar dengan menggantikan serpih minyak yang diproduksi di Amerika Serikat.

Jadi, tahap kedua: perjanjian OPEK tentang pengurangan volume produksi minyak ditandatangani, yang menurut mereka harus mengembalikan harga ke atas tanda $60 per barel. Itulah inkonsistensi pertama. Yang kedua - perusahaan minyak AS tidak menandatangani perjanjian tentang pengurangan volume produksi minyak. Demikian, pada saat itu, ketika negara penghasil minyak terbesar di dunia mengurangi volume produksi minyak, AS meningkatkan produksi «emas hitam». Penting dicatat bahwa investasi modal pada perminyakan AS dapat meningkat lebih dari 50% pada tahun 2017 dengan tingkat pertumbuhan abnormal volume minyak.

Demikian, situasi jadi seperti itu: pada saat penurunan kuat harga minyak, OPEC siap untuk memproduksi dan menjual minyak bahkan dengan harga pasar lebih rendah dari $30/35 per barel. Di samping itu, sejajar perusahaan penghasil minyal AS bangkrut, sementara yang lain secara tajam mengurangi volume produksi. Jadi, situasi seperti ini: kenaikan harga minyak yang didampingi dengan pengaturan volume produksi oleh negara-negara OPEC dan sejajar negara-negara penghasil minyal terbesar yang lain, sedangkan di AS bisnis penghasil minyak mulai mengembang dan secara signifikan memperluaskan kegiatannya.

Di samping itu, penting dicatat bahwa aktivitas perusahaan penghasil minyak di AS sudah mempengaruhi secara signifikan harga «emas hitam». Akibatnya, tanpa regulasi produksi minyak AS, kenaikan harga minyak bisa sangat lemah. Saya masih tidak mengecualikan pun penurunan jangka pendek kutipan minyak WTI sampai $43.5–44.0.
 
Dolar AS: «Menuju ke selatan»

Seperti dicatat sebelumnya, mata uang AS lebih baik dijual dalam jangka pendek dan menengah. Alasan utama untuk taktik ini adalah kebijakan pemerintah AS pimpinan presiden AS Donald Trump. Beliau terus memberi tekanan pada dolar AS dengan menggunakan investasi verbal. Jadi, meskipun beliau tidak berhasil membatalkan sistem asuransi kesehatan Obamacare, sudah muncul sinyal «bearish» lain untuk USD: Donald Trump sedang mempersiapkan untuk mereformasi sistem pajak AS.

Pada saat penulisan tinjauan, US Dollar Index (USDX) diperdagangkan di bawah harga penutupan minggu lalu sebesar 0.6%.

Analisa FIBO Group

eurusd-d1-fibo-group-ltd-2.png


Kutipan pasangan EUR/USD berhasil mengatasi perlawanan dekat tanda 1.0830. Dalam hal ini, sasaran terdekat untuk para pembeli pada jangka menengah adalah tanda 1.0960, tapi supaya hal ini akan dicapai, para pembeli harus mengatasi tanda perlawanan lain - 1.0870, dimana pasangan dikonsolidasikan pada saat penulisan tinjauan.

Ada kemungkinan bahwa koreksi ke area dukungan 1.0820/30 akan diikuti oleh gelombang penguatan kutipan pasangan. Oleh karena itu pembelian aktif pasar tidak layak, sedangkan melemahnya apapun kutipan pasangan dengan konsolidasi berikutnya akan diperhatikan sebagai harga yang lebih menguntungkan untuk pembelian selanjutnya pasangan mata uang. Kita memperhatikan situasi mirip dengan pasangan mata uang GBP/USD. Sedangkan kutipan USD/JPY terus menurun berdasarkan skenario tersebut.

Demikian, sebelum saat kutipan indeks USDX kembali ke atas 99.75 - penjualan USD tetap aktual.
 
Pasar-pasar sedang dikoreksi

Analisa FIBO Group

Mari saya ingatkan bahwa pada tanggal 27 Maret USD mulai perdagangan dengan gap «bearish», hari perdagangan pertama minggu ini menunjukkan bahwa kerugian total mata uang AS (indeks dolar AS) berjumlah 0,9%, mengingat selisih antara harga penutupan perdagangan pada Hari Jumat dan nilai indeks minimum pada Hari Senin. Namun pada saat penutupan perdagangan pada hari Senin, para pedagang gagal mengembalikan bagian posisi yang hilang. Di samping itu pada saat pembukaan sesi perdagangan Eropa permintaan untuk USD tetap moderat.

Perlu dicatat bahwa selama sesi Eropa latar belakang berita akan lemah artinya aktivitas perdagangan dapat menjadi tetap di bawah rata-rata. Tapi dengan pembukaan bank-bank AS, aktivitas perdagangan dapat melanjutkan. Penting diperhatikan publikasi laporan perubahan tingkat kepercayaan konsumen di AS. Mari saya ingatkan bahwa ahli ekonomi memperkirakan penurunan indikator ini sampai 113,9 poin - ini penurunan yang sangat lemah yang berarti indikator ini dapat dianggap sebagai faktor positif untuk USD. Di samping itu nilai yang tak terduga tinggi dalam laporan tersebut dapat memberi dukungan signifikan untuk USD tapi hanya dalam jangka pendek.

Tambahan lagi, hari ini Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve Janet Yellen akan berpidato di konferensi tahuan «Pengatasan masalah pengembangan tenaga kerja di masyarakat berpenghasilan rendah». Komentarnya bisa disertai dengan pertumbuhan aktivitas perdagangan USD.

Namun yang lebih penting untuk pasar-pasar adalah masih aspek politik. Tekanan pada USD dari segi Gedung Putih khususnya dari Donald Trump yang masih radikal mengenai soal perubahan sejajar program pemerintah. Mengingat hal-hal tersebut, ketertarikan terhadap aset berisiko, yang juga merupakan USD, terus menurun.
 
Ada harapan untuk kenaikan lebih lanjut harga minyak

Analisa FIBO Group


Pada Hari Rabu (29/03/17) laporan perubahan cadangan minyak di AS diterbitkan. Mari saya ingatkan bahwa, menurut data resmi Departemen Energi AS, cadangan minyak mentah naik kurang dari 0,9 juta barel. Di samping itu, ahli ekonomi memperkirakan kenaikan sebesar 1,2 juta barel, sedangkan Institut minyak AS (American Petroleum Institute) mengharapkan perubahan dalam kisaran 1.9 juta barel. Demikian, kenaikan cadangan minyak mentah di AS yang tiba-tiba rendah memberikan dukungan kutipan minyak.

Namun, mengingat fakta bahwa cadangan minyak di AS tetap di rekor tertinggi, laporan tersebut susah dianggap sebagai sinyal baik untuk para pembeli. Tapi masih ada harapan positif bagi «bulls», yaitu peningkatan tajam beban kilang minyak di AS. Beban kilang minyak sudah mencapai tingkat tertinggi dalam 3 tahun, dengan melebihi nilai minggu sebelumnya sebesar 425 ribu barel atau sebesar 2.6%. Kenaikan aktivitas kilang minyak menunjukkan prospek penurunan cadangan minyak mentah di AS dan, sebagai akibatnya, hal ini dapat menyebabkan kenaikan lebih kuat harga minyak dalam jangka menengah.

Penting dicatat bahwa kita harus memperhitungkan musim liburan yang mendatang di AS karena selama musim tersebut permintaan untuk minyak bensin dan solar meningkat. Semua faktor ini dapat menyebabkan penurunan cadangan minyak dan, sebagai akibatnya, berkontribusi untuk kenaikan lebih lanjut harga «minyak emas».

Kenaikan lebih lanjut harga dapat terbatas oleh tingkat perlawanan 50.0 (ekstrem terdekat), 50.75/80 - tingkat cerminan yang ditemui sebelumnya dalam sejarah tapi tingkat perlawanan yang paling signifikan terletak dekat tanda 52.00.
 
GBP dapat mulai kembali kenaikan ke 1.3450

Analisa FIBO Group

gbpusd-d1-fibo-group-ltd.png


Kutipan pasangan mata uang GBP/USD meneruskan gerakan di flat 1.2080–1.2780, di samping itu, bisa dicatat proses penyempitan kisaran harga ini, yang meningkatkan kemungkinan terobosan dalam salah satu arah.

Penting mengingat fakta bahwa tren lokal tetap «bearish», sehingga logis berasumsi bahwa terobosan seharusnya terjadi ke bawah. Namun, sebelum kembalinya kutipan pasangan ke bawah daerah dukungan 1.2330/70, risiko kembalinya gerakan ke atas akan meningkat dan akan diikuti dengan terobosan garis tren. Grafik harga pasangan mata uang, yang disajikan di atas, menunjukkan bahwa kutipan mendekati lagi garis tren yang ditarik melalui dua puncak sebelumnya. Kalau tingkat resistensi tersebut akan diterobos, tujuan bekikutnya 1.2780/90 akan tersedia. Di samping itu, pengatasan tingkat resistensi ini akan membiarkan para pedagang berharap untuk pengembangan gerakan ke atas lebih kuat dalam jangka menengah.

Skenario ini melibatkan penguatan kutipan pasangan ini ke 1.3450 dengan tujuan menengah dekat tingkat resistensi berikutnya: 1.2780/90, 1.2860, 1.2930 и 1.3050.

Pembatalan skenario ini dapat disebabkan oleh kembalinya kutipan ke bawah tingkat dukungan 1.2375. Namun, untuk penjualan berikutnya dalam jangka menengah kita perlu menunggu untuk terobosan garis tren yang ditarik melalui dua posisi terendah yang sebelumnya.
 
Аnalis 2017/04/10

Analisa FIBO Group

index-d1-fibo-group-ltd.png


Pada minggu lalu kita menyaksikan penguatan dolar AS, bahkan meskipun statistik perubahan situasi di pasar tenaga kerja yang jadi mengecewakan. Khususnya, mari saya ingatkan bahwa data Non-Farm ternyata lebih rendah daripada data sebelumnya dan bahkan lebih rendah daripada nilai prediksi 98 ribu, sedangkan tingkat umum pengangguran tiba-tiba menurun sebesar 0.2% sampai 4.5% - nilai terendah sejak April 2007.

Mengingat penurunan tingkat pengangguran yang begitu kuat, permintaan untuk USD tetap mantap, karena penurunan tingkat pengangguran meningkatkan kemungkinan pengetatan lebih lanjut syarat-syarat kebijakan moneter (peningkatan suku bunga). Faktor positif untuk USD menjadi fakta bahwa AS menunjukkan agresi dengan menyerang pada Suriah. Seperti diketahui, munculnya sengketa militer, terutama dengan partisipasi langsung AS, merupakan pertanda baik untuk mata uang AS.

Tapi mengingat situasi teknis umum indeks USD, kita dapat mengasumsikan bahwa ativitas para pembeli mata uang AS, pada jangka pendek, akan mengurang. Kutipan indeks mencapai garis tren yang ditarik melalui dua maksimum sebelumnya. Hal ini meningkatkan risiko penurunan korektif akan berkembang. Situasi serupa terjadi dengan pasangan mata uang EUR/USD, kutipannya menguji garis uptrend yang ditarik di dekat daerah 1.0570/80.

Risiko melemahnya USD dan, sebagai akibatnya, penguatan kutipan EUR/USD terus meningkat. Dengan demikian, sebelum pembaruan posisi terendah, pembelian dapat jadi relevan jika kalau kutipan kembali ke atas 1.0600. Tingkat target untuk para pembeli akan menjadi nilai harga berikut: 1.0665, 1.0700 dan peningkatan ke tingkat lokal 1.1100.
 
Back
Top