Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Sebaiknya Anda Ketahui
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Umum] Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Sebaiknya Anda Ketahui

CekSehat.com - Ibu rumah tangga tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang kerap menjadi bumbu masak ini. Kunyit memang merupakan bumbu masak yang dapat menambah cita rasa lezat serta warna kuning khas pada masakan yang dibuat.
Tanaman ini sangat banyak dan mudah sekali tumbuh di Indonesia. Tanaman yang mirip sekali dengan jahe namun berbeda warna ini sangat murah berkembang biak. Ada banyak sekali manfaat kunyit, kunyit yang dikenal dengan naman Latin Curcuma Domestica Val ini juga dimanfaatkan untuk aneka keperluan seperti jamu dan berbagai perawatan kecantikan.


Beerikut ini ada banyak sekali manfaat kunyit, silahkan cek:
1. Sebagai Anti Inflamasi (peradangan)

Manfaat kunyit yang pertama adalah sebagai zat anti peradangan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak volatile yang terdapat di dalam tanaman herbal yang satu ini. Sifat kunyit sebagai zat anti radang bahkan lebih kuat dari minyak atsiri, hal ini dikarenakan pigmen kuning atau oranye dari kunyit yang disebut curcumin.

Curcumin dianggap agen farmakologis utama dalam kunyit. Dalam banyak penelitian, efek anti-inflamasi curcumin ini telah terbukti sebanding obat hydrocortisone dan fenilbutazon sebagai zat anti-inflamasi seperti Motrin. Berbeda dengan obat-obatan, yang berhubungan dengan efek toksik yang signifikan (pembentukan ulkus, penurunan jumlah sel darah putih, pendarahan usus), curcumin tidak menghasilkan toksisitas.
2. Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi kronis)

Manfaat kunyit yang kedua yaitu memberikan efek antioksidan yang sangat kuat. Sebagai antioksidan, kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, bahan kimia yang dapat dalam tubuh dan menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel sehat dan membran sel. Hal ini penting dalam banyak penyakit, salah satunya adalah radang sendi, di mana radikal bebas merupakan penyebab peradangan sendi yang menyakitkan dan kerusakan pada sendi.
Kandungan kunyit yang dapat memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi menjelaskan mengapa banyak orang dengan penyakit sendi terasa sangat lega ketika mengkonsumsi herbal ini. Dalam sebuah penelitian terbaru tentang pasien dengan rheumatoid arthritis (peradangan sendi kronis), kurkumin dibandingkan dengan fenilbutazon akan menghasilkan perbaikan yang sebanding dalam durasi singkat seperti kaku pada pagi hari dan mengurangi pembengkakan sendi.
3. Dapat Mencegah Kanker

Manfaat kunyit yang sangat luar biasa lainnya adalah dapat mencegah penyakit kanker bagi siapa saja yang mengkonsumsi jamu herbal kunyit secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kurkumin ini memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA.
Proses ini sangat bermanfaat khususnya bagi usus besar yang mana pergantian sel cukup pesat, yang terjadi kira-kira setiap tiga hari. Karena replikasi sel ini sering terjadi, mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin juga membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, sehingga mereka tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang dapat membuat kerusakan yang lebih parah. Cara utama kurkumin melakukannya adalah dengan meningkatkan fungsi hati.
Mekanisme lain yang dilakukan oleh curcumin (zat pembentuk kuning/orange pada kunyit) yang dapat melindungi dari perkembangan kanker adalah dengan menghambat sintesis protein dianggap berperan dalam pembentukan tumor dan mencegah perkembangan suplai darah tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker. Kunyit lebih ampuh dari pada manfaat daun serai dan mungkin sama baiknya dengan manfaat daun sirsak dalam membasmi kanker.
4. Meningkatkan Antioksidan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa kunyit memiliki manfaat sebagai antioksidan yang kuat. Hal ini dapat berguna untuk menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya yagn dimilikinya. Selain itu kurkumin juga meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh sendiri. Dengan cara ini, curcumin memberikan perlawanan / membunuh radikal bebas.
5. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh kita. Hati berfungsi sebagai benteng pertama untuk menghalau dan menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh kita baik itu melalui makanan atau minuman yang kita konsumsi. Kunyit dapat meningkatnkan fungsi hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia, kadar dua enzim detoksifikasi hati sangat penting (UDP glucuronyl transferase dan glutathione-S-transferase).

Sumur di Manfaat kunyit
Nandadc Nandadc is offline
Home Level

Post: 7
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Yang Perlu Kamu Ketahui noquba Kesehatan 13
4 Manfaat Rahasia Dari Kol Untuk Kesehatan Anda rifaldiabdul Kesehatan 3
Manfaat Kunyit bagi kesehatan tubuh kita ani124 Kesehatan 1
Manfaat Kunyit Untuk Nyeri Otot askom Kesehatan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.