Lupakan Snapchat, Aplikasi Bigo Live Ini Sangat Diminati Remaja Asia Tenggara

zoltan01

New member
(Jakarta) – Apakah Anda tahu aplikasi yang kini sedang banyak diminati di Singapore App Store? Ayo tebak. WhatsApp? Uber? Facebook Messenger? Atau mungkin Pokemon Go?. Menurut SimilarWeb, sampai dengan beberapa hari yang lalu, sebelum monster-monster Pokemon menjadi populer, urutan pertama di tempati oleh Bigo Live – sebuah aplikasi sosial media video streaming yang dibuat oleh tim di Singapura.

2raW0bB.jpg


Bigo Live Broadcasting diluncurkan pada bulan Maret 2016 dan tersedia di iOS dan Android. Tampilan pertamanya tidak jauh berbeda dengan beberapa aplikasi live streaming seperti Periscope dan Meerkat.
Interface Periscope dan Bigo memiliki beberapa kesamaan seperti:

5yo73KN.jpg

Interface pengguna Periscope (Kiri) dan Bigo (kanan) hampir sama

Namun sepertinya, Bigo lebih banyak di minati oleh kebanyakan remaja di Asia Tenggara.

Para pengguna yang beragam mulai kalangan remaja berumur sekitar 20 tahunan dan melakukan broadcast video yang kebanyakan adalah kegiatan sehari-hari mereka, hanya dengan sebuah kamera yang mengarah kepada penggunanya. Percakapan terjalan antara pengguna dan para broadcaster

Keinginan untuk secara spontan berbagi rincian tentang kehidupan penggunanya yang membuat kalangan milenial ini menggunakan aplikasi ini – dan secara terus menerus para pengguna lainnya juga memiliki minat yang sama untuk menyaksikan hal tersebut karena tertarik dengan sisi kehidupan yang ditampilkan atau pesan-pesan yang bermanfaat – sepertinya hal inilah yang membuat Bigo menarik untuk digunakan.

Berbagai konten mulai dari sekedar berbagi perjalanan keseharian pengguna hingga informasi bermanfaat dari broadcaster dengan pengalaman tertentu yang membuat Bigo menarik, kadangkala terdapat juga video cerita keseharian dengan tampilan-tampilan broadcasternya yang cenderung sexy.

Kedua versi aplikasi ini secara konsisten berada pada peringkat 20 aplikasi teratas yang ada di Singapura, Indonesia, Vietnam, Thailand, kamboja dan Laos – sedikit peringkat dibawah adalah Malaysia, tetapi tetap mearih peringkat 50 teratas di SimilarWeb.

Bigo adalah tim yang berbasis di Singapura, yang menggambarkan dirinya sebagai “Perusahaan internet yang tumbuh dengan cepat” bekerja pada produk “broadcast video dan layanan VoIP terkait di seluruh dunia”. Mereka mengklaim memiliki lebih dari 40 paten dalam teknologi video VoIP. Selain aplikasi live streaming, juga menawarkan produk telekomunikasi yang memungkinkan panggilan internasional secara gratis dan pesan melalui internet.

Bagaimana Menggunakan Bigo?
Aplikasi Bigo mengandalkan pada elemen seperti permainan, yaitu semakin penggunanya berpartisipasi (follow pengguna lain, melakukan broadcast, dll), maka akan mendapatkan lebih banyak poin pengalaman. Penggunanya dapat naik level dan hal ini membuatnya terbantu untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

Menurut aplikasi tersebut, “cara terbaik untuk mendapatkan (poin pengalaman) adalah dengan memberikan lebih banyak hadiah”. Bagian ini mulai membuatnya menjadi agak sedikit rumit.

B2QfSdl.jpg

Beberapa bentuk hadiah yang tersedia

Terdapat mata uang internal yang diwakili oleh “berlian”, dimana pengguna dapat membeli secara langsung melalui transaksi mikro. Harganya dapat bervariasi tergantung dari metode pembayaran yang dipilih: di Negara Singapura menggunakan Google Wallet, penggunanya dapat mulai membeli dengan S$1 (US$0.75) untuk mendapatkan 42 berlian. Penggunanya juga dapat membeli menggunakan Visa atau MasterCard sekitar US$89, untuk membeli sebanyak 5.454 berlian. Aplikasi ini juga mendukung MOL, penyedia mata uang gaming online Malaysia.

Para penggunanya dapat memberikan “hadiah” virtual kepada streamer (penyiar), mulai dari cincin hingga tiara bahkan sampai mobil sport mewah – semua produk ini dapat dibeli dengan menggunakan berlian. Sebagai contoh, setangkai bunga berharga 1 berlian, sebuah cincin senilai dengan 10 berlian. Sebuah mobil super car mewah menghabiskan sekitar 3000 berlian dan banyak produk lebih mahal lainnya tersedia.

Berikut penjelasan selanjutnya: Produk pemberian di artikan sebagai “beans” yang dapat disimpan oleh para streamer. Semakin popular streamer maka semakin banyak beans yang mereka koleksi. Para streamer dapat menukarkan beans tersebut dengan uang tunai. Harga beans yang saat ini ada di aplikasi adalah 210 beans untuk ditukarkan dengan uang tunai US$1.
Untuk dapat menukarkan dengan uang tunai, para pengumpul beans ini harus memiliki minimal 6.700 beans di akun nya. Yaitu sekitar US$32. seorang streamer memiliki hampir 890.000 beans, yang berarti secara teori, streamer tersebut memiliki uang sekitar US$4,200 jika dia akan menukarkan dengan uang tunai. Menarik bukan? Hanya sekedar duduk didepan PC menghadap kamera dapat menghasilkan uang sejumlah itu.

Sifat permainannya dan hadiah serta sistem mata uang pada Bigo merupakan bagian penting yang menarik. Tidak seperti Periscope, dimana akun follower dan viewer hanya merupakan timbal balik nyata, Bigo membuat penggunanya tetap terhubung dan berinvestasi dalam komunitas, baik secara harfiah dan kiasan. Pembayaran untuk streamer aktif adalah insentif tambahan untuk tetap menggunakan aplikasi ini.

Mengingat bahwa aplikasi ini telah aktif selama kurang lebih enam bulan, kinerjanya sangat mengesankan.

Mengenai BIGO LIVE
BIGO LIVE merupakan jaringan sosial media streaming video secara langsung. Penggunanya dapat menonton para broadcaster (penyiar) yang memperlihatkan keahliannya dan berbagi mengenai hobi/kesukaan mereka. Broadcast your life and build your audience!

Highlights:
+ Live Broadcasting – Bernyanyi, Menari, Memasak, Memberikan tutorial merias wajah dan gaya/fashion. Berbincang mengenai banyak topic seperti film dan makanan. Broadcast what you’re good at and let people enjoy!
+ Interaksi secara Real-time – Berinteraksi dengan teman Anda secara langsung. Have a chat with your favorite broadcasters.
+ Follow Broadcasters – Follow para penyiar favorit Anda. Anda akan menerima notifikasi ketika mereka sedang melakukan broadcasting.
+ Hadiah Virtual – Anda dapat mengirimkan hadiah berupa hati, permen dan hadiah lainnya kepada para penyiar favorit Anda secara langsung.
+ Mobile streaming – Anda dapat menonton video secara langsung dimanapun dan kapanpun.
+ Bonus – Dapatkan banyak penggemar/penonton/teman. Keep your followers. We’ll give you interesting offers!
 
Last edited:
apapun aplikasinya harus kita sendiri yang mengaturnya. Jangan sampai kita terbius oleh hal-hal yg tidak sesuai dengan hati nurani kita sendiri
 
apl yg bikin hp panas
lumayan bisa bikin anget badan dp beli kompor. cxixixixi..
aneh juga ni produk. awal2 ngasih bomnus 10$ buat yg pasang di hpnya, +1 $ buat refferal.($nya cuma bisa buat nelpun, baru dial nomur tujuan sudah kesedot abis)
gak laku, lalu sekarang dikasih macem2. kalo gak laku lagi besok2 yg mau pasang tinggal pesen pake sms dianter hp kerumah.
 
Back
Top