7 Jenis Kopi Paling Enak dan Terkenal di Dunia

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
kopi-robusta.jpg

Minuman kopi merupakan salah satu minuman yang disukai oleh masyarakat. Kopi menjadi salah satu minuman wajib bagi sebagian orang, terutama para pria. Di dunia ini tidak hanya ada satu jenis kopi saja, namun sangatlah banyak.

Jenis-jenis kopi yang ada di dunia ini tersebar luas hampir di seluruh penjuru dunia. Empat jenis kopi yang paling populer yaitu kopi robusta (coffe cannephora), kopi arabika (coffe arabica), kopi ekselsa (coffe dewevrei) dan kopi liberika (coffe liberica).

Dari empat jenis kopi tadi kemudian dihasilkan beragam varian kopi. Kopi arabika dan kopi robusta dikenal mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan banyak diperdagangkan secara komersial.

Ada 7 jenis kopi yang paling enak dan terkenal di dunia, ke tujuh jenis kopi ini yaitu:


#1 Kopi Arabika

Biji kopi yang paling terkenal dan sudah terbukti enak rasanya salah satunya yaitu kopi arabika. Biji kopi ni berasal dari daratan Afrika dan sekarang sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bahkan kebanyakan produsen kopi instan menggunakan kopi Arabika sebagai bahan utamanya.

Kopi jenis ini memang sangat mudah untuk dibudidayakan di berbagai kondisi alam. Namun tetap saja, kopi arabika yang paling enak hanya berasal dari Benua Afrika.

#2 Kopi Luwak

Jenis kopi yang cukup terkenal dan mendunia berikutnya yaitu kopi luwak. Kopi ini berasal dari Indonesia dan diolah dengan menggunakan hewan luwak. Luwak yang merupakan pemakan biji kopi menjadi mesin alami untuk menghasilkan biji kopi yang berkualitas.

Sudah terbukti bahwasanya kopi luwak mempunyai kualitas yang bagus dibandingkan dengan jenis kopi lainnya. Kadar kafein dalam kopi luwak ini juga yang paling rendah.

#3 Kopi Robusta

Jenis kopi yang paling mudah dijumpai dengan harga yang murah adalah kopi robusta. Kopi ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia.

Tanaman kopi robusta ini juga termasuk tanaman kopi yang kuat dan tahan terhadap serangan hama, sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan. Harga dari jenis kopi ini lebih murah dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

#4 Kopi Kolombia

Kopi Kolombia termasuk salah satu jenis biji kopi yang enak dan populer di dunia. Jenis kopi ini berasal dari Kolombia dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Biji kopi Kolombia awalnya berasal dari Afrika dan masih termasuk jenis kopi Arabika. Namun tentu saja rasa dari kopi Kolombia ini lebih nikmat dibandingkan kopi Arabika biasa.

#5 Kopi Liberika

Kopi ini berasal dari biji kopi Arabika dan Robusta yang dipadukan sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa kelas dunia. Anda hanya bisa mendapati jenis kopi ini di Liberia, Afrika.

Harga kopi jenis ini juga tergolong cukup mahal karena rasanya yang sangat lezat. Biasanya jenis kopi ini dibuat menjadi kopi espresso dan latte.

#6 Kopi Toraja

Kopi ini berasal dari daerah timur Indonesia, yaitu Toraja. Biji kopi yang ditanam di Toraja memang sudah terkenal sejak dulu mempunyai rasa yang khas dan enak. Sejak dulu, Toraja memang sudah menjadi pusat penghasil kopi terbesar di Indonesia.

#7 Kopi Kona

Kopi ini termasuk kopi yang paling mahal di dunia. Biji kopi Kona hanya bisa ditanam di daerah Hawai saja dan tumbuhnya pun bergantung pada musim. Hal inilah yang menyebabkan kopi Kona mempunyai harga jual yang cukup tinggi.

Dari ketujuh jenis jenis kopi ini, kopi manakah yang sering Anda konsumsi? Apapun konsumsi kopi Anda, satu hal yang perlu diingat dalam mengkonsumsi kopi yaitu hindari untuk menambahkan gula terlalu banyak. Jenis kopi apapun jika ditambah dengan gula yang terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan tubuh.

~alwib.net
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top