Perbedaan antara phobia, paranoia dan trauma

Kalina

Moderator
Fobia adalah ketakutan pada suatu hal, benda, fenomena tertentu pada saat bertemu dengan objek itu, rasa takutnya terpicu.
Cara mengatasinya adalah dengan mempelajari hal yang ditakuti itu secara logika dan mencari alasan mengapa bisa takut pada objek itu dan mencari bukti bahwa yang ditakutinya itu tidak beralasan. Kemudian, selanjutnya adalah menghadapi secara langsung sambil menjaga pikiran tetap tenang dan percaya diri.

Paranoia adalah penyakit mental yang beranggapan orang lain berbahaya bagi dirinya sehingga membuatnya tertekan, cemas, depresi. Cara penyembuhannya, yaitu dengan cara mencari penyebab mengapa menganggap oralain itu berbahaya kemudian mencari bukti bahwa orang lain tidak berbahaya. Ini dilakukan terus menerus sehingga masuk kebawah sadar. Langkah selanjutnya adalah praktek belajar bertemu dan bersosialisasi di tempat umum sambil menjaga pikiran agar tenang. Kalau tidak tenang dan panik justru harus mundur dulu cari jarak aman. Ini dilakukan secara tekun dan terus menerus.

Trauma adalah ketakutan terhadap sesuatu atau kegiatan yang diakibatkan oleh peristiwa traumatis
Cara penyembuhannya hampir sama dengan dua diatas. Yaitu dicari akar penyebabnya, kemudian meyakinkan pada diri sendiri bahwa peristiwa masa lalu itu peristiwa biasa (bukan luar biasa) dan itu tidak akan terulang lagi. Terima kenyataan yang ada dan hadapi sesuatu itu secara langsung dan dengan tenang. Kalau panik, mundur, dan ambil jarak aman.

Berpikir positif saja tidak cukup.
Berpikir positif hanya membantu pada gejala yang ringan.
Intinya adalah Jangan dihindari tapi hadapi dengan pikiran tenang dan rileks serta terkendali.

Yahoo Answer
 
Back
Top