Cara Membuat file (backup) CD/DVD Image dengan Power ISO

jaya28inside

New member
Pernah terpikir untuk senantiasa menggunakan CD/DVD anda?
Coba pikirkan kembali ketika anda menggunakan file Image CD/DVD berupa ISO, BIN, ataupun jenis Image CD lainnya. Maka anda tidak perlu lagi khawatir untuk dapat menggunakan CD/DVD anda ketika sudah rusak. Anda masih ada file Image CD/DVD yg telah tersimpan (terbackup) pada komputer anda.

File ISO, BIN ataupun jenis Image CD lainnya adalah suatu format atau ekstensi pada file arsip yang berisi data-data dari sebuah kepingan CD/DVD. File ini di ibaratkan sebagai kaset CD/DVD virtual yang bisa disimpan di dalam komputer. Jadi jika kita ingin melihat data-data kita yang ada di dalam kaset, kita tidak perlu memasukan kaset tersebut ke DVD Drive pada komputer, kita hanya membuka file ISOnya yang sudah ada di komputer.

Untuk dapat membuat file iso ini dibutuhkan kepingan disk berupa kaset CD/DVD yang akan kita jadikan file iso. Dan untuk bisa merubah CD/DVD menjadi file ISO harus menggunakan software atau aplikasi khusus yaitu PowerISO.

Langsung saja Penjelasannya
Langkah-langkah membuat file ISO dengan PowerISO dibawah ini

1. Buka Power ISO.

membuat_file_image_cd_1.png



2. Masukan kaset CD/DVD yang akan dijadikan .ISO.
3. Pada menu Tools, klik Make CD/DVD/BD Image File.


membuat_file_image_cd_2.png



4. Tentukan pengaturannya

CD/DVD Drive untuk menentukan kaset CD/DVD berada, Output File untuk menetukan lokasi file ISO akan disimpan, dan jangan lupa pada Output Format pilih yang Standard ISO(.ISO) kemudian klik OK.

membuat_file_image_cd_3.png


5. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

membuat_file_image_cd_4.png


6. Check kembali file Image CD yang telah jadi.

membuat_file_image_cd_5.png



Selesai!

Source credits back to FgroupIndonesia.com

 
ada yg pernah nyuba?
baru saja aku nyuba ign live-cd di usb. ekstensi output tak pilih .iso tak klik pakai eksplorer korup. ga bisa mounting.
ganti .img tak klik lagi juga korup. tapi kalo .daa asli punya power-iso tak klik kebuka di power-iso.
minusnya file jadi gede(sesuai usb-fd yg terbackup. payah kalo fd 32gb isi file cuma 50mb backupnya jadi 32gb di .iso,.img; kurang dikit di .daa kompresi maksimum)

- n1 -
 
Back
Top