Analisa Mata Uang AUD/USD

Dolar Australia sedikit berubah pada $ 0,7677, menunggu Reserve Bank of keputusan kebijakan Australia kemudian di sesi untuk isyarat segera. RBA secara luas diperkirakan akan berdiri pat dan menjaga tingkat kas pada rekor rendah 1,5 persen sebagai kegiatan ekonomi dukungan terbesar yang pernah booming di apartemen-bangunan telah membantu Australia.
 
AUD/USD pagi tadi berhasil rebound dari pelemahan perdagangan sebelumnya oleh sentimen data ekonomi yang dirilis awal perdagangan dan berhasil patahkan sentimen koreksi harga minyak mentah. Data ekonomi yang memberi tenaga tersebut yaitu data retail sales bulan September yang meningkat 0,4% setelah bulan sebelumnya 0%.
 
Reserve Bank of Australia dapat mencatat data penjualan ritel setelah beberapa bulan terakhir menunjukkan perlambatan konsumsi rumah tangga, meskipun prospek konsumsi rumah tangga masih belum jelas seperti yang ditunjukkan oleh kinerja AI Group dari indeks jasa yang melihat subsektor jatuh ritel ke kontraksi pada bulan September untuk pertama kalinya sejak Maret.
 
AUD/USD saat sesi Asia berusaha rebound oleh positifnya data neraca perdagangan bulan Agustus Australia yang alami perbaikan. Namun masuk sesi Eropa terkoreksi kembali merespon kuatnya dollar AS dan anjloknya harga minyak oleh profit taking.
 
Aussie melemah di sesi asia pada hari Kamis setelah sempit defisit perdagangan dari yang diharapkan dengan yen adalah sebagian besar datar karena investor disiapkan untuk pekerjaan AS melaporkan pada akhir pekan dilihat sebagai penting untuk menilai kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Desember.
 
AUD/USD masih mendapatkan tekanan jual yang cukup kuat setelah 3 hari berturut meskipun harga minyak mentah masih rally. Lemahnya aussie akhir pekan ini membuat pair melemah secara mingguan cukup besar, yang dipicu ekspektasi kuat pasar akan data NFP AS bulan September semakin tinggikan dollar AS.
 
AUD/USD tidak banyak bergerak sepanjang sesi Asia hari ini. Pasar tampak tidak likuid paska volatilitas GBP dini hari tadi. Pergerakan AUD/USD hingga penghujung sesi siang ini hanya berkisar di antara 0,7560 dan 0,7587 dengan pair sekarang berada di sekitar 0,7575.
 
AUD/USD masuki sesi Eropa masih bergerak negatif merespon kondisi harga minyak mentah yang masih bergerak lebih rendah dan negatif dari perdagangan sebelumnya. Selain itu sentimen yang mempengaruhinya adalah data Caixin Servidce PMI yang sedikit mengecewakan.
 
AUDUSD hari ini 0.7609 dan sideway masih terjadi untuk pair AUDUSD. Secara teknikal menggunakan fibonaci harga sekarang 0.7591 dan harga ingin mencoba turun untuk menuju harga 0.7571 dan jika harga tersebut dapat di tembus maka selanjutnya harga akan menuju 0.7553 bahkan 0.7535 dengan pergerakan range harga 0.7517 – 0.7482 tetapi jika harga tersebut tidak mampu untuk di tembus maka harga akan kembali mencoba ke atas untuk menuju harga 0.7624 dengan pergerakan range harga 0.7642 – 0.7677
 
AUD/USD masuki sesi Eropa masih bergerak negatif merespon kurang mantapnya dukungan data ekonomi yang dirilis awal perdagangan sehingga mendapatkan tekanan dari dollar AS cukup kuat melanjutkan perdagangan sebelumnya. Namun pada sesi Amerika pair dapat berbalik turun jika data fundamental AS mengecewakan.
 
AUD / USD mundur 0,71% ke level terendah tiga minggu 0,7554. Permintaan dolar AS tetap didukung karena data pekerjaan AS yang mengecewakan Jumat tidak diharapkan untuk mencegah Federal Reserve dari menaikkan suku bunga akhir tahun ini. Sebelumnya Selasa, National Australia Bank mengatakan indeks kepercayaan bisnis tetap tidak berubah pada 6 September.
 
AUD/USD pada sesi Eropa masih bergerak positif merespon pelemahan dollar AS dan juga naiknya kembali harga minyak mentah. Rebound awal perdagangan disupport data sentimen konsumen berdasarkan survey Westpac yang meningkat signifikan dari periode sebelumnya.
 
AUD/USD sempat meluncur turun menyentuh 0,7518 pada awal sesi Asia, seiring dengan menguatnya USD secara global paska FOMC Minutes semalam. Namun pair kini berbalik naik ke 0,7533 setelah Trade Balance China turun tak terduga. Consumer Inflation Expectation Australia dirilis naik dan merupakan satu-satunya data ekonomi Australia hari ini
 
AUD / USD turun 0,34% ke 0,7534, terendah sejak 19 September. Sebelumnya Kamis, data menunjukkan bahwa surplus perdagangan China menyempit menjadi $ 41.990.000.000 pada September dari $ 52.050.000.000 pada bulan sebelumnya. Para analis telah memperkirakan surplus perdagangan melebar menjadi $ 53,00 miliar bulan lalu.
 
CPI China dirilis solid pagi ini, mendorong berlanjutnya laju rebound AUD/USD ke 0,7603. Pair sempat menguji support 0,7500 kemarin, namun upaya belum berhasil dan AUD/USD berbalik menguat semalam, seiring dengan melemahnya USD secara global.
 
Aussie menguat di sesi asia pada Jumat, karena harga data di Cina menunjukkan kejutan lonjakan, sinyal tekanan permintaan potensial untuk komoditas kunci dalam angka yang dipantau cermat yang meliputi konsumen dan produsen.
 
AUD/USD masih berkutat di sekitar 0,7600 hingga sore ini. Pair mencatatkan harga tertinggi hari ini di 0,7608 namun minimnya momentum membuat pair gagal menguat lebih jauh dan sekarang berada di 0,7606 – pair bahkan sempat melemah ke 0,7588 pada awal sesi Eropa.
 
AUD / USD diperdagangkan pada 0,7597, turun 0,26%. Minggu ini akan melihat kebijakan pasca konferensi pers pertemuan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis di tengah spekulasi mengenai apakah lebih lanjut akan memperluas program stimulus dalam menghadapi pelambatan pertumbuhan dan inflasi. Juga pada daftar pantauan adalah tokoh Cina pada GDP kuartal ketiga, akan dirilis pada hari Rabu, dengan tingkat pertumbuhan yang diharapkan untuk memudahkan lagi.
 
AUD/USD melesat naik paska perilisan RBA Minutes pagi ini dan berhasil mencatatkan harga tertinggi di 0,7675 – sebelum kemudian sedikit terkoreksi ke 0,7665 saat ini. Dalam pernyataannya pagi ini, RBA tidak mengindikasikan penurunan suku bunga dalam waktu dekat, di sisi lain, USD masih tertekan sejak pembukaan pasar awal pekan kemarin. New Motor Vehicle Sales Australia pagi ini juga menunjukkan peningkatan.
 
Aussie rebound di sesi asia pada hari Selasa setelah komentar dari kepala bank sentral dan pelepasan menit dari ulasan Oktober mengatakan bahwa ramalan diperbarui pada pekerjaan dan inflasi akan membantu setiap keputusan kebijakan dalam tinjauan dewan berikutnya, mencatat data mining optimis.
 
Back
Top