kelebihan pasar saham

allysaclaresta

New member
Mengikuti pasar saham adalah salah satu keinginan saya sejak lama. Hasil menabung berbulan-bulan rasanya cukup digunakan untuk membuat rekening baru. Namun, saya masih kurang yakin dengan pilihan saya ini, terutama mengenai kelebihan mengikuti pasar saham. Sebenarnya, apa saja kelebihan mengikuti pasar saham yang bisa saya dapatkan?
 
Pasar saham memang penuh manfaat, apalagi bagi seorang investor yang memiliki dana besar seperti Anda. Memang pada dasarnya ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan, selama Anda menanamkan modal ke manajer investasi yang tepat.
Pertama, tentu adalah sebagai alternatif menanamkan dana di luar sistem perbankan yang menjanjikan keuntungan lebih besar. Tabungan atau deposito memang memiliki keuntungan, dimana keuntungan tersebut telah di atur sebelumnya dalam perjanjian awal. Di pasar saham, Anda dapat menginvestasikan dana Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada tabungan atau deposito. Ini karena modal yang Anda miliki ditanamkan pada perusahaan yang sedang berkembang. Semakin untuk perusahaan tersebut, semakin besar pula pendapatan Anda.
Yang kedua adalah difersifikasi jenis-jenis perusahaan yang menawarkan saham mereka. Hal ini sangat menguntungkan untuk Anda yang suka menanamkan modal ke beberapa jenis perusahaan yang memproduksi produk-produk berbeda. Tentu setiap perusahaan dapat berkembang dengan pasar yang berbeda-beda. Bila Anda menanamkan modal di beberapa perusahaan dengan produk yang berkaitan satu sama lain, bukan tidak mungkin keuntungan yang Anda dapatkan akan berlipat-lipat dari yang Anda tanamkan.
Selain itu, difersifikasi tersebut juga akan menurunkan tingkat risiko. Kemungkinan rugi memang tidak dapat dihindari. Namun, hal ini dapat diperkecil dengan menanamkan modal ke perusahaan lain. Keuntungan yang didapatkan dari perusahaan lain dapat menutupi kerugian satu perusahaan.
Namun, perlu diingat untuk selalu memperhatikan manajemen investasi. Pasalnya, pemilihan investasi yang tepat juga mempengaruhi keuntungan yang Anda dapatkan. Semoga beruntung!
 
Back
Top