Hewan Terkecil Sepanjang Abad

Status
Not open for further replies.

Megha

New member
83381346sl5.jpg


Brookesia minima adalah species terkecil dari chameleon yang mempunyai panjang hanya 0,5 inchi. Binatang ini betinanya lebih besar daripada jantannya.




37496291hh7.jpg


Monyet kepala hitam Sagui dwarf dari Brasil ini mempunyai tinggi 4 inch dan berat 0,17 kg. Mereka hidup di daerah terpencil diantara 2 sungai besar.


70621886qa6.jpg

Namanya Mr. Peebles, kucing domestic terkecil yang berbulu pendek. Panjangnya hanya 6,1 inch, sebesar anak kucing berusia 6 bulan



85751873gz4.jpg

Hamster ini mempunyai panjang tubuh 0,75 inch. Mamalia asal Mongol ini diimport ke kebun binatang London dan panjang tubuh mereka tidak akan lebih dari 2 inch.


30967788ie6na7.jpg

Pee Wee nama hamster ini. Mempunyai berat badan kurang dari 1 ons. Hamster ini berhenti tumbuh waktu berumur 3 minggu. Saudara2 kandungnya mempunyai panjang 4-5 inch.


90690864rx2se5.jpg

The Jaragua Sphaero atau dwarf gecko adalah binatang reptil terkecil didunia. Mempunyai panjang 0,6 inch. Species binatang ini hidup di Jaragua National Park di Republik Dominica atau lebih tepatnya di Beata Island.


88546134oi0ma1.jpg

Walter, si kura-kura terkecil ini berada di atas kepala kura-kura raksasa berumur 35 th yang bernama Otto. Keduanya hidup di kebun binatang Hanover. Kura-kura terbesar mempunyai ukuran panjang tubuh 43 inch, sedangkan Walter 3 inch.


28571882ax6.jpg

Primata terkecil ini berasal dari Philippine dan biasa dipanggil Tarsier. Binatang ini biasa memakan serangga. Mempunyai panjang tubuh 4,5 inch, binatang ini merupakan species yang dilindungi.


Loris lampai


79127830kr9.jpg

Burung ini mempunyi panjang 2 inch & berat 2 gr, tidak lebih berat dari setengah sendok teh air. Dapat ditemukan di hutan Cuba.



10bd4.jpg

Anjing yang mempunyai panjang 5 inch ini bernama Dylan.

Sorry, gambar Loris lampai bakalan nyusul .....
 
Wah... aku gak tau deh, tapi yang jelas gw pernah ngeliat Pee Wee & Loris Lampai. Dan emang ukurannya itu kecil banget. Sorry banget gw belum bisa ngambil gambar Loris Lampai, kekNa ada masalah nih di Search foto. Yowes buat yang Hoki nemuin gambarnya Loris Lampai, Posting disini ya
good.gif
 
OK Guys, ini dia gambar Loris lampai yang gw janjiin beberapa post diatas.



Imut-imut yah
iiyo.gif
 
Wah loris lampai itu asal dari mana ?
BTW Monyet brasil nya cool banget. Di jual bebas nga tuch ?
 
Marmoset Monyet Mini


ini bukan Bonzai monyet, tapi emang betulan monyet!!.
Monyet ini bisa disebut dengan Marmoset, beratnya hanya 125 gram, asli dari Amerka Latin. Bila ada yang lebih kecil lagi, bisa jadi itu adalah bayi Marmoset.

Marmoset ini lahir di Kebun Binatang Kilvenstone Inggris yang merupakan satu-satunya tempat pelestarian hewan liar Amerika Latin.

Wow, kalau induknya saja sebesar ini, bagaimana dengan bayinya yah? >:l Ajegile makhluk hidup jaman sekarang makin kerdil semua...
 
Wah loris lampai itu asal dari mana ?
BTW Monyet brasil nya cool banget. Di jual bebas nga tuch ?


Kagaaak!! hewan yg aku posting semuanya hewan langka terutama sebangsa primata. Semuanya sudah dilindungi oleh pemerintah negara asal mereka.
 
Kambing Kerdil/Cebol

wakakak.. ada-ada aja deh mas Chickenfighter, nich aku tambahin beritanya. kali ini bukan monyet, burung, ataupun kucing. Tapi Embeeek



Giama jadinya bila seekor kambing sosoknya mirip sama anak anjing basset hound?? Pastinya unik dan lucu.

Itulah kambing milik Lynn dan Jim di Nakham Ratchasima, Thailand. Menurut pemilik Cibubur Pet Shop di Jakarta Timur yang pernah saya tanyakan, drh Amir Mahmud, kambing kardil itu disebabkan penyimpangan genetik. Pertemuan gen jantan dan betina dengan mutu jelek mengakibatkan pertumbuhan kambing terhambat. Pemicu lain, diakrenakan adanya zat teratogenik yang merusak pertumbuhan janin.

Hihi... Lucu yah?
 
Re: Kambing Kerdil/Cebol

sm1ikan226eps.jpg

Ikan Terkecil di Dunia Ditemukan di Sumatera

SEBESAR NYAMUK: Ikan paedocypris progenetica ini hanya sebesar nyamuk. Foto perbesaran ikan memperlihatkan bentuk tubuhnya yang transparan.(25) - SM/AFP

PARIS - Ilmuwan Eropa dan Singapura Rabu kemarin mengumumkan penemuan spesies ikan yang diyakini sebagai ikan terkecil di dunia. Ikan dengan nama ilmiah paedocypris progenetica ini ditemukan di lahan gambut Sumatera. Tubuh ikan dewasa ini hanya sebesar nyamuk.

Paedocypris progenetica masih satu keluarga dengan ikan gurame. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah Proceedings terbitan Inggris.

Ikan dengan tubuh transparan itu hidup di lahan gambut yang berkadar asam tinggi di Sumatera. Lahan gambut, yang sering pula disebut sebagai rawa ''air hitam'' itu berkadar asam luar biasa tinggi. Kadar pH air lahan gambut ini hanya sampai ph3, kira-kira seasam apel kecut.

Para ilmuwan harus mengamati hewan ini dengan mikroskop stereoskopik khusus untuk bisa mengukur panjang ikan secara akurat.

Ikan dewasa terkecil yang berhasil ditangkap adalah Paedocypris progenetica betina. Panjang dari ujung mulut hingga ujung ekor hanya 7,9 mm. Jadi, selain sebagai ikan terkecil, spesies ini layak mendapat predikat sebagai vertebrata terkecil di dunia. Rekor ikan terkecil yang tercatat selama ini adalah ikan cebol Trimmatom nanus, yang panjangnya 8 mm.

Tim ilmuwan juga menemukan ikan sejenis, yakni P. micromegethes, di Sarawak, Malaysia.

Ikan-ikan itu ditemukan oleh Maurice Kottelat dan Tan Heok Hui, para peneliti pada Raffles Museum of Biodiversity Research di National University of Singapore.

Sirip-sirip ikan tersebut diduga merupakan hasil proses evolusi sebagai upaya beradaptasi dengan lingkungan lahan gambut yang unik itu.(bbc-afp-gn-25)

dikutip dari: suara merdeka
 
ichh gila chikent qerent bgd.. koo bisa yaa ilmuan ntuh nmuin tuh ikan. matanya canggih juga. p'asaan lbiyh bsar upil gue!!! hehehe...
 
28571882ax6.jpg

Primata terkecil ini berasal dari Philippine dan biasa dipanggil Tarsier. Binatang ini biasa memakan serangga. Mempunyai panjang tubuh 4,5 inch, binatang ini merupakan species yang dilindungi.

sumpahh nh binatang imuth bgd matanya itu looh sama bgd ma matanya megha. mata jengkol gt dehhh... asli gapakee boong!!!!!
 
Spesies Baru Salamander Hanya Selebar Kuku
salamander_dwarf.jpg

Salamander kerdil dari jenis baru yang ditemukan di Kosta Rika.
Satu dari tiga spesies baru salamander yang ditemukan di Kosta Rika baru-baru ini hanya memiliki panjang tubuh selebar kuku ibu jari. Penemuan ketiga spesies amfibi itu semakin menegaskan kawasan tersebut sebagai surga salamander.

Pantas disebut demikian sebab jumlah spesies salamander di Kosta Rika kini tak kurang dari 43 spesies. Total ada sekitar 300 spesies salamander yang tersebar di seluruh dunia dan kebanyakan hidup di belahan Bumi utara.

Hanya 5 spesies yang ditemukan di wilayah tropis bagian tengah Meksiko pada tahun 1998. Salamander adalah satu-satunya amfibi yang tidak ditemukan di Indonesia.

Salamander memangsa serangga dan cacing. Hidupnya banyak dihabiskan di air atau daerah yang lembab. Pada musim panas, mereka melakukan hibernasi (tidur panjang).

Kerdil

Tiga spesies baru merupakan bagian dari 5000 koleksi tumbuh-tumbuhan dan hewna yang dikumpulkan para ilmuwan dari Museum Sejarah Nasional London, Inggris dalam ekspedisi di Amerika Tengah. Ketiga spesies salamander ditemukan di Taman Nasional La Amistad, yang berada di perbatasan Kosta Rika dan Panama.

Salah satu spesies salamander baru yang belum memperoleh nama ilmiah termasuk dalam genus salamander kerdil Nototriton. Panjang tubuhnya hanya sekitar 2,5 centimeter dari ujung kepala hingga ekor.

Dua salamander lainnya berasal dari genus Balitoglossa yang dikenal aktif malam hari. Hewan-hewan ini berburu mangsa di malam hari dan menghilang saat siang hari.

Spesies pertama memiliki ciri tubuh yang berwarna menyolok dengan guratan merah di bagian punggungnya, kuning di perut, dan bagian lainnya hitam, mirip dengan ciri katak beracun dan sejenisnya. Panjang tubuhnya sekitar delapan centimeter. Sementara, spesies kedua memiliki waran tubuh cokelat tua dengan bagian perut berwarna cokelat muda pucat.

“Menemukan begitu banyak spesies baru di satu area benar-benar menakjubkan, apalagi mungkin di sinilah satu-satunya tempat di dunia untuk dapat menemui hewan-hewan tersebut,” ujar Alex Monro, ketua tim ekspedisi.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa sebaran spesies di wilayah tersebut belum banyak diketahui. Tim ilmuwan telah merencanakan empat kali ekspedisi lanjutan tahun ini untuk mempelajari lebih lanjutu kehidupan liar di sana.(BBC/WAH)

Sumber : KCM
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top