Muda dan Terjerat Bunuh Diri

Kalina

Moderator
Bunuh diri bisa dilakukan siapa pun, anak sampai lanjut usia, tetapi jumlah terbanyak pada remaja dan warga dewasa muda, usia 15-29 tahun. Masa pematangan otak, fisik, dan emosional membuat mereka ada di tahap kritis perkembangan. Namun, itu kerap diabaikan orang dewasa di sekitarnya.

Pada kasus yang ditelusuri Kompas, ada upaya bunuh diri seorang pria dewasa muda (20) di Jakarta dari keluarga berada dan jadi selebritas media sosial. Ia tak menunjukkan gejala depresi atau perubahan emosi drastis, tetapi ada kecenderungan bunuh diri dan masih ingin bunuh diri. Sepuluh tahun lalu, seorang anggota keluarganya bunuh diri.

"Pemicunya kompleks, tidak bisa disederhanakan hanya karena soal pola asuh atau keimanan," kata Koordinator Into The Light, komunitas pencegahan bunuh diri di Jakarta, Benny Prawira, Minggu (4/9).

Percobaan bunuh diri juga dilakukan seorang perempuan dewasa muda (30) di Jakarta yang putus dengan kekasihnya, karena sang pacar memilih sahabatnya sebagai pacar baru. Meski seperti drama, fenomena itu banyak dialami kaum muda. Penolakan cinta jauh lebih menyakitkan dibandingkan penolakan untuk berhubungan seksual.

Upaya serupa dilakukan perempuan muda (25) di Jakarta yang lelah atas desakan keluarga agar segera menikah. Namun, bunuh diri itu sebatas dalam pikiran, belum sampai tahap perencanaan rinci, karena orangtua membayangi pikirannya. Tekanan lingkungan bisa mendorong seseorang bunuh diri.

Adele Ryan McDowell dalam artikel Understanding Teen Suicide Helps Make Sense of the Heartbreak di huffpost.com, Kamis (8/9), mengatakan, percintaan hanya salah satu faktor risiko pemicu pemuda bunuh diri. Di balik itu, banyak soal berkait, mulai dari patah hati, kehilangan, ataupun rasa malu.

Bunuh diri kerap dianggap solusi permanen jangka pendek. Anak muda yang berusaha bunuh diri merasa tak dipahami dan dibenci, tapi tak tahu jalan keluar dari masalah. Mereka merasa sendiri dan orangtua tak peduli atau tak membantu. Risiko kian besar jika mereka terpapar alkohol dan obat terlarang.

"Remaja kerap mengonstruksikan dunia secara hitam putih, tak ada ide bahwa dalam hidup ada pilihan lain," katanya.

Masa muda ialah tahap membingungkan, riskan, dan sensitif. Mereka menghadapi banyak kesulitan fisik, emosional, mental, dan sosial. Otak mereka belum matang sepenuhnya. Sementara perkembangan hormon memicu perubahan besar emosinya.

Mereka juga berusaha menemukan jati diri, lepas dari bayang-bayang orangtua, berusaha diterima secara sosial dan jadi individu bebas. Mereka ingin mencoba apa pun, termasuk hal tabu. Di sisi lain, mereka jadi sulit bernegosiasi, bisa berlaku ekstrem dan dramatis. "Tahap ini jadi masa sulit bagi orangtua untuk mengasuh dan melindungi anak mereka," kata Adele.

Menurut Benny, meski remaja menghadapi masa penuh tantangan dan gejolak, banyak pihak, khususnya orang dewasa, tak paham kondisi itu. Remaja kerap mencari perhatian dengan tingkah laku kekanak-kanakan, tapi itu sering dilakukan untuk mencari bantuan atas masalah sesungguhnya yang dihadapi.

Stereotipe negatif pada remaja, seperti dianggap banyak mengeluh, lemah, hingga anak muda tak boleh stres, membuat banyak orang dewasa menyepelekan masalah kaum muda. "Padahal, semua yang dilakukan kaum muda bisa jadi indikator ada masalah dalam diri mereka," ujarnya.

Sejauh ini, pembangunan di Indonesia mengabaikan anak muda. Pemuda kerap hanya dianggap obyek pembangunan sehingga peran mereka dihambat. Padahal, anak muda tak cukup dilindungi, tetapi juga dihargai partisipasinya.

Dengan lonjakan warga usia produktif pada masa bonus demografi, perlu pelibatan pemuda dalam pembangunan. Jika itu tak dilakukan, banyaknya pemuda justru jadi soal besar pembangunan karena generasi tua merasa lebih paham apa yang dimaui, dibutuhkan, dan terbaik bagi anak muda. (MZW)


Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 13 September 2016, di halaman 14 dengan judul "Muda dan Terjerat Bunuh Diri".

Kompas.com
 
bunuh diri itu pemikiran orang bodoh,lemah,pemikiranya pendek, egois.....
apakah tidak berfikir dengan bunuh dri hanya menambah luka kluarga,orang yg disayangi,orang yg mencintai mu?apa bedanya dgn orang yg kmu cintai mencaMpakan mu? SAMASAJA''. coba bayangkan ketika kamu mati dan dikubur..kluarga mu teman mu memanggil mu sembari mnangis? mending klo berhasil bunuh diri, coba misalnya kaamu coba bunuh diri dengan memotong urat nadi tangan tetapi gagal ga mati, tangannya harus diamputasi? hanya menambah derita kamu......lihatlah sekeliling mu...kamu tidak sendirian..berbahagialah...masih banyak kebahagiaan menanti mu......nikmati hidup mu...ok.. masalah ada untuk dihadapi sehingga kamu lebih dewasa...ganbatte
 
Last edited:
Kesetiaan, ketulusan, kejujuran, dan komitmen adalah tiangnya suatu hubungan yg harus tertanam di setiap jiwa kaum muda, yang secara tidak langsung berdampak pada jumlah angka kematian bunuh diri kaum muda.

SALAH BESAR, kesetiaan,ketulusan,kejujuran merupakan sikap KEDEWASAAN, lawan dri itu ketidakDEWASAAN..... dengan BUNUH DIRI itu juga sikap ketidakDEWASAAN....
berarti bunuh diri kerna tidak setia,tdk tulus,bohong itu sama aja...itu bukan alasan....hanya tindakan bodoh....lebay,lemah...terlalu dibesar2kan..
 
kalo bunuh diri paling di benci sama allah swt
kerna tidak setia,tdk tulus,bohong itu sama aja..itu bukan alasan hanya tindakan bodoh....terlalu dibesar2kan..
 
Back
Top