3 Hal Yang Sering Dialami Oleh Para Mahasiswa

tukangkayu69

New member
w583h583_766862-7-bad-study-habits-you-should-change-immediately.jpg

ilustrasi via googling

Membolos di saat kuliah mungkin sudah biasa dilakukan oleh mahasiswa. Hayo apa kamu salah satunya? Faktor yang menyebabkan adalah rasa bosan terhadap rutinitas di kampus, hal ini juga dapat dipicu oleh pilihan mata kuliah yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Akhirnya menghadiri kelas tersebut menjadi tidaksemangat. Selain itu juga bisa terjadi karena mahasiswa tidak cocok dengan metode belajar atau pengajarnya. Maka diperlukan sebuah pembelajaran kreatif oleh guru terbaik dan kompeten agar mahasiswa tidak jenuh berada di kelas. Bagi mahasiswa semester awal pastinya masih rajin, tetapi lama kelamaan ada rasa jenuh yang muncul dan menyebabkan keinginan untuk membolos. Selain itu, ada juga alasan-alasan lain yang menyebabkan mengapa mahasiswa mulai sering membolos kelas seperti:

1. Malas

Jadwal kuliah yang jumping antara satu kelas dan lainnya sering membuat mahasiswa menjadi malas untuk menghadiri kelas sebelum atau sesudahnya, apalagi jika jadwal kelas ada dipagi hari dan kelas selanjutnya ada di sore hari, dengan tugas kuliah yang menumpuk, tentu rasa malas itu tidak terhindarkan. Ditambah lagi kamu bosan dengan cara mengajar dosen yang monoton.

2. Begadang

Di setiap semester kuliah, tentu akan ada momen dimana mahasiswa akan tenggelam di dalam bberbagai materi tugas kuliah, proyek, dan kegiatan kemahasiswaan lainnya. Rasa lelah yang berlebihan karena terlalu sering melewatkan jam tidur akan membuat tubuh menjadi lebih letih di keesokkan paginya. Salah satu dampaknya, kita akan lebih memilih untuk membolos kelas karena letih dan sulit berkonsentrasi.

3. Lupa

Rasa letih dan sulit berkonsentrasi yang diakibatkan dari begadang juga akan sering membuat mahasiswa lupa akan jadwal kuliah, sehingga akan terlewatkan begitu saja untuk menghadiri kelas di kampus. Hal ini mungkin terjadi terutama jika kita sedang berkonsentrasi mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan hingga kita lupa waktu.

Walaupun cukup berat, tentu menjadi mahasiswa harus siap untuk menghadapi segala tantangan dan menyelesaikan semua tanggung jawab dengan baik. Biaya kuliah yang tidak sedikit harusnya bisa mendorong kita untuk dapat berfikir dewasa dan belajar untuk mempertimbangkan berbagai aspek dalam semua tindakan yang kita lakukan. Perlu sikap disiplin dan konsistensi untuk dapat terus rajin menghadiri kelas dan berusaha mengabaian pengaruh buruk yang mungkin ditimbulkan dari ajakan teman. Namun, inilah proses dimana kita belajar untuk mengerti mana yang baik dan mana yang tidak. Kerja keras akan menghasilkan hal yang baik pula. Semangat!
 
hahah, itu sudah sangat melekat dengan karakter mahasiswa gan,, yang namanya begadang itu nggak bisa dihindari gan, apalagi kalau nge kos, wah itu alamat gan, pasti sepanjang malam akan begadang gan, beda kalau mahasiswa yang masih tinggal di rumah ortu gan, masih bisa terselamatkan, tapi kalau ngekos, semalem aja ngilang nggak begadang, itu bakalan di jemput ke kos kosannya gan
 
Back
Top