Cara Mengolah Bumbu Dapur untuk Sembuhkan Batuk

dennis_bikarto

New member
Batuk merupakan penyakit yang datang tak terduga biasanya disebabkan olah banyak faktor seperti cuaca, lingkungan, atau pun makanan. Batuk harus segera diatasi karena jika didiamkan maka akan menjadi masalah seperti sesak nafas, iritasi pada tenggorokan, bahkan menjadi penyakit yang lebih berbahaya. Bumbu dapur sudah biasa digunakan untuk memasak tapi tahukah kamu bumbu dapur dapat diolah menjadi obat untuk penyakit batuk dengan mudah.
78zuzs.jpg
Inilah cara mengolah bumbu dapur yang dapat sembuhkan batuk:

1. Daun Kemangi

Daun kemangi biasa digunakan untuk menambah aroma pada makanan dan rasanya yang khas dapat mengundang nafsu makan. Tapi tahukah kamu daun ini juga dapat diolah menjadi obat untuk batuk. Caranya mudah anda hanya perlu merebus daun kemangi dan memberikan air hasil rebusannya kepada orang yang menderita batuk selagi hangat.

2. Kunyit

Kunyit sangat berguna untuk memasak rasa, aroma, dan warna yang menggundah selera membuat kunyit banyak digunakan untuk memasak. Anda dapat mendapat kan manfaat dari kunyit ini dengan mencampurkan ½ sendok kunyit bubuk, dan madu kedalam 1 gelas susu.

3. Minyak Zaitun

Sudah banyak tempat jual minyak zaitun. Minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya sebagai penyembuh batuk. Anda hanya perlu memberikan 1 sendok minyak zaitun sebanyak 3 kali sehari maka batuk akan segera sembuh. Minyak zaitun berfungsi sebagai pelumus untuk tenggorokan agar mengurangi peradangan pada tenggorokan dan membuat dahak dapat keluar dengan mudah.

4. Jahe

Anda dapat mencampurkan jahe dengan teh untuk menyembuhkan penyakit batuk. Siapkan 1 gelas teh hangat dan berikan beberapa irisan jahe. Jahe akan menghangatkan tenggorokan dan tubuh orang terserang batuk, merilekskan tubuh dengan hangatnya jahe, dan menambah nafsu makan.

5. Air

air merupakan yang paling sederhana. Yang diajurkan untuk orang yang terserang batuk adalah air hangat karena air hangat dapat memeperlancar pernapasan dan mempermudah keluarnya dahak. Lagi pula semua orang yang sakit sangat membutuhkan air yang cukup.
Itulah beberapa bumbu dapur untuk sembuhkan batuk.
 
Back
Top