Hemoglobin

langit_byru

New member
Hemoglobin adalah metaloprotein pengangkut oksigen yang mengandung besi dalam sel merah dalam darah mamalia dan hewan lainnya. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organik dengan satu atom besi.

229px-Heme.svg.png

Gugus Heme

Mutasi pada gen protein hemoglobin mengakibatkan suatu golongan penyakit menurun yang disebut hemoglobinopati, di antaranya yang paling sering ditemui adalah anemia sel sabit dan talasemia.

Struktur


300px-Hemoglobin.jpg

Struktur 3-dimensi hemoglobin

Pada pusat molekul terdapat cincin heterosiklik yang dikenal dengan porfirin yang menahan satu atom besi; atom besi ini merupakan situs/loka ikatan oksigen. Porfirin yang mengandung besi disebut heme. Nama hemoglobin merupakan gabungan dari heme dan globin; globin sebagai istilah generik untuk protein globular. Ada beberapa protein mengandung heme, dan hemoglobin adalah yang paling dikenal dan paling banyak dipelajari.

Pada manusia dewasa, hemoglobin berupa tetramer (mengandung 4 subunit protein), yang terdiri dari masing-masing dua subunit alfa dan beta yang terikat secara nonkovalen. Subunit-subunitnya mirip secara struktural dan berukuran hampir sama. Tiap subunit memiliki berat molekul kurang lebih 16,000 Dalton, sehingga berat molekul total tetramernya menjadi sekitar 64,000 Dalton. Tiap subunit hemoglobin mengandung satu heme, sehingga secara keseluruhan hemoglobin memiliki kapasitas empat molekul oksigen:

Reaksi bertahap:

* Hb + O2 <-> HbO2
* HbO2 + O2 <-> Hb(O2)2
* Hb(O2)2 + O2 <-> Hb(O2)3
* Hb(O2)3 + O2 <-> Hb(O2)4

Reaksi keseluruhan:

* Hb + 4O2 -> Hb(O2)4
 
klo kadar hemoglobin apa? kadar Hb normal untuk ibu bersalin brpa?
 
membantu untuk presentasi ni tapi masih kurang ni untuk struktur dan fungsinya
 
kalo heme berikatan dengan HCl gambarnya seperti apa ya? katanya kalo perdarahan di lambung itu darah bereaksi dengan HCl lambung?
thanks buat gambar heme-nya keren dech
 
Reiko kelebihan HB

Ada satu pertanyaan nech...........kemaren saya habis donor darah. Tapi si dokternya bilang bahwa saya ini kelebihan HB sampai "170", dan kata mereka juga saya mungkin terlalu banyak makan daging..........(sebenarnya sayuran sech iyah kalo daging malah jarang makan), makanan apa saja yang musti saya kurangi, dan resikonya dari kelebihan HB yang musti saya tanggung apa?
 
buat guest yang ada diatas posting saya, kemungkinan aja sayuran yang anda makan mengandung senyawa kimia yang dapat menambah darah. kalo ditanya sayuran itu apa saya, saya kurang tau (tapi saya pernh mendengar akan hal ini) makanan yang dapat menambah darah setau saya "Hati ayam"
 
Back
Top