Jenis-jeni Jerawat dan Obatnya

annasulul1

New member
Obat Jerawat Paling Ampuh-- Kebanyakan orang berpendapat bahwa jerawat yang muncul berupa tonjolan-tonjolan kecil kemerahan hanya muncul pada wajah. Akan tetapi sesungguhnya jerawat bisa tumbuh beberapa tempat bisa di dada, punggung dan kulit kepala. Dan ternyata jerawat memiliki tipe yang beraneka macam atau tidak hanya itu saja meski terlihat sama. Sekecil apapun jerawat meskipun tidak terasa sakit tetapi sangat mengganggu bagi sebagian orang, karena disamping menurunkan kecantikan bagi kaum hawa juga bisa membuat kita kurang PD. Dan berikut kita akan dibahas lebih detail seputar jerawat ini, tidak hanya untuk memperdalam pengetahuan juga untuk menambah wawasan tentang jerawat, sehingga kita bisa mengetahui cara mengobati jerawat dengan benar dan dengan metode yang sesuai serta efektif.

Jenis Jerawat Berdasarkan Bentuknya

1. Jerawat Radang
Jerawat radang tumbuh jika kantung folikel yang ada pada dermis dipenuhi oleh lemak padat, maka akan menimbulkan dermis mengembung. Setelah itu akan pecah sehingga darah putih akan menyerang daerah folikel sabasea sehingga terjadilah peradangan pada kulit.
Jerawat radang biasanya terasa sakit dan memiliki dimensi yang cukup besar lebih besar dari komedo yang isinya terdapat air nanah. Jika kita berusaha memecahnya menggunakan tangan atau alat yang tidak bersih maka akan mengakibatkan peradangan yang lebih serius disebabkan kuman dari luar yang masuk dan menginfeksi.

2. Komedo
Mendengar kata komedo pasti tidak aneh lagi bagi Anda, dan komedo ini merupakan tergolong salah satu tipe jerawat. Akan tetapi komedo sakitnya tidak seperti jerawat radang hal tersebut karena komedo merupakan jerawat yang hanya menyumbat pori-pori pada kulit dan tidak sampai terjangkit oleh kuman.
Komedo sendiri memiliki 2 golongan yaitu:
Komedo Terbuka (White hide comedo) yang mempunyai ciri-ciri khusus yaitu pori-porinya yang tersumbat memiliki warna putih pudar.
Komedo Tertutup (Black head Comedo) yang mempunyai ciri-ciri khusus yaitu pori-porinya yang tertutup mempunyai warna kehitam-hitaman.

3. Jerawat Konglobata
Jerawat tipe konglobata ini adalah gabungan dari jerawat-jerawat, terkadang berupa bisul-bisul. Mulanya jerawat seperti ini diawali munculnya 1 jerawat kemudian berkembang dan terus bertambah sehingga berkelompok dan menyatu yang kemudian menjalar dan bernanah. Hal tersebut disebabkan karena Anda memecahkan jerawat memakai sesuatu yang tidak steril seperti kuku atau alat-alat yang lain, sehingga bakteri dan kuman bisa meluas dan membuat jerawat semakin payah. Meskipun jerawat ini bisa dipulihkan namun jejaknya sulit untuk dipulihkan.

Berikut ini adalah jenis-jenis jerawat yang dikenal di masyarakat, yaitu:

1. Jerawat Batu
Jerawat batu sesungguhnya sama saja dengan jerawat radang, tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dan terasa menyakitkan desebabkan terjadi peradangan yang hebat. Apabila ini diabaikan tanpa segera diobati maka jika jerawat ini hilang akan memberikan bekas luka seperti cekungan pada wajah yang tak dapat dipulihkan.

2. Jerawat Pasir
Jerawat pasir merupakan gerombolan jerawat-jerawat kecil yang banyak sehingga terlihat seperti pasir. Jerawat ini tidak berbahaya karena tidak terjadi peradangan namun membuat wajah tampak tidak enak untuk dipandang.

Ada beberapa jenis jerawat lainnya yang mungkin jarang sekali terdengar di telinga kita, khususnya orang-orang Indonesia.
1. Jerawat Juvenil
Jerawat juvenil adalah jerawat yang disebabkan karena refraksi hormon dimasa remaja yang mengalami puberitas yaitu kisaran usia 14 hingga 20 tahun. Hormon ini tidak normal dikarenakan memproduksi sebum.

2. Jerawat Rosacea
Tidak seperti jerawat juvenil, jerawat yang satu ini tampak pada wanita usia 30 sampai 50 tahunan. Jerawat tersebut terjadi akibat peradangan kemudian akan memunculkan lipatan pada hidung yang seolah-olah terlihat bersisik. Jika terjangkit jerawat ini maka untuk menanganinya adalah dengan berobat ke dokter spesialis kulit.

3. Jerawat Nitrosica
Jerawat yang satu ini adalah jerawat yang cukup mengancam karena apabila salah dalam pengobatan dapat mengakibatkan lubang pada wajah dan bisa memperburuk wajah. Apabila Anda terjangkit jerawat ini maka solusinya adalah Anda harus konsultasi ke dokter khusus kulit. Perlu diketahui bahwa jenis jerawat ini merupakan tahapan akhir dari jerawat.

4. Jerawat Vulgaris
Jerawat vulgaris ini sebenarnya merupakan jenis jerawat dari komedo. Komedo ini adalah salah satu tipe jerawat yang agak mudah untuk disembuhkan. Biasanya dapat diobati dengan melakukan penguapan di daerah wajah yang terjangkit jerawat.

Sekarang sudah tahu bukan apa jerawat itu dan jenis-jenisnya? Jerawat sesungguhnya bukanlah masalah yang harus ditakuti asal kita mengetahui pengobatannya. Awal umum timbulnya jerawat adalah perubahan hormon serta kurangnya kita dalam memperhatikan kebersihan. Maka dari itu, jangan lalai untuk selalu mencuci wajah Anda secara teratur terutama saat menjelang tidur.
 
Back
Top