Mengetahui Masalah Kompresor Ac Mobil Rusak

DokterMobil

New member
Mazda-300x169.jpg

Gejala awal ketika kompresor ac mobil rusak adalah bunyi ngorok, tetapi belum tentu itu sudah rusak, kemungkinan adalah freon pada ac mobil kurang atau freon yang ada di dalam sistem ac kurang dari 80% atau bisa juga disebabkan oli kompresor kurang.

Ciri-ciri kompresor ac mobil rusak pada ac mobil atau tanda dan gejala kompresor ac mobil rusak atau mendeteksi gejala kerusakan kompresor ac mobil dari pengalaman service ac mobil.

seperti pada awal artikel ini, gejala awal yang bisa dirasakan atau dideteksi jika kompresor ac mobil rusak diantaranya adalah seperti bunyi yang tidak wajar saat ac hidup atau kopresor ac bunyi berisik serta hembusan udara yang kurang dingin saat rpm mesin rendah adalah salah satu indikasi awal rusaknya kompresor ac mobil

Dan berikut ini adalah masalah yang dibisa dilihat jika kompresor ac mobil mulai bermasalah :

1. Kompresor ac bunyi

Pada saat ac mobil dihidupkan akan terdengar suara yang kasar dari ruang mesin tetapi tombol ac digeser lagi ke posisi OFF, suara dibalik kap mesin kembali menjadi normal. Penyebab suara kompresor menjadi kasar atau ngorok bisa karena oli kompresor kurang akibat terjadi kebocoran, terjadi kehausan pada piston kompresor dan pada slinder piston kompresor dan terkadang bukan hanya karena oli kompresor kurang akan tetapi karena jumlah freon kurang.

hal seperti diatas bisa anda lihat jelas pada AC Mobil Avanza, Toyota Limo atau pada Kijang Innova yang menggunakan kompresor mirip. ketika terjadi freon yang kurang dan setelah ditambah freon saja ” tanpa ditambahkan oli kompresor” bunyi ngorok kompresor tadi akan hilang.

2. Kompresor ac mobil lemah atau berkurang

salah satu ciri kompresor ac mobil lemah adalah pada saat awal hidup ac hembusan udara ac terasa kurang dingin dan apabila mesin berada pada rpm rendah. Tetapi ketika mesin digas hingga pada 2 rb rpm atau mobil mulai jalan di kecepatan tertentu, hembusan angin mulai terasa lebih dingin.

3. Bocor pada kompresor

Ciri yang terjadi pada kompresor ac adalah pada body kompresor akan terlihat basah oleh oli dan nantinya akan berdebu untuk beberapa bagian pada kompresor yang bisa menjadi tempat terjadinya kebocoran yang sudah ditulis, atau silahkan kunjungi Service AC Mobil.

4. Magnetic Clutch AC Mobil Rusak

Magnetic clutch assy adlaah dari kompresor ac, pada kebanyakan magnetic clutch pada saat kompresor ac rusak adalah karena pada gulungan spul yang putus atau pendek, tetapi pada spul magnetic clutch rusak jika pada spul tersebut terdapat sensor temperatur seperti contoh magnetic clutch ac mobil vios atau toyota limo, kompresor akan bekerja lagi setelah suhu kompresor turun

Jika anda menemukan ac mobil dengan masalah seperti diatas, sebaiknya langsung saja cek ke Bengkel AC Mobil untuk perawatan mobil anda.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobiln Bengkelnya"
| Visit us doktermobil.com
 
Back
Top