Sejarah, Pakan, dan Manfaat Ulat Sutra Terhadap Kehidupan

Status
Not open for further replies.

berkahkhair

New member
Sutera1.jpg


Ulat sutra ialah ulat yang memiliki nilai harga jual tinggi sebagai produser benang sutra. Pakan ulat sutra hanya daun murbei. Ia bersumber dari utara Tiongkok.

Telur ulat murbei membutuhkan waktu sekitar sepuluh hari untuk menetas. Ulatnya membentuk kepompong sutra mentah, yang setelah dipintal dapat menghasilkan benang sutra sepanjang 300 hingga 900 meter per kepompong. Seratnya berdiameter sekitar 10 µm.

Sebagaimana umumnya ulat, ulat sutra sangat serakah; makan sepanjang waktu sehingga tumbuh dengan cepat. Kalau warna kepalanya sudah menjadi semakin gelap, ulat sutra akan segera bertransformasi kulit.

Dalam hidupnya, ulat sutra mengalami empat kali fase ganti kulit, sehingga berwarna kekuningan dan lebih ketat, yang menjadi pertanda akan segera menyelimuti diri dengan kepompong.

Sebelum ulat sutra menjadi matang dan keluar dari kepompongnya (kepompong digigiti hingga rusak serta tidak bernilai jual), kepompong tersebut selanjutnya direbus untuk membunuh ulat sutra serta memudahkan penguraian seratnya.

Adapun kupu-kupu dewasa yang dipelihara untuk bibit ulat sutra tidak bisa terbang.

Karena sejarahnya yang panjang dan nilai ekonominya yang tinggi, genom larva sutra menjadi salah satu objek research ilmiah.

Sejarah Larva Sutra

Di negara Tiongkok kuno, ditemukan legenda bahwa sutra yang diperoleh dari larva sutra dilihat oleh Ratu Xi Ling-Shi.

Ia sedang berwisata sewaktu ia memandang kepompong ulat sutra. Setelah itu digunakanlah jarinya untuk menyentuhnya, dan menakjubkan, selembar benang terkeluar!

Ketika semakin banyak keluar dan terbungkus disekitar jarinya, dia perlahan-lahan merasa panas. Apabila sutra itu habis, dia melihat kepompong kecil.

Dengan serta merta, sang ratu mengetahui bahwa kepompong itu merupakan sumber sutra.

Dia selanjutnya bercerita kepada semua orang dan hal ini menjadi diketahui secara luas. Selain legenda ini, terdapat banyak legenda lain mengenai ulat sutra.

Manfaat Medis Ulat Sutra

Larva sutra yang dipakai untuk pengobatan tradisional China yaitu ulat sutra kaku.

Ia yaitu larva kering 4–5th yang mati sebab penyakit muskadin putih disebabkan oleh jamur Beauveria bassiana, dimanfaatkan untuk mengobati masuk angin, mencairkan dahak dan meringankan kejang-kejang.

Makanan Ulat Sutra

Ulat sutra dikonsumsi di sejumlah festival budaya. Di Korea, larva sutra yang direbus dan dibumbui ialah snack yang tenar serta dikenal sebagai beondegi (번데기) .

Di Tiongkok, sejumlah penjual jalanan menjual larva sutra yang dipanggang.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top