Pengertian Akhlak

kultwi

New member
Pengertian Akhlak terpuji, akhlak mahmudah, akhlak Rasulullah. Akhlak secara terminologi bermakna perilaku seseorang yg didorong oleh satu kehendak secara sadar buat melakukan satu perbuatan yg baik.

Akhlak yakni bentuk jamak dari kata khuluk, datang dari bhs Arab yg bermakna perangai, perilaku, atau karakter. langkah membedakan akhlak, moral serta norma yakni Dalam norma, buat menyatakan nilai perbuatan manusia baik atau buruk gunakan tolok ukur akal fikiran atau rasio, lagi tengah dalam moral serta susila gunakan tolok ukur melebihi dari satu normalitas yg tumbuh serta berkembang serta jalan dalam masyarakat (kebiasaan istiadat), serta dalam akhlaq gunakan ukuran Al Qur’an serta Al Hadis buat meyakinkan baik-buruknya.

Tiga pakar di segi akhlak yakni Ibnu Miskawaih, Al Gazali, serta Ahmad Amin katakan kalau akhlak yaitu perangai yg menempel pada diri seorang yg bisa mengundang perbuatan baik tanpa pikirkan fikiran lebih dahulu.

Uraian Akhlak
Kata akhlak di ambil rangkuman sebagai satu perilaku, namun perilaku itu harus dikerjakan secara berulang-kali kurang hanya sekali melakukan perbuatan baik, atau hanya setiap saat saja. Seseorang bisa dapat dikatakan berakhlak kalau tampak dengan sendirinya didorong oleh motivasi dari dalam diri serta digerakkan tanpa banyak pertimbangan pemikiran terutama pertimbangan yg seringkali diulang-ulang, hingga berkesan sebagai keterpaksaan buat berbuat. Jika perbuatan itu dikerjakan dengan sangat sangat terpaksa bukanlah pencerminan dari akhlak. mandi junub

Dalam Encyclopedia Brittanica, akhlak bisa dapat dikatakan sebagai pengetahuan akhlak yg miliki makna sebagai studi yg systematik berkaitan perilaku dari pengertian nilai baik, buruk, harusnya benar, salah serta sebaginya sehubungan prinsip umum serta bisa dipakai pada suatu hal, selanjutnya bisa dikatakan sebagai filsafat moral.
 
"" kajian umum, diartikan dipakai masyarakat keseluruhan tanpa pilah2 agama bisa dipelajari di "ilmu etika".
filosofinya luas. cakupan perilaku, tingkat pemahaman dogma yg ada, penilaian terakhir ke nilai pendidikan yg diterima beserta pemahaman dan implementasinya dlm bermasyarakat.
Tanpa masyarakat tidak ada akhlak ataupun etika. hidup bisa bebas sebebasnya.

- n1 -
 
Back
Top