KEUTAMAAN PUASA ENAM
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

KEUTAMAAN PUASA ENAM

KEUTAMAAN PUASA ENAM

Keutaman Puasa Enam Hari Di Bulan Syawal :


1.Seperti Puasa Setahun.

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر رواه مسلم
''Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikutkan dengan enam hari bulan syawal niscaya ia seperti telah berpuasa sepanjang masa.”(H.R Imam Muslim).

Dalam riwayat yang lain Rasulullah bersabda:

صيام رمضان بعشرة أشهر و صيام الستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة
''Puasa Ramadhan balasannya bagaikan sepuluh bulan (berpuasa) dan puasa enam hari Syawal adalah bagaikan dua bulan, maka jumlah demikian adalah puasa setahun”. (H.R. Ibnu Khuzaimah).

Allah juga berfirman:

مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا
Barang siapa mengerjakan kebaikan maka baginya adalah sepuluh balasan kadarnya…(al-An`am 160).

Maka puasa sebulan Ramadhan bagaikan puasa 10 bulan, dan puasa 6 hari di bulan Syawal bagaikan puasa 6 bulan. Namun orang yang mendapatkan pahala seperti setahun dalah orang melaksanakan puasa di bulan ramadhan. Apabila seseorang masih ada qadho puasa ramadhan maka sebaiknya mendahulukan puasa qadha nya dari pada puasa 6 hari di bulan Syawal ....

Orang yang mampu mengerjakan sunah puasa 6 hari di bulan Syawal menjadi alamat di terima-nya amal puasa di bulan puasa ramadhan Sebagaimana para ulama berkata :

ثواب الحسنة الحسنة بعدها فمن عمل حسنة ثم اتبعها بعد بحسنة كان ذلك علامة على قبول الحسنة الأولى كما أن من عمل حسنة ثم اتبعها بسيئة كان ذلك علامة رد الحسنة وعدم قبولها.
Mendapatkan ganjaran kebaikan adalah melakukan kebaikan setelahnya. Siapa orang yang berbuat kebaikan kemudian mengikutkannya dengan kebaikan yg lain, maka ini sebagai tanda di terima sebuah amal kebaikan yang dia lakukan sebelumnya, sebagaimana beramal soleh kemudian mengikuti-nya dengan keburukan, ini pertanda bahwa amalan kebaikan-nya tidak diterima.

Dengan berpuasa Ramadhan, Allah mengampuni segala dosa-dosa seorang hamba. Dan berpuasa di bulan syawal merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang diterima.

Hukum Puasa Syawal Menurut Madzahibul arba'ah (Imam Empat Madzhab)

Mayoritas ulama yag menunjukkan kesunahan puasa di bulan Syawal. Adapun yang berpendapat puasa tersebut sunnah adalah madzhab Abu Hanifah, Syafi’i dan Imam Ahmad. Adapun Imam Malik memakruhkannya.

Sebagaimana kata Imam Nawawi ra.;

“Pendapat dalam madzhab Syafi’i yang menyunnahkan puasa Syawal didukung dengan dalil tegas ini. Jika telah terbukti adanya dukungan dalil dari hadits, maka pendapat tersebut tidaklah ditinggalkan hanya karena perkataan sebagian orang. Bahkan ajaran Nabi saw. tidaklah ditinggalkan walau mayoritas atau seluruh manusia menyelisihinya. Sedangkan ulama yang khawatir jika puasa Syawal sampai disangka wajib, maka itu sangkaan yang sama saja bisa membatalkan anjuran puasa ‘Arafah, puasa ‘Asyura’ dan puasa sunnah lainnya.” (Syarh Shahih Muslim).


Usai menjalani puasa wajib di bulan Ramadhan, umat Islam mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal. Puasa ini tidak wajib tapi sangat dianjurkan. Apa keutamaannya ?

Dalam hadits shahih dari Abu Ayyub Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Rasulullah Saw bersabda, ''Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh. ''( H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah ).

Dalam hadits riwayat An-Nasa'i dan Ibnu Majah, dalam Shahih At-Targhib, bunyinya, ''Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun.''

Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dengan lafazh : ''Puasa bulan Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan. Sedang puasa enam hari bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Itulah puasa setahun penuh.''


MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan. Antara lain :

Hati Istirahat : Hati membantu fungsi ginjal dengan memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino, prosesnya disebut detoksifikasi. Dengan berpuasa, di mana makanan tidak masuk selama 12 jam, maka memberi kesempatan hati dan organ pencernaan lain untuk lebih bisa beristirahat.

Usus Santai : Peran usus besar antara lain menyerap air selama proses pencernaan, menghasilkan vitamin K dan vitamin H ( Biotin ), membentuk massa feses / kotoran, dan mendorong sisa makanan hasil pencernaan keluar dari tubuh. Dengan berpuasa usus besar lebih santai dan beristirahat sejenak.

Stres Berkurang : Puasa memberikan dampak mengurangi stres dan depresi.

Redakan Nyeri : Puasa bisa membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita radang sendi.

Sehatkan Jantung : Peneliti jantung menyimpulkan puasa tidak hanya menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes, tapi juga memberikan perubahan pada kadar kolesterol. Puasa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik ( HDL ), sehingga mengurangi faktor risiko dari penyakit jantung koroner.
SUMBER
http://suhuair.blogspot.co.id/2016/1...uasa-enam.html
ISWANDA ISWANDA is offline
City Level

Post: 102
 
Reputasi: 4

       
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 1
libby
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Keutamaan Puasa di Bulan Muharram ishimaru Islam 2
Da'wah : Keutamaan Puasa Ramadhan Shela Islam 2
Hadits-Hadits Palsu Tentang Keutamaan Shalat Dan Puasa Di Bulan Rajab Megha Islam 1
Bayar Puasa Ramadhan Dulu Atau Puasa Sunah Syawal ? T-Rex Islam 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.