Demo FPI

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
Polri Imbau Massa FPI Beraksi dengan Damai dan Tak Anarkis

Massa dari Front Pembela Islam (FPI) akan menggelar unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta dan Bareskrim Mabes Polri hari ini. Polri mengimbau massa untuk beraksi dengan damai dan tidak anarkis.

"Terkait adanya ajakan untuk unjuk rasa hari ini ke kantor Bareskrim dan Balai Kota, diimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan unjuk rasa yang mengarah kepada anarkis," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar kepada detikcom, Jumat (14/10/2016).

Boy meminta masyarakat yang berunjuk rasa untuk menyampaikan pendapat dengan damai, serta tidak mengganggu ketertiban umum dan hak-hak masyarakat lainnya. Apa lagi unjuk rasa dilaksanakan di ruang publik.

"Petugas akan mengedepankan upaya persuasif dalam mengawal unjuk rasa. Kepada mereka yang mengarah tindakan anarkis, petugas akan bertindak tegas dan terukur," urainya.

Sebelumnya, beredar pesan berantai yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk ikut dalam unjuk rasa soal menolak penistaan Al-Quran. Dalam ajakan itu, massa akan salat Jumat di Masjid Istiqlal lalu bergerak ke Bareskrim dan Balai Kota DKI.

sumber
 
Di Tengah Lautan Massa Demo, Amien Rais: Jokowi Jangan Lindungi Ahok

e6b70191-b5fb-4d6a-8b8e-8c4ba892b192.jpg

Eks Ketua MPR Amien Rais muncul di tengah demonstran anti Ahok yang bergerak dari Istiqlal ke Balai Kota DKI Jakarta. Amien Rais mengimbau Presiden Jokowi jangan melindungi Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam dugaan kasus penistaan agama.

"Ya saya suka jalan long march. Kalau dari Muhammadiyah sudah selesai semua mendukung untuk kasut ini diusut tuntas," kata Amien Rais kepada wartawan di halaman Stasiun Gambir, Jumat (14/10/2016).

Amien Rais memang mendorong dugaan kasus penistaan Agama oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang tengah diproses di Bareskrim Polri diusut tuntas. Kasus ini terkait ucapan Ahok mengenai surat Al Maidah ayat 51.

"Sebagai profesor UGM, sebagai mubaligh, saya imbau Pak Jokowi jangan lindungi Pak Ahok itu. Ini masalah penghinaan agama, masak katanya Al Maidah digunakan untuk membohongi. Kalau saya jadi Jokowi saya minta Bareskrim mengusut Ahok," kata Amien.

Saat ini demonstran sudah bergeser ke Balai Kota DKI Jakarta di Jl Medan Merdeka Selatan. Perwakilan massa juga sudah ditemui Kabareskrim Komjen Ari Dono di kantor sementara Bareskrim di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ari kemudian ikut turun ke jalan dan naik ke mobil komando yang berada di Jl Medan Merdeka Timur. "Kami akan memeriksa Pak Ahok," ujar Ari Dono menggunakan pengeras suara.

 
Begini Penampakan Massa Pendemo Ahok yang Putihkan Jl Medan Merdeka Timur

aaa05c6d-5104-46e2-be7d-075c032e6db3.jpg

Massa 'Aksi Bela Islam' menggelar aksi besar-besaran di depan kantor sementara Bareskrim dan Balaikota DKI. Lautan manusia terhampar di Jl Medan Merdeka Timur.

23edf163-ec6b-4cc2-8a88-63bc119e2b46_169.jpg

Massa memulai aksi pukul 12.40 WIB, Jumat (14/10/2016) dari Masjid Istiqlal. Mereka kemudian bergerak ke Jl Medan Merdeka Timur via Jl Pejambon.

Jl Medan Merdeka Timur di kedua arah ketika massa melintas. Sebagian besar massa berhenti di depan kantor Bareskrim sementara di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), ada juga yang langsung lanjut ke depan Balaikota DKI.

3a152dc3-ce2b-43c6-9a27-5adae15a1dbd_169.jpg

Perwakilan massa bertemu dengan Kabareskrim Komjen Ari Dono. Usai pertemuan, Ari Dono ikut turun ke jalan dan naik ke mobil komando.

"Kami akan memeriksa Pak Ahok," ujar Ari Dono menggunakan pengeras suara.

be00de65-1705-4c7b-8fb8-661fb1f8f4d2_169.jpg

Ari mengatakan, sebelum adanya aksi massa, Bareskrim juga sudah melakukan pemeriksaan terkait kasus ini. Saksi-saksi lain sudah diperiksa.

"Kami sudah memeriksa saksi yang ada sebelum bapak ibu datang ke tempat kami," kata Ari.

92f32904-3b1f-480d-a5b5-badbe9cb4884_169.jpg

Selanjutnya, Ari turun dari mobil komando. Massa bersiap untuk bergabung dengan massa lainnya yang sudah berada di depan Balaikota DKI.


sumber
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top