Ikan Hias Air Tawar yang Mudah dipelihara

bidarawati

New member
Untuk kamu pecinta ketenangan yang mau punya hewan kesayangan tapi tidak bising serta tidak mencemari seisi rumah, maka ikan hias air tawar bisa jadi alternatif.
Keunggulan ikan hias jika dibandingkan dengan peliharaan lainnya adalah memiliki corak yang beragam dan mempesona dan mempunyai bentuk yang unik, jadi disamping sebagai peliharaan, ikan pun cocok juga difungsikan sebagai hiasan di dalam ruangan.
Disamping juga, ternyata memelihara ikan hias di rumah memiliki banyak manfaat lho.
Menurut penelitian, memelihara ikan hias sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita.

Sebab disetiap gerak-gerik ikan yang anggun pada akuarium acap kali membuat pikiran kita jadi lebih nyaman menenangkan jiwa serta menjadi pilihan alternatif untuk menghilangkan stress.
Sehingga nggak heran, kalau memelihara ikan hias di rumah dapat menurunkan tekanan darah( terlebih darah tinggi ), mendamaikan pikiran, menetralkan perasaan, memberi inspirasi dan ide, juga bagus untuk penderita Alzheimer.

Ada banyak jenis ikan hias di seluruh dunia. Mulai dari yang bentuk mempunyai bentuk imut sampai corak yang anggun.
Pada Segmen berikut ini, kami akan mengulas sebagian jenis ikan hias air tawar yang popular serya banyak diminati orang, baik karena coraknya yang mempesona ataupun bentuknya yang anggun.
1. Ikan Mas Koki
Ikan mas koki ini mempunyai banyak variasi, mulai dari jenis Ranchu, mata balon, mutiara, serta masih banyak lagi yang lainnya. Ikan ini mempunyai gerakannya unik sebab bentuk nya memang terlihat enggak proporsional jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

2. Koi

Ikan yang umum dipelihara di kolam taman, gaya berenang nya pelan dan luwes, ikan koi termahal acap kali diperlombakan dalam segi estetikanya, teknik penilaiannya umumnya dilihat dari warna dan proporsi tubuhnya.
3. Komet

Ikan ini memiliki gaya berenang yang gesit, ketika masih muda ekornya tidak terlalu lebar, tetapi setelah dewasa ekornya akan melebar dan membuatnya terlihat gemulai dipandang.

4. Discuss

Ikan berbentuk pipih ini mempunyai guratan yang indah di tubuhnya, discus umumnya di jual dengan diatas harga Rp 70.000 disesuaikan dengan warna dan ukurannya.

5. Cupang

Ikan cupang yaitu ikan asli Indonesia dan Asia Tenggara. Ikan cupang umumnya dijadikan sebagai ikan laga atau ikan hias. Ikan cupang hias dilihat berdasarkan bentuk sirip serta gradasi warna siripnya. Disamping itu, ikan indah ini termasuk jenis ikan yang lincah.

6. Black ghost

Blackghost merupakan ikan yang lahir di pedalaman sungai amazon dan termasuk ikan nocturnal. Bentuk blackghost yang menyerupai pisau memungkinkannya untuk melakukan manuver gerakan yang tidak bisa dilakukan ikan lain, misalnya naik turun.
1. Oscar
Oscar atau Ikan Oskar, adalah salah satu jenis ikan hias populer di Tanah Air. Kalau diperhatikan sih memang mirip ikan Gurame yang biasa kita konsumsi. Tapi ternyata beda kalau kamu liat dari sisi warna sisiknya yang pastinya lebih bagus Ikan Oskar dong.
Sama halnya dengan ikan hias lainnya. Ikan Oskar mempunyai beberapa varian seperti warna putih pucat dengan corak oranye, ada putih polos maupun malah albino, sampai Oskar Tiger juga ada, jadi corak sisiknya belang-belang seperti macan gitu.
2. Arwana
Ini nih satu diantara ikan high class dengan harga jutaan. Artinya, memelihara Ikan Arwana berarti harus bisa menghitung berapa banyak uang yang mesti di gelontorkan untuk menghidupinya.
Ikan super ini populer di kalangan pecinta ikan hias aquarium. Ya maklum, bentuknya yang eksotik dan kalem gitu. Namun sebenarnya, Arwana bisa menyergap mangsa dengan kekuatan gesit dan brutal loh. Tak perlu be harap ada ikan lain yang bisa pergi bebas ketika berada disekitar Ikan ini.
Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan termahal di dunia dan menemaptai posisi teratas

8. Flowerhorn atau ikan louhan
ikan Luo Han atau biasa diucap dengan Ikan Lohan ini yaitu Salah satu ikan hias populer di Asia, dimana sebagian orang percaya bahwa ikan ini dapat mendatangkan kekayaan kepada pemiliknya.

Ikan Lohan memiliki ragam warna yang indah. Dan seiring berjalannya waktu, pola warnanya akan berubah menjadi semakin bagus.

Ciri khas lainnya banyak orang ketahui tentang ikan ini, yaitu jenongan yang ada di kepalanya.
Selain itu Ikan Luo Han juga memiliki ragam jenis. Diantaranya Luo Han Cencu atau Zenzhu, Kamfa atau Golden Flower, Golden Red, Louhan Super Red Texas (SRT), Rainbow King, Super Red Synspillum (SRS), Louhan Strom.
9. Guppy
Ikan Hias Guppy juga sangat populer di berbagai negara. Ikan ini biasa disebut sebagai "Sejuta Ikan" sebab tingkat perkembang biaknya begitu subur.

Habitat Guppy ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah. Yang perlu kamu tau lagi nih, mereka merupakan varian ikan hias kecil dan cantik yang begitu menghibur ketika ditontonan.

11. Palmas
Ikan Palmas atau Bichir ini adalah satu diantara jenis ikan pemangsa. Namun memiliki tubuh yang eksotis, bila dilihat ikan ini seperti ikan purba. Itu alasan mengapa banyak dari penghobi mengoleksi Ikan Palmas sebagai ikan hias.
Kalau diletakkan ke dalam aquarium, mereka akan memilih untuk beraktivitas di dasar aquarium.
Ciri khas dari ikan ini yaitu dapat berjalan dengan bantuan siripnya. Selain itu, ikan ini memiliki banyak varian, di antaranya yaitu Barred bichir (Polypterus delhezi), Saddled Bichir (Polypterus endlicheri), Ornate bichir (Polypterus ornatipinnis), Gray bichir (Polypterus senegalus), dan lainnya.

12. Aligator
Ikan Alligator Gar merupakan salah satu jenis ikan buaya memiliki ukuran jumbo, yaitu mampu mencapai panjang 300 cm.
Selain bentuknya yang jumbo ikan Alligator Gar juga mempunyai berat yang bisa dikatakan berat yakni 140 kg. Sehingga membuat ikan ini menjadi salah satu jenis ikan terbesar di dunia.
Bila diperhatikan berdasarkan penemuan fosilnya, ikan Alligator Gar ini awalnya merupakan ikan yang umum tersebar di 4 benua, yaitu Amerika Tengah, Amerika Utara, Eropa, dan Asia.
13. Ikan nemo atau Ikan giru
Ikan Giru atau ikan clownfish adalah salah satu spesies ikan hias air laut yang termasuk famili Pomacentridae dan merupakan subfamili ikan giru atau Amphiprioninae.
Dari famili Pomacentridae, ikan giru dipisah kembali menjadi dua genus, yaitu Premnas dan Amphiprion.
Ikan ini memiliki ukuran maksimal panjang 17 cm. Dengan warna yang indah. Tapi yang paling banyak dipasaran adalah bercorak merah dan putih.
 
11. Palmas
Ikan Palmas atau Bichir ini adalah satu diantara jenis ikan pemangsa. Namun memiliki tubuh yang eksotis, bila dilihat ikan ini seperti ikan purba. Itu alasan mengapa banyak dari penghobi mengoleksi Ikan Palmas sebagai ikan hias.
Kalau diletakkan ke dalam aquarium, mereka akan memilih untuk beraktivitas di dasar aquarium.
Ciri khas dari ikan ini yaitu dapat berjalan dengan bantuan siripnya. Selain itu, ikan ini memiliki banyak varian, di antaranya yaitu Barred bichir (Polypterus delhezi), Saddled Bichir (Polypterus endlicheri), Ornate bichir (Polypterus ornatipinnis), Gray bichir (Polypterus senegalus), dan lainnya.


ikan palpas yang ak suka itu yang jenis batik

ornatipinnis02.jpg
 
Back
Top