Payudara Kecil Tidak Berarti Jumlah ASI Sedikit

Prasetyo1453

New member
Calon ibu yang sedang mengandung untuk kali pertamanya mungkin pernah memikirkan apakah ASI akan cepat keluar setelah persalinan. Atau apakah ASI yang dihasilkan akan cukup dan dapat mengalir lancar. Dan untuk bunda dengan payudara kecil, kekhawatiran mungkin bertambah dengan beberapa pertanyaan apakah ukuran buah dada tersebut menjadikan produksi ASI menurun. Untungnya, hal tersebut tidak perlu menjadi bahan pikiran.

Ukuran payudara kecil atau besar ternyata tidak ada kaitannya dengan jumlah ASI yang diproduksi setelah bunda melahirkan. Mengapa? Ukuran buah dada wanita yang tidak hamil biasanya ditentukan oleh berapa banyak lemak yang ada. Dan lemak ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan kuantitas ASI.

Jumlah ASI yang bunda produksi biasanya ditentukan oleh seberapa sering bayi menyusu. Semakin sering si kecil menyusu, semakin banyak pula ASI yang dihasilkan oleh buah dada ibu.

Ketika mengandung, hormon-hormon kehamilan membuat saluran ASI menjadi semakin banyak dan membesar. Hormon tersebut pula yang merangsang kelenjar susu di buah dada untuk menghasilkan ASI dan mengirimnya ke saluran ASI yang berada di bawah puting dan daerah gelap di sekitar putting.

Dan tahukah ibu apabila buah dada akan membesar dan menjadi lebih berat selama kehamilan? Hal tersebut biasanya terjadi memasuki usia kandungan delapan minggu. Dan bentuk payudara yang bertambah besar itu akan sangat terlihat seiring dengan bertambah dekatnya waktu persalinan. Jika pada saat ini buah dada tetap terlihat kecil, jangan bersedih hati. Bunda bisa tetap menyusui Si Kecil, sama seperti ibu lainnya.

Namun, apabila buah dada bunda tidak membesar dan berubah selama kehamilan, serta tetap terasa lembut pasca persalinan, itu mungkin disebabkan oleh tidak cukup tersedianya kelenjar susu penghasil ASI di payudara. Bunda dapat mengunjungi dokter untuk meminta petunjuk dan solusi untuk meningkatkan produksi ASI. Ibu juga bisa mencoba menggunakan ASI Booster Tea, pelancar ASI herbal.

Banyak hal yang memengaruhi jumlah produksi ASI selama bunda menyusui. Mulai dari kelahiran prematur, bunda yang kegemukan, bunda memiliki tekanan darah tinggi selama hamil, merokok, hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu. Pernah menjalani operasi buah dada, terutama operasi pengecilan buah dada, juga dapat menjadi penentu seberapa banyak ASI yang akan dihasilkan nantinya.

Meskipun memiliki buah dada kecil, bunda juga dapat menyusui buah hati dengan normal. Tetapi, jika ada masalah selama menyusui, segera kunjungi dokter ibu untuk mendapatkan solusi dan saran.
 
Back
Top