Pengertian dan Contoh Resensi Novel Fiksi

deweezz

New member
Contoh Resensi Novel – Apa sih resensi buku itu? Bagi seorang pengkaji buku, resensi merupakan hal yang telah sering dilakukan dalam mempertimbangkan dan membicarakan setiap kali ada rilisan buku terbaru.

contoh-resensi-novel-fiksi-lengkap-3.jpg


Pada dasarnya meresensi buku ini yakni suatu aktivitas penilaian tentang sebuah tulisan milik orang lain. Kata resensi sendiri berusul dari bahasa Belanda, yaitu resentie, yang memiliki arti mengulas kembali. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi memiliki arti pertimbangan atau pembicaraan tentang ulasan buku, film, atau drama.

Diterangkan bahwa karya seni yang dapat diresensi yakni berupa buku, seni film, dan drama. Namun, di artikel ini kami akan mengulas cara membuat resensi buku novel fiksi dengan contohnya.

TUJUAN RESENSI
Untuk kamu yang hendak meresensi buku, perlu diketahui terlebih dahulu! apa tujuan meresensi buku itu? Maksud dari meresensi buku adalah kamu memberikan evaluasi terhadap tulisan sebuah buku, lalu diulas menjadi bahasan singkat dan jelas.

Kemudian poin pokok dari tujuan tersebut adalah kamu memberikan informasi buku kepada pembaca dan masyarakat luas tentang kelebihan dan kekurangannya. Lalu memberikan pertimbangan apakah buku tersebut memiliki nilai manfaat lebih atau tidakkah untuk dibaca.

MANFAAT RESENSI
1. Ladang penghasil uang
Kamu dapat mengirimkan hasil resensi ke penerbit media jurnal untuk disertakan dalam koran atau majalah. Sekiranya hasil resensi mu diterima oleh penerbit media jurnal dan akan dimuat dalam koran atau majalah, maka kamu bisa menerima uang dari penerbit buku yang kamu resensi.

2. Menggali dan Meningkatkan Kreativitas
Buat kamu yang memiliki bakat terpendam dalam menulis, sebaiknya gali kemampuan kamu dan terus diasah. Karena itu merupakan sebuah potensi yang bisa menumbuhkan kreativitas mu.

3. Sebagai promosi sebuah buku
Setiap buku yang diresensi adalah buku terbitan baru yang belum pernah diresensi. Nah, resensi ini salah satu media untuk mempromosikan buku yang baru terbit tersebut.

4. Bahan Rekomendasi
Memberikan bayangan dan rekomendasi kepada para pembaca mengenai sebuah karya seseorang.

UNSUR-UNSUR RESENSI
Perihal yang perlu diperhatikan dalam meresensi buku adalah mengenal segala unsur yang ada di dalamnya, karena untuk mempermudah kamu dalam teknis meresensi buku. Unsur sendiri terbagi menjadi dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik.

Intrinsik
a. Tokoh
b. Tema
c. Latar
d. Alur
e. Gaya bahasa
f. Sudut pandang
g. Amanat

Ekstrinsik
1. Latar belakang pengarang atau penulis
2. Kondisi sosialita
3. Nilai kandungan, seperti moral, budaya, agama, estetika.
 
Back
Top