Pengertian Olahraga Panah

creatixart

New member
Sebagaimana yang telah kita ketahui, olahraga panahan adalah salah satu olahraga yang simple, namun cukup rumit pada penerapan teknisnya.

Untuk peralatan utamanya, olahraga panahan hanya membutuhkan 2 perlengkapan saja, yaitu panah dan arrow-nya.

Dalam teknik memanah, agar bisa akurat mengenai papan sasaran yang dituju, semua kandidat peserta panahan harus bisa mengukur seberapa derajat arah sudut antar pemanah dan objeknya, belum lagi memperkirakan darimana sinar matahari dating dan kecepatan anginnya.

Tujuannya adalah, para pemanah membuktikan semampu mungkin untuk meneganai target sasaran lingkaran, jika permukaan papan sasaran terdapat tanda bekas anak panah yang dilepaskan.

Situasi lainnya, bisa memperolah nilai kalau sekiranya anak panah dapat diidentifikasi mengenai papan target .

Kalau sekiranya terdapat sebuah anak panah yang menyentuh, atau mengenai sasaran anak panah lainnya (sampingan), maka skor nya akan memperoleh nilai yang sama.

Untuk anak panah yang letaknya menyilang dari anak panah yang lain, maka poin yang ditentukan tetap berdasarkan hasil akhir perolehan skor sesuai dengan letak tancapannya di papan target.

Sedangkan untuk anak panah yang mengenai papan target sesudah memantul dengan tanah, maka tak akan memperoleh nilai untuk perolehan skor.

Para peserta pemanah tak diizinkan untuk menyentuh papan sasaran yang sudah ditembakkan, sebelum hasil penentuannya cek oleh panitianya.

Setelah anak panah dilepaskan dari papan sasaran, maka seluruh lubang yang sudah terkena tembakan, wajib diberi tanda.

Papan Target Panahan

Untuk papan sasaran, targetnya bisa berupa papan yang telah dilapiskan rajutan tali jerami, ataupun bahan lainnya yang dapat digunakan.

Cara membuat target panahannya cukup mudah kok.

Anda menyiapkan dan mendesain foam khusus yang dipakai sebagai papan sasaran, sisanya tinggal menambahkan kertas tambahan sebagai permukaan dari papan target, atau bisa juga menggunakan kain dan bahan lainnya yang sesuai.

- Untuk bentuknya, papan target terbagi menjadi 2 standar bentuk lingkaran, yang pertama ditentukan oleh organisasi panahan Internasional, yaitu FITA.

Ukuran target panahan berdiameter 122 cm dan 80 cm, yang mana semua lingkaran taregtnya telah terbagi menjadi 10 zona skoring dengan 1 buah target pusat.

- Untuk besar ukuran papan sasaran memanah yang memiliki diameter 122 sentimeter, lebar skoring zone-nya 6 sentimeter.

Sedangkan untuk yang berdiameter 80 cm, lebar skoring zone-nya memiliki ukuran 4 cm, dan secara keseluruhannya, sasaran tersebut dibagi ke dalam 5 zone warna yang terpusat.

Kompetisi Olahraga Memanah

Sisterm perputaran perorangan dari setiap turnamen yang dilakukan FITA, berlangsung setiap 1 atau 2 hari, yang mana turnamennya terdiri dari 144 anak panah, dengan 1x jeda untuk setiap 36 anak panahnya.
Kategirisasi turnamen akan dilakukan dari rentang jarak yang terjauh.

Jika semisalnya turnamen berlangsung lebih dari 2 hari, maka jarak tembak panahan yang Paling jauh, yang akan dimulai di hari pertama.

Setiap turnamennya akan diawasi oleh pengawalan 6 orang panitia kapten lapangan.

Semua kontestan yang mengikuti lomba, mereka akan memulai perlombaannya di hari pertama, dengan enam anak panah pemanasan sebagai bidikan percobaan, tanpa diberi angka sebagai poinnya.

Nah, baru setelah tembakan selanjutnya, anak panah baru akan dihitung untuk pemasukan nilai pada poin turnamen.

Pakaian yang Digunakan Untuk Bermain Panah

Biasanya, pakaian yang dipakai adalah pakaian dengan jenis bahan yang aerodinamis, contohnya seperti kostum yang dipakai untuk olahraga pada umumnya.

Disamping itu, tabung yang dipakai untuk tempat menyimpan anak panahnya pun wajib terikat ketat pada bagian pinggang si pemanah, tujuannya agar anak panah tidak menyentuh tali busur yang digunakan.

Seluruh partisipan lomba, semuanya wajib mengenakan sebuah nomor yang sudah ditentukan pada punggungnya.

Alasannya adalah, untuk membantu mengarahkan sasaran target anak panah, pada sebuah titik.

Disamping itu, agar bisa dilihat juga menggunakan teropong.

Karena, jarak antara sang pemanah dan targetnya, cukup jauh apabila hanya dilihat menggunakan mata normal. jual panah.

Istilah-istilah Dalam Cabang Olahraga Memanah

Dalam olagraga panahan, ada juga istilah-istilah yang digunakan untuk memudahkan komunikasi antar sang penembak, dan pembimbingnya.

Sebab kalau tidak, Anda bisa bayangkan gimana mungkin si pemanah bisa berkomunikasi dengan mentornya, sedangkan ia harus terfokus kepada papan sasaran yang hendak di tembakkan.

Nah, sebab itulah para pemanah membuat istilah-istilah yang dipakai dalam permainan panahan, berikut istilahnya:

1. Stance-- Stand
1.1. Square Stance
1.2 Open stance
1.3 Close Stance
1.4 Oblique Stance
2. Set Up-- Bersiap-siap
3. Drawing-- Posisi yang dipakai untuk menarik tali
4. Anchor-- Bersiap ancang-ancang
5. Holding-- Sikap menahan sebelum melepaskan anak panah
6. Aiming-- Membidik target
7. Back tension-- Persiapan untuk rilis
8. Release-- Rilis
9. Follow through-- Gerakan selanjutnya setelah rilis (Peregangan).

Yap, segampang itu kok cara-caranya, Anda juga bisa kok melakukannya di rumah masing-masing. Mudah bukan?
 
Apabila seseorang pada sejak lahir itu tangannya gemetaran terus jika memegang sesuatu. Apakah orang itu sesuai untuk memanah?
 
Back
Top