Berita MILITER Disini

langit_byru

New member
[MILITER] [Foto] Desain Lundin X18 Tank Boat

Kerjasama bersama PT Pindad Beredar penampakan desain kapal Lundin X18 Tank Boat bersama BUMNIS Pindad di forum militer. Kapal yang dirancang untuk pertempuran pantai atau sungai ini akan menggunakan kubah meriam kaliber 90/105 mm.</p>Desain kapal ini direncanakan akan tampil pada pameran alutsista Indo Defence Expo 2016 yang berlangsung di Jakarta, bulan november mendatang.
Melihat kubah meriam tank boat ini, kemungkinan akan digunakan pula pada tank medium rancangan PT Pindad bersama Industri militer Turki.

Foto dibawah diposkan mandala & pr1v4t33r@def,pk.









Garuda Militer












★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★


source
 
Last edited by a moderator:
[MILITER] Prajurit TNI di Lebanon Terima Brevet Penghargaan

---- source: http://garudamiliter.com/970/prajurit-tni-di-lebanon-terima-brevet-penghargaan/ -------


Dari TanzaniaPrajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Garuda Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) 2016 mendapatkan Brevet serta Piagam Penghargaan dari Negara Tanzania dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di Lapangan Camp Soedirman, Lebanon, Senin (24/10).</p>Upacara penyemetan tersebut dimulai sejak pukul 10.00 pagi waktu Lebanon yang diawali dengan penyematan Brevet dan pemberian Piagam Penghargaan oleh Komandan Kontingen Tanzania Letnan Kolonel Shija Sahani Lupi kepada Komandan Kontingen Garuda Unifil Kolonel Kav Jala Argananto dan para Komandan Satgas Garuda secara bergantian. Selanjutnya Kolonel Kav Jala Argananto menyematkan brevet Garuda kepada Komandan Kontingen Tanzania serta beberapa personel perwakilannya.
Komandan Kontingen Tanzania menyampaikan para personelnya sangat bangga dan berterimakasih kepada personel Garuda TNI atas penghargaan tersebut. Selain itu, penyematan Brevet Garuda juga dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik.
Sementara itu, Komandan Kontingen Garuda Unifil Kolonel Kav Jala Argananto dalam mengatakan, Brevet Garuda merupakan simbol semangat, keberanian, pengabdian tugas dan tanggung jawab dalam menyelesaikan operasi perdamaian di seluruh dunia.

Dansatgas juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kontingen Tanzania atas penghargaan yang diberikan kepada personel Garuda Unifil, dengan harapan semoga bisa lebih meningkatkan hubungan kerjasama dengan kontingen Garuda.


TNI



Anoa+RCWS+Garuda+Militer.gif






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] DMG Supplies Two Sukhoi Engine for Indonesia

---- source: http://garudamiliter.com/973/dmg-supplies-two-sukhoi-engine-for-indonesia/ -------


DMG Technology Holdings signed an Agreement with Ministry of Defence of the Republic of Indonesia
Su-30 of the Indonesian Air Force [Kabar Militer]</p>DMG Technology Holdings is the rapidly growing company and has signed an exclusive contracts with Indonesian Air Force for equipment acquisition.
The contract covers equipment supply for twin-engine supermaneuverable fighter aircrafts SU-27 and SU-30 designed by Sukhoi company JSC. The first part of the agreement will be closed on October of 2016 and will continue in 2017.
DMG Technology Holdings is currently servicing Sukhoi SU-27/30, MiG-29, Mil Mi-8/17/171 type aircrafts. As of January 2015 DMG TH will commence spare parts services for Mil Mi helicopters family, and start preparations for maintenance work on Anton AN-32.

By increasing scope and quality of services provided, DMG Technology Holdings has created the strong maintenance base and has won the trust of clients from South America and Asia Pacific. We are proud that Indonesian Air Force has chosen DMG group for their aircraft maintenance.


DMG










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] [Dunia] Belanja Pertahanan ASEAN Meningkat

---- source: http://garudamiliter.com/975/dunia-belanja-pertahanan-asean-meningkat/ -------


Ilustrasi </p>Hal ini memperjelas bahwa Asia Tenggara memperluas pengaruhnya di industri pertahanan global. Data terbaru menunjukkan bahwa tren peningkatan belanja militer, menunjukkan keinginan untuk memperkuat pertahanan regional, yang mengarah ke sejumlah peluang perdagangan internasional.
Pada tahun 2015 anggota ASEAN menerima impor peralatan pertahanan utama – termasuk pesawat, mesin, radar dan senjata – dari berbagai negara seperti Australia, Brazil, Cina, Perancis, Italia, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat. IHS Global Defence Trade Report 2016 juga menyatakan bahwa impor pertahanan ASEAN meningkat 71% antara tahun 2009 dan 2016.
Secara keseluruhan akan terus menarik perdagangan pertahanan internasional, AS dan China sudah menargetkan ASEAN menjadi potensi pasar masa depan.
Laporan ini juga menyoroti Indonesia dan Vietnam sebagai dua dari lima peluang pengimpor utama alutsista global pada dekade mendatang.
Sebagai ekonomi terbesar dari ASEAN, dengan $ 870 miliar dalam PDB, Indonesia diproyeksikan menjadi ekonomi utama dunia pada tahun 2035, setelah mengalami perkembangan ekonomi yang paling pesat di Asia Tenggara, menurut Pasar Pertahanan AS Report 2016.
Dengan pengeluaran pertahanan masa depan negara, menempatkan Jakarta berpotensi sebagai pembeli alat pertahanan terbesar di Asia Tenggara.
Bahkan menurut database transfer senjata SIPRI tahun 2015, anggaran belanja militer Indonesia meningkat dari $ 6.930 miliar sampai $ 8.01 miliar pada periode tahun 2014-2015. Pada tahun 2016, anggaran pertahanan naik menjadi $ 8.28 miliar dan pemerintah Indonesia setuju untuk mengalokasikan dana minimal 1% dari PDB untuk alat pertahanan di tahun-tahun mendatang. Jakarta bertekad untuk memodernisasi persenjataan yang usang dalam beberapa tahun mendatang.
Sebaliknya dengan Malaysia, telah mengumumkan penurunan 13% dalam anggaran pertahanan untuk periode tahun 2017.
Brunei juga mengalami penurunan $ 122 juta pada tahun 2014-2015. Namun, pada bulan Maret 2015 Dewan Legislatif Brunei mengumumkan bahwa anggaran pertahanan akan tumbuh hampir 5% di 2016-17 menjadi $ 408 juta, atau sebesar 2,5% dari PDB.
Kecuali Malaysia, angka-angka pengeluaran belanja alutsista menunjukkan tren meningkat di seluruh kawasan ASEAN, mungkin dipengaruhi oleh ketegangan baru di Laut Cina Selatan.
Kehadiran ASEAN di pasar pertahanan diperkuat oleh perusahaan terkemuka dengan menempatkan perwakilannya di wilayah tersebut. Satu contoh, Singapura menjadi tuan rumah bagi fasilitas tiga produsen mesin utama – GE, Pratt & Whitney dan Rolls Royce – yang telah membantu negara itu menjadi eksportir alutsista terbesar ASEAN pada tahun 2015, terutama ke Amerika Serikat.
Selanjutnya, Singapura memberikan kontribusi untuk perdagangan dengan ASEAN, Singapore Technologies menawarkan persaingan yang signifikan kepada perusahaan-perusahaan internasional.
Data SIPRI menunjukkan bahwa meskipun Singapura memiliki pengeluaran tertinggi militer dari semua anggota ASEAN pada tahun 2015 ($ 10.2 miliar), dan juga menjadi salah satu importir senjata terendah. Seperti dengan mayoritas negara-negara anggota ASEAN, tingkat pengeluaran pertahanan Singapura juga diharapkan meningkat selama lima tahun ke depan.

Dengan ASEAN mengalami pertumbuhan yang stabil dalam pengeluaran militer sejak 2010, berdasarkan angka-angka dan laporan 2015-16, tampaknya bahwa pertumbuhan ini akan terus berlanjut. [shephardmedia]


Garuda Militer




1028%2BSSV%2B14022%2BGM%2B01.png






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] Industri Militer Rusia Akan Hadir di Jakarta

---- source: http://garudamiliter.com/977/industri-militer-rusia-akan-hadir-di-jakarta/ -------


Indo Defence 2016 Su 35 Rusia [© Sputnik/ Maxim Blinov]</p>Selusin perusahaan militer Rusia akan menghadiri pameran internasional Indo Defence di ibukota Indonesia pada tanggal 2 dan 5 November.
Dalam sebuah pernyataan kantor militer Rusia (FSVTS) menyatakan bahwa puluhan contoh peralatan militer termasuk perusahaan eksportir terbesar Rusia, Rosoboronexport dan Rostec akan ditawarkan di Jakarta.
Industri militer Rusia akan menawarkan berbagai macam alutsista, diantaranya pesawat tempur Su-35, helikopter Ka-52, tank T-90S, tank tempur BMP-3M, rudal Buk-M2E, kapal selam diesel, kapal patroli, dengan total 405 sampel.
Delegasi Rusia, wakil kepala FSVTS, Mikhail Petujov akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat dari Kementerian Pertahanan Indonesia dan pasukan keamanan.

Direncanakan Presiden Indonesia Joko Widodo akan meresmikan acara tersebut yang diadakan sejak tahun 2004. [sputniknews]


Garuda Militer










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] Indonesian Marines Build Up

---- source: http://garudamiliter.com/979/indonesian-marines-build-up/ -------


New tropicalised variants of the BTR-4M 8×8 armoured vehicles are due to be received this year by the Indonesian Marine Corp (Korps Marinir) from Ukraine. BMP3F IFV Marinir [Budi A]</p>This will add to the formation’s amphibious vehicles such as the 54 BMP-3F IFVs in its inventory and other armoured units.
In an archipelagic nation of 13,000 plus islands, the marine corps plays an important role in defending Indonesia. Under navy authority, the corps is composed of two groups (three battalions each) and one independent brigade totalling 20,000 personnel.
Some of the new BTR-4M vehicles will feature a Parus remote-controlled overhead weapon station equipped with a 30mm ZTM-1 cannon, 30mm automatic grenade launcher and 7.62mm machine gun.
Other BTR-4Ms possess a simple turret mounting a 12.7mm machine gun. Indonesia’s order was for 55 amphibious vehicles, which will replace the elderly BTR-50 and supplement the BTR-80A, since most of the latter are used in Lebanon for peacekeeping.
Additionally, the marines conducted field tests of its new RM-70 Vampir MRL system on 10 June. Indonesian marines received eight new units from the Czech Republic midyear to equip two MRL batteries.
In June-July, marine personnel received training on this new equipment that fires 122mm rockets. The RM-70 Vampir is an upgrade of the standard RM-70, with modernisation work conducted by Czech company Excalibur Army.
The rocket launcher is mounted on a Tatra T 815-7 8×8 chassis. Operated by a four-man crew, the launchers are interconnected with a digital fire control system. Vehicles are ready to fire within 2.5 minutes of arriving at a firing point, and the ready-to-fire pod of 40 rockets can be fired singly or in salvoes. The truck also carries a second rack of 40 rockets that can be manually reloaded within a minute.
Indonesia is producing R-HAN 122B rockets locally, with successful testing of an improved version occurring in August 2015. This rocket type was developed by a consortium from Dahana, Dirgantara and Pindad, as well as various government agencies.
The R-HAN 122B is 2.81m long, powered by a hydroxylammonium nitrate rocket motor with a burn time of three seconds. This gives a 30.5km range for the rocket, which has a 15kg warhead.
Along with the MRLs, Indonesia received one battalion command vehicle, two ammunition resupply vehicles, a recovery vehicle and fuel tanker. Also part of the contract were two Alligator 4×4 armoured vehicles and a Tatrapan T 815 6×6 APC from Slovak manufacturer Kerametal. Indonesia obtained nine second-hand, older-generation RM-70s from the Czech Republic in 2003, so the military is already familiar with the system.
The Indonesian Marine Corps is also inducting a new air defence system from China. The single system purchased from Norinco includes four Type 90 twin 35mm towed antiaircraft guns, an AF902 air defence fire control radar and four mobile power supply units.

The first test-firing of the system against UAVs occurred on 12 August after delivery occurred in July. Further orders could follow.


Shephardmedia










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] [Foto] Cope West 17 di Manado

---- source: http://garudamiliter.com/981/foto-cope-west-17-di-manado/ -------


Cope West 17 merupakan latihan pesawat tempur pertama dalam 19 tahun yang melibatkan Korps Marinir AS dan TNI AU. Latihan bilateral pesawat tempur antara Korps Marinir AS dan TNI AU dirancang untuk meningkatkan kesiapan interoperabilitas gabungan antara kedua negara.</p>Latihan ini berencana untuk fokus pada manuver tempur dasar, perang anti-udara dan pertahanan udara aktif bersama untuk meningkatkan kesiapan, interoperabilitas, pengetahuan dan kemitraan antara AS dan Indonesia.

Latihan bersama ini mempersiapkan Korps Marinir AS dan Angkatan Udara Indonesia untuk bekerja sama dalam menjaga daerah Indo-Asia-Pasifik yang damai. [Dvidshub]


Dua pesawat Korps Marinir AS F / A-18D Hornets tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia, dalam persiapan latihan Cope West 17, Oktober 27, 2016. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]

Korps Marinir AS Letnan Kolonel Stephen N. McClune dan Mayor. Daniel P. Knutson, menunggu untuk melucuti senjata saat tiba Bandara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia, dalam persiapan latihan Cope West 17, 27 Oktober 2016. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]

Sgt. Matthew Dailey dan Sgt. Zachary Wilde tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]

Korps Marinir AS Letnan Kolonel Stephen N. McClune, dan Mayor. Daniel P. Knutson, saat tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]

Pesawat Korps Marinir F / A-18D Hornets tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia, dalam persiapan latihan Cope West 17, 27 Oktober 2016. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]

Pesawat pendukung pembawa logistik Korps Marinir tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Indonesia, dalam persiapan latihan Cope West 17, 27 Oktober 2016. [Photos by Lance Cpl. Aaron Henson]
Garuda Militer










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] [World] Thailand has Ordered 28 VT4 Chinese Tank

---- source: http://www.garudamiliter.com/983/world-thailand-has-ordered-28-vt4-chinese-tank/ -------


The First Deliveries are Expected in SeptemberVT4 MBT front view (tanknutdave)</p>The article «More Details of VT4 MBT in Thailand», published in the September issue of the journal «Kanwa Asian Defence», reported with reference to the publication source in the defense industry of Thailand, Thailand and China in April 2016 signed a contract for the purchase of the party tanks VT4 production by NORINCO Group. The first batch will consist of 28 tanks, the first delivery was scheduled for September 2016. The price of one tank was $ 5.3 million (against 4.8 million for the Ukrainian MBT “Oplot-T”).
Earlier, the Thai army has purchased 49 BM Ukrainian tanks, “Oplot-T”, but only 10 tanks were received within three years from the manufacturer, which was caused by the fighting in the east of Ukraine, which affected the manufacturer. The publication became known that the batteries for the “Oplot” made in Lugansk, and their manufacturing plant was damaged in the fighting. In addition, the financial position of the engine manufacturer 6TD-2 is also not brilliant. These “bulwark” factors could affect the delivery schedule.
According to the publication, a source from the company “Ukrspetsexport”, all the difficulties with supplies were temporary and were gradually overcome, especially associated with the assembly of the tanks on the SE “Malyshev Plant. ” Therefore, Ukraine continues to fight for the Pakistani order against VT4. NORINCO, in turn, plans to hold a series of tests VT4 in Pakistan, in the desert, and dusty.
VT4 MBT rear view (Army Recognition)
Thai authorities openly declared the cancellation of the contract with Ukraine. However, Kanwa opinion, the first batch of 28 tanks VT4 will serve as the replacement tank, not supplied by the Ukrainian side. Therefore, part of the funds originally intended for the “bulwark”, could be redistributed in favor of Chinese tanks. As long as the practice of exploiting VT4 in Pakistan show their bad characteristics or face the problems of delivery, “Oplot” prospects in Thailand did not look very optimistic.
According to the source, the first 28 VT4 will be used for pilot operation, if it proves successful, it will be followed by the purchase of the second batch. In addition, according to the source, Thailand wants to get technology VT4 and start their production in Thailand, but the list of interested technology was not called. It is possible that can be transferred to production technology and 125-mm tank ammunition. It remains unclear whether or not produced in Thailand and tracks for these tanks. Their release for the Thai company Chaiseri carries MVT2000. MVT2000 stand on the armies of Bangladesh, Myanmar and Morocco. The company also switched to Chinese shoe armored vehicles, are operated in the Thai army.

Kanwa it became known that on VT4 will be installed engine capacity 1300-1500 hp .. and number of tank technology used in the Chinese tank type of 99G. The tank 99G type installed diesel power of 1500 hp, and on VT4 power is likely to be reduced to 1300 hp.

BMPD










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] Indonesia withdraws helicopters from UN mission in Mali

---- source: http://garudamiliter.com/985/indonesia-withdraws-helicopters-from-un-mission-in-mali/ -------

One of the three Mi-17V-5 Indonesian Army Aviation helicopters that were deployed to Timbuktu as part of MINUSMA. [Erwan de Cherisey]</p>The UN Multidimensional Integrated Stabilisation Mission in Mali (MINUSMA) is facing a growing shortage of helicopters after the Indonesian Army Aviation withdrew its three Mi-17V-5s that were deployed in Timbuktu for 12 months.
An officer with the Indonesian Medium Utility Helicopter Unit (INDO MUHU) that was contributed to MINUSMA told IHS Jane’s that the helicopters were flown to Bamako on 21 October and disassembled so that they could be loaded on a chartered Antonov An-124-100 transport aircraft, which left for Indonesia on 26 October.
Lieutenant Colonel Zulfimar Caniago, the commanding officer of INDO MUHU, told IHS Jane’s in August that Indonesia would withdraw the unit without replacing it as the Mi-17V5s are needed back in Indonesia for domestic operations.
MINUSMA now has no military transport units in Timbuktu and will soon lose both the military helicopter transport and reconnaissance units it currently has in Gao as the Netherlands has confirmed that it needs to withdraw its CH-47D Chinooks and AH-64D Apaches in early 2017.

The UN is looking for countries willing to deploy helicopters to Mali and it is understood that talks are ongoing with Germany, which has already agreed to contribute up to 650 military personnel to MINUSMA. Colombian Army Aviation sources confirmed to IHS Jane’s in late September that their service has also been asked to contribute aircraft.


IHS Janes











★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] KAL Lemukutan Perkuat Lantamal Pontianak

---- source: http://garudamiliter.com/987/kal-lemukutan-perkuat-lantamal-pontianak/ -------


⚓️ Buatan Dalam Negeri

KAL (Kapal Angkatan Laut) Lemukutan dengan nomor lambung kapal II-12-15
</p>Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Syufenri, penyambutan kedatangan KAL Lemukutan yang merupakan buatan dalam negeri dalam memperkuar Lantamal Pontianak.
KAL (Kapal Angkatan Laut) Lemukutan dengan nomor lambung kapal II-12-15 merupakan buatan dalam negeri, Tesco Indomaritim dengan spesifikasi kapal, memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot) akan sangat mudah bergerak cepat mengejar dan menghalau musuh di sekitaran perairan wilayah operasi Lantamal XII Pontianak serta diawaki 15 personil ABK, kata Syufenri di Pontianak, Sabtu.


KAL sejenis sedang ujicoba di laut
Selanjutnya,dengan dimensi yang relatif kecil, kapal buatan dalam negeri tersebut, akan dapat bermanuver dengan lincah, bahkan di alur perairan yang sempit sehingga mudah melakukan pengejaran, pengintaian terhadap berbagai ancaman kejahatan dan pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut.
Selain itu, KAL Lemukutan juga diirancang untuk melaksanakan tugas operasi keamanan laut terbatas dan memperkuat pengamanan di sekitar perairan Kalimantan Barat.

Turut hadir dalam penyambutan Kal Lemukutan tersebut, Asops Danlantamal XII Kolonel Laut (P) Bambang Sugiarto, Dandenma Lantamal XII Mayor Laut (PM) Fatta Lubis serta Dansatkamla Lantamal XII Mayor Laut (P) M. Homsin.


⚓ antara




KRI%2B641%2BClurit%2BAJ34-2016%2B06a.jpg






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
Last edited by a moderator:
Kapal Selam Kedua Pesanan Kemhan Dari DSME Resmi Diluncurkan

SELAM-1.jpg

Meski belum diberi label nama, hari ini (24/10) pesanan kapal selam kedua Kementerian Pertahahan (Kemhan) RI dan TNI AL dari Changbogo Class resmi diluncurkan secara simbolis di Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Pulau Geoje, Korea Selatan. Peresmian ditandai secara simbolis dengan pemotongan tali oleh Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI Widodo didampingi Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Arie H. Sembiring.

Seperti dikutip dari situs Kemhan.go.id (24/10/2016), hadir dalam peresmian Senior Executive Vice President of DSME, Mr. Sung Geun Lee dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksamana Muda TNI Ir Leonardi serta undangan lainnya. Pemerintah Indonesia melalui Kemhan RI telah memesan tiga Kapal Selam Diesel Elektrik yaitu kelas DSME-209 untuk memperkuat Alutsista TNI AL kepada Korea Selatan melalui DSME disertai proses alih teknologi (ToT). Sebelumnya, kapal selam pertama telah diresmikan oleh Menhan RI Ryamizard Ryacudu pada tanggal 23 Maret 2016 di tempat yang sama. Seperti halnya tahapan di pengerjaan kapal selam perdana, setelah kapal dirampungkan (diresmikan), maka kapal selam selanjutnya memasuki masa uji coba, termasuk tahap sea trial.

14724601_1757306261200116_1436947903618546188_n.jpg

Dari ketiga kapal selam tersebut, kapal selam pertama dan kedua dibangun secara keseluruhan di DSME, sedangkan kapal selam ketiga akan dibangun di galangan kapal nasional yakni di PT PAL oleh para tenaga ahli Indonesia. Sekjen Kemhan RI berharap, pembangunan dua unit Kapal Selam Diesel Elektrik DSME-209 sudah dapat selesai dan diserahkan kepada TNI AL pada tahun 2017. Sedangkan kapal selam ketiga yang akan dibangun di PT PAL diharapkan dapat selesai dan diserahkan pada awal tahun 2019.

Kapal-Selam-Indonesia-Changbogo-DSME-209.jpg

Terkait proyek kerjasama pembangunan kapal selam ini, Sekjen Kemhan RI mengatakan bahwa melalui kerjasama ini Pemerintah RI ingin meletakan dasar kerjasama bilateral dengan negara sahabat dengan kerjasama di bidang industri pertahanan serta alih teknologi, sehingga pada akhirnya industri pertahanan dalam negeri dapat mandiri dalam membangun kapal selam di masa mendatang.

kri-403-e1462119881710.jpg

Nagapasa, bukan Nagabanda

Sebagaimana diinfokan di artikel terdahulu disebutkan kapal selam pertama pesanan TNI AL dari DSME adalah KRI Nagabanda 403. Informasi tersebut awalnya berasal dari Wikipedia.org dan situs military-today.com. Ditambah belum ada informasi resmi dan tanggapan dari pihak TNI AL, menjadikan kabar nama KRI Nagabanda 403 tersebar di banyak media. Namun belakangan telah diketahui dengan lebih jelas, bahwa nama yang benar adalah KRI Nagapasa 403. (Bayu Pamungkas)

sumber
 
Last edited:
[MILITER] [Foto] Persiapan Indo Defence 2016

---- source: http://garudamiliter.com/989/foto-persiapan-indo-defence-2016/ -------


⚓️ Penampakan Alutsista lokal Berikut dibawah foto kendaraan militer dan Tank boat yang akan tampil pada pameran ‘Indo Defence 2016’. Foto diposkan mandala & pr1v4t33r @def.pk



Penampilan Tank Boat X18 produksi bersama PT Lundin & Pindad.

Rantis Turangga (Kuda) hasil kreasi PT Tugas Anda. Rantis ini diberitakan menggunakan chassis dan mesin Ford F550.

Beberapa rantis PT SSE. Diantaranya P6 ATAV dan P4.
⚓ Garuda Militer




KRI%2B641%2BClurit%2BAJ34-2016%2B06a.jpg






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] [Foto] Perkembangan Rantis Komodo

---- source: http://www.garudamiliter.com/991/foto-perkembangan-rantis-komodo/ -------


Produksi PT PindadRantis Komodo APC produksi PINDAD telah dibuat beberapa variasi. Selain sebagai pengangkut pasukan (APC) juga ada varian lain, pengusung rudal manpad Mistral. Berikut penampakan produksi rantis Komodo di Bandung.

Nampak dalam foto diatas pembiakan spesies Komodo di Bandung. Selain TNI AD, nampak juga pesanan dari Polri. [pr1v4t33r]

Nomor 032 menandakan populasi rantis ini yang siap beredar atau dalam penyelesaian di Bandung. [pr1v4t33r]

Menurut situs Indomiliter, pada pameran Indo Defence 2016, akan tampil spesies baru produksi bersama PT PINDAD. Nantinya rantis Komodo akan mengusung radar Giraffe 1X. Radar produksi Saab ini dapat memandu rudal manpad RBS 70. Juga diberitakan kerjasama dengan alih teknologi ini memungkinkan PT Pindad memproduksi radar Giraffe 1X kedepan.
Garuda Militer









★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] Light Weight, Low Profile

---- source: http://www.garudamiliter.com/997/light-weight-low-profile/ -------


Modern Medium Weight TankFNSS Savunma Sistemleri of Turkey and local company PT Pindad have unveiled their Modern Medium Weight Tank (MMWT) at Indo Defence 2016. </p>The MMWT is being developed for the Indonesian Army and two prototypes are being built, one in Turkey and one in Indonesia – both to be completed in 2017.
It is fitted with a Belgian CMI Defence two-person turret armed with a 105mm rifled gun that is fed by a bustle-mounted automatic loader with a 7.62mm machine gun mounted co-axial with the main armament. The 105mm gun can fire a wide range of ammunition.
To enable stationary and moving targets to be engaged with a high first round hit probability, a computerised fire control system is installed; the commander and gunner are both provided with stabilised day/night sights incorporating a laser rangefinder. The commander is provided with a panoramic sighting system to allow for hunter/ killer target engagements to take place.
The powerpack is a high-performance diesel engine coupled to an electronically controlled automatic transmission and a cooling system to allow the MMWT to operate in high ambient temperatures.
FNSS is quoting a maximum road speed of 70km/h, a cruising range of up to 450km and a power-to-weight ratio of 20hp/tonne with a gross vehicle weight of around 35 tonnes.
The baseline hull is of all-welded steel armour to which an appliqué armour package can be fitted for a higher level of ballistic protection.
Under-belly mine protection is fitted, as is a fire detection and suppression system. Standard equipment includes an air-conditioning system, cameras for situational awareness and an auxiliary power unit that allows all the key subsystems to be run with the main diesel engine switched off.
The role of the MMWT is not to engage more heavily armed and protected main battle tanks but to engage lighter threat vehicles such as reconnaissance platforms, infantry fighting vehicles, troop carriers and combat support vehicles.

It can also be used to support dismounted infantry in the direct fire role, with the 105mm gun being used against pill boxes and other battlefield obstacles. Its light weight and low profile allow it to be deployed in areas that cannot be accessed by traditional MBTs that today normally weigh well over 70 tonnes.


IHS Janes




Sneak%2Bpeak%2Bof%2BTurkish%2B%2526%2BIndonesian%2BMedium%2BTank.%2BCredit%2Bto%2BBordobel..jpg






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] TNI AU Mencari Sistem Radar

---- source: http://garudamiliter.com/999/tni-au-mencari-sistem-radar/ -------


Untuk Perairan NatunaSistem radar Ukraina, Kolchuga [google] </p>TNI AU sedang mengevaluasi proposal dari produsen dan pemasok sistem radar peringatan dini pasif untuk dipasang di pangkalan udara Ranai.
Presentasi dari lima perusahaan yang berbasis di Cina, Cekoslowakia, Iran, Italia, dan Ukraina telah melakukan presentasi di markas TNI-AU sejak Oktober 2016, ungkap salah satu sumber kepada IHS Janes.

IHS Janes memahami bahwa perusahaan Ukraina telah mengusulkan sistem deteksi pasif Kolchuga, meskipun tidak jelas sistem apa yang telah diusulkan oleh pemasok lain. [IHS Janes]


Garuda Militer




Sneak%2Bpeak%2Bof%2BTurkish%2B%2526%2BIndonesian%2BMedium%2BTank.%2BCredit%2Bto%2BBordobel..jpg






★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
[MILITER] Indonesia Boosts Artillery

---- source: http://garudamiliter.com/1001/indonesia-boosts-artillery/ -------


The Indonesian Army programme to update its conventional artillery capability with the acquisition of new systems with greater range and accuracy is well under way. Nexter Systems of France has now delivered 37 CAESAR 155mm/52 calibre self-propelled (SP) artillery systems based on a Renault Trucks Defense Sherpa (6×6) cross-country chassis to the Indonesian Army. They are deployed with two regiments – each has 18 systems, plus there is one for training.</p>Maximum range depends on the 155mm projectile and charge combination, but firing a 155mm high-explosive (HE) base bleed (BB) projectile, a maximum range of 39km can be achieved. Firing an HE extended range full bore BB (ERFB BB) brings this to a maximum range of 42km. In addition to HE projectiles, a wide range of other 155mm projectiles can be fired, including smoke, illuminating and Nexter Munitions Bonus top-attack projectile carrying two submunitions.
CAESAR has also fired the US Raytheon 155mm M982 Excalibur precision-guided munition, which has seen extensive combat use. CAESAR carries a total of 18 x 155mm projectiles, modular artillery charges and fuzes.
In addition to being deployed by Indonesia, CAESAR is in service with France (77), the Saudi Arabian National Guard (136) and Thailand (six).
While France, Indonesia and Thailand use the Sherpa (6×6) truck chassis, the Saudi Arabian National Guard uses the German UNIMOG (6×6) cross-country chassis.
More recently, Nexter Systems has developed a CAESAR in an 8×8 configuration, which uses a Tatra chassis. This has a higher level of mobility, an increased ammunition supply to 30 x 155mm projectiles and associated charges, and a projectile ammunition handling system to reduce fatigue.
Indonesia has also now taken delivery of 36 Brazilian AVIBRAS Artillery Saturation Rocket Systems (ASTROS) installed on a Tatra (6×6) chassis, plus associated command and control vehicles and resupply vehicles. These currently fire unguided surface-to-surface rockets, but guided rockets are under development.

Indonesia is also interested in acquiring up to 40 surplus M109 series 155mm tracked SP artillery systems to further boost its indirect fire capability.


IHS Janes










★ Baik atau buruk adalah pilihan, tercatat di dalam dokumen, itulah sejarah ★
 
Back
Top