Cara pemakaian dan manfaat kinesio tape

berkahkhair

New member
Warungkita - Kinesio tape ditemukan pertama kalinya sekitar 30 tahun lalu oleh seorang pakar kesehatan olahraga bernama dr. Kenzo Kaze. Meskipun kinesio tape sudah diketemukan cukup lama, akan tetapi penggunaanya tak sepopuler saat ini. Sebab pada waktu itu masih banyak masyarakat yang berpikir bahwasanya alat ini diragukan khasiat dan kegunaanya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kinesio tape semakin popular serta sering digunakan oleh atlit professional maupun yang masih amatir sebab khasiatnya telah terbukti dan dirasakan.

Pertama kalinya kinesio tape digunakan adalah pada Olimpiade tahun 2008. Waktu itu kinesio tape muncul ke public ketika salah seorang pemain olahraga voli asal Amerika Serikat menggunakanya di bagian bahu pada Kejuaraan olimpiade 2008 yang pada waktu itu diadakan di Beijing. Dan semenjak saat itu, para olahragawan mulai menaruh perhatian pada kinesio tape. Diantara bukti manfaat kinesio tape ini ialah saat salah seorang atlet lari pada Olimpiad Beijing 2008 tetap bisa menyelesaikan lintasanya padahal saat itu dia sedang cidera pinggul.

Secara teknis, kinesio tape ini dapat dibilang bekerja dengan lumayan sederhana. Kinesio tape mempunyai banyak kelebihan, yang pokoknya ialah kinesio tape memiliki sifat yang elastic dan tak panas kayak koyo sehingga akan terasa enak dipakai. Kinesio tape bekerja secara mikroskopis mengangkat lapisan kulit, sehingga aliran dalam darah menjadi lancer. Hal ini bisa berefek pada waktu pemulihan cedera serta mengoptimalkan kinerja dari otot.

Keunggulan lain dari kinesio tape ini adalah kemampuanya merekat dengan baik, walaupun dalam keadaan basah karena keringat atau olahraga air. Dengan begitu kinesio tape bisa digunakan untuk berbagai cabang olahraga.

Dengan segala kelebihan yang dipunyainya, kinesio tape dijual dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemui di berbagai toko olahraga. Untuk kamu yang mau mencoba memakai kinesio tape, maka ada baiknya bertaya pada orang yang lebih mengerti mengenai kinesio tape supaya tak salah saat memakainya.

Langkah pengaplikasian Kinesio Tape pada sejumlah bagian badan juga tergolong mudah. Contohnya, kalau kamu mau memainkan badminton, olahraga sepeda, maupun mengikuti pertandingan karate, bersihkan terlebih dulu kulit Anda dari minyak atau air, lalu lepas kertas penutup pada Kinesio Tape dan tempelkan pada bagian paha.

Anda juga dapat menggabungkan pemasangan Kinesio Tape ini pada bagian badan lainnya seperti pada bagian bahu hingga lengan atas, betis bagian atas sampai ke bagian telapak kaki, atau bagian lengan atas sampai ke telapak tangan. Penggunaan Kinesio Tape ini umumnya diletakkan pada tumpuan kekuatan kamu, sesuai dengan jenis olahraga yang dimainkan.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan plester Kinesio Tape yang baik.
1. Sebelum plester Kinesio Tape ditempel, maka pastikan kulit kamu harus bersih dari minyak ataupun air.
2. Pastikan kamu sudah menggunakan Kinesio Taping satu jam sebelum olahraga, mandi, ataupun pekerjaan lain yang menyebabkan keringat dan berdekatan dengan air. Ini dilakukan supaya Kinesio Tape tersebut melekat dengan benar di kulit Anda.
3. Anda harus hindari pemakaian yang ketat supaya terhindar iritasi pada kulit.
4. Sesudah plester Kinesio Taping terpasang pada bagian badan yang diinginkan, Kinesio Tape harus terus menerus diusap memakai tangan agar lem bisa melekat dengan baik. Jangan menggunakan alat lainnya, seperti hairdryer.
5. Kinesio Taping bisa digunakan selama lebih kurang 3 hingga lima hari.
6. Untuk kamu yang pemakai baru, maka usahakan kondisi kulit tak dalam kondisi iritasi.
 
Back
Top