Cara pemakaian dan manfaat kinesio tape

annasulul

New member
Kinesio tape ini ditemukan pertama kali sekitar 30 tahun yang lalu oleh seorang ahli kesehatan bidang olahraga bernama dr. Kenzo Kaze. Meskipun kinesio tape telah ditemukan cukup lama, tapi penggunaanya tidak sepopuler saat ini. Karena pada masa itu masih banyak orang-orang yang berpikiran bahwa alat ini diragukan manfaat dan kegunaanya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kinesio tape makin populer dan seringkali dipakai oleh atlet professional maupun yang masih amatir sebab manfaatnya sudah terbukti.

Untuk pertama kali kinesio tape digunakan adalah pada Olimpiade tahun 2008. Waktu itu kinesio tape muncul di hadapan public ketika salah seorang pemain voli asal Amerika Serikat menggunakanya di bagian bahu pada Kejuaraan olimpiade 2008 yang saat itu dilaksanakan di Beijing. Kemudian semenjak waktu itu, para atlet mulai melirik pada kinesio tape. Salah satu bukti khasiat kinesio tape ini ialah ketika seorang pelari pada Olimpiad Beijing 2008 tetap bisa menyelesaikan lintasanya padahal waktu itu ia sedang cedera pinggul.

Secara teknis, kinesio tape bisa dikatakan bekerja dengan cukup sederhana. Kinesio tape memiliki beberapa keuntungan, yang paling pokok yaitu kinesio tape mempunyai sifat yang elastic dan tidak panas layaknya koyo sehingga terasa enak digunakan. Kinesio tape bekerja dengan cara mikroskopis mengangkat lapisan kulit, sehingga aliran dalam darah akan menjadi lancer. Hal ini akan berefek pada percepatan pemulihan cidera serta mengoptimalkan kerja otot.

Keunggulan lainnya dari kinesio tape ini yaitu kemampuanya merekat dengan baik, walaupun dalam keadaan basah oleh keringat ataupun olahraga air. Sehingga kinesio tape bisa dipakai untuk berbagai cabang olahraga.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, kinesio tape dijual di warung kita bersama dengan harga yang terjangkau dan bisa ditemui di berbagai toko olahraga. Dan untuk kamu yang ingin mencoba memakai kinesio tape, ada baiknya bertaya pada orang-orang yang lebih tahu mengenai kinesio tape agar tidak salah dalam pemakaiannya.

Langkah pengaplikasian Kinesio Tape pada sejumlah bagian tubuh juga tergolong sangat gampang. Sebagai contoh, jika kamu akan memainkan bulu tangkis, olahraga sepeda, atau mengikuti pertandingan taekwondo, maka bersihkan dulu kulit kamu dari air atau minya, terus lepas penutup kertas pada Kinesio Tape dan tempelkan di bagian paha.

Kamu juga bisa memadukan pemasangan Kinesio Tape ini pada bagian badan yang lain contohnya seperti pada bagian bahu hingga lengan atas, bagian betis atas sampai ke telapak kaki, atau pada bagian lengan atas sampai ke telapak tangan. Penggunaan plester ini biasanya ditaruh pada tumpuan power Anda, menyesuaikan dengan olahraga yang dimainkan.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijabarkan bagaimana cara penggunaan plester Kinesio Tape yang baik.
1. Sebelum plester Kinesio Tape ditempel, maka pastikan kulit Anda mesti bersih dari air ataupun minyak.
2. Pastikan Anda sudah memakai Kinesio Tape satu jam sebelum melakukan aktivitas olahraga, mandi, atau pekerjaan lain yang menimbulkan keringat dan dekat dengan air. Ini dimaksudkan agar Kinesio Taping tersebut lengket dengan tepat di kulit Anda.
3. kamu mesti menghindari penggunaan yang ketat agar tidak terkena iritasi di kulit.
4. Setelah plester Kinesio Tape terpasang di bagian tubuh yang diinginkan, Kinesio Taping harus terus menerus diusap memakai tangan agar lem bisa melekat dengan benar. Jangan memakai alat lain, contohnya seperti hairdryer.
5. Kinesio Taping dapat dipakai selama kurang lebih 3 hingga lima hari.
6. Untuk Anda yang pemakai baru, maka upayakan kondisi kulit tak dalam keadaan iritasi.
 
Back
Top