Rawat Inap Termasuk Dalam Manfaat Jaminan Asuransi Kesehatan

muhammadrajab

New member
310318

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang paling penting untuk Anda punyai mengingat peranannya yang cukup krusial dalam keberlangsungan kesehatan Anda. Selain itu, kesehatan sendiri adalah suatu kebutuhan yang mutlak bagi diri Anda jika Anda ingin menikmati hidup. Jika Anda pikir bahwa ada yang lebih penting untuk dimiliki dibanding kesehatan, Anda salah besar. Kita taruh saja di sini contohnya adalah “uang”. Uang memang penting dalam kehidupan kita ini, tapi tanpa adanya kesehatan, Anda tidak akan bisa menikmati hidup meskipun Anda memiliki banyak uang. Itulah sebabnya asuransi kesehatan menjadi sangat penting untuk Anda.

Asuransi kesehatan lah yang bisa menolong Anda jika suatu saat nanti terjadi suatu resiko atau masalah pada kesehatan Anda. Musibah seperti sakit atau kecelakaan adalah hal yang tidak bisa diduga kapan terjadinya. Oleh karena itu lah Anda perlu mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa terjadi. Jika Anda tidak memiliki persiapan sama sekali sedangkan saat itu Anda sangat membutuhkan biaya pengobatan, Anda akan sulit sendiri. Nah, dengan asuransi lah masalah Anda dapat teratasi.

Seperti yang kita bersama ketahui, biaya pengobatan di rumah sakit bisa berupa biaya pemeriksaan dokter, biaya obat, biaya operasi, bisa juga biaya pemeriksaan lab, dan lain-lain. Termasuk di antaranya juga biaya rawat jalan dan rawat inap. Anda sendiri pasti sudah tahu apa yang dimaksud rawat jalan dan rawat inap. Manfaat asuransi kesehatan Rawat jalan adalah pengobatan yang dilakukan secara berkala, dengan sekali-sekali mengunjungi rumah sakit untuk pemeriksaan atau pengobatan. Sedangkan manfaat asuransi kesehatan rawat inap adalah jenis pengobatan yang mengharuskan Anda untuk tetap tinggal di rumah sakit sampai masa Anda diperbolehkan pulang oleh dokter.

Untuk biayanya sendiri, rawat inap lebih mahal dibanding rawat jalan karena perawatannya yang juga lebih intensif. Namun yang paling utama yang membuat biaya rawat inap menjadi mahal adalah biaya kamarnya karena biaya kamar di hitung per malam. Maka dari itu tidak heran jika seseorang lebih memilih untuk raat jalan dibanding rawat inap untuk pengobatannya, namun bagaimana jika Anda tidak bisa memilih? Bagaimana jika pengobatan yang harus dijalani itu dituntut untuk melakukan rawat inap di rumah sakit? Dan bagaimana jika Anda kebetulan tidak mempunyai budget untuk itu?

Sekali lagi, asuransi kesehatanlah solusinya. Adalah sebuah kelegaan besar dengan menggunakan asuransi karena rawat inap termasuk ke dalam manfaat jaminan asuransi kesehatan. Anda tidak perlu khawatir lagi jika Anda tidak mempunyai biaya untuk rawat inap karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Hal ini pastilah jauh lebih baik dibanding jika Anda harus menanggung segala biaya pengobatan sendiri. Bagaimana jika rawat inap itu membutuhkan waktu yang cukup lama? Anda akan pusing memikirkan biayanya.

Sumber : http://bit.ly/2fdqfkm
 
Bila menilik sejarah asuransi di Indonesia, sebenarnya sudah sejak lama ada kebutuhan asuransi bahkan sejak zaman penjajahan. Namun, kala itu penggunaan asuransi juga tidak besar, terbatas hanya pada bisnis perkebunan dan perdagangan Belanda khususnya untuk risiko kebakaran dan asuransi pengangkutan.
Perkembangan asuransi di Indonesia mulai meningkat pada era 1980an. Pada masa itu, banyak industri asuransi yang mulai berdiri di Indonesia dengan menawarkan kebijakan perlindungan serta investasi kepada masyarakat Indonesia. Beberapa manfaat kebijakan asuransi antara lain asuransi perlindungan terhadap risiko tak terduga, kecelakaan, cacat seumur hidup, atau kematian.
Menariknya, Pemerintah Indonesia baru beberapa tahun belakangan menerbitkan sistem asuransi kesehatan dengan program yang dikeluarkan oleh BPJS. Harapannya tentu sama, yakni menjamin kesehatan masyarakat secara umum. Program ini pun menuai sambutan yang luar biasa besar bagi masyarakat. Ini artinya, kebutuhan masyarakat akan asuransi meningkat tajam.
Adanya peluang besar pasar asuransi ini diperkirakan akan berkembang dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Hal ini didukung dengan temuan beberapa perusahaan asuransi yang mengatakan bahwa pertumbuhan asuransi meningkat sebanyak dua persen setiap tahunnya hingga pada tahun 2015 kemarin. Kenyataan ini tentu membuktikan bahwa perkembangan asuransi di Indonesia saat ini sedang bagus sekaligus menjadi indikasi awal untuk kemajuan bangsa.
 
Back
Top