AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
    #21   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Polri Sebut Akhir Minggu Depan Kasus Ahok Ditentukan Statusnya


Boy Rafli/ Foto: Andhika/detikcom

Pertemuan Wapres Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan perwakilan pendemo menyepakati bahwa penuntasan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI nonaktif Ahok, akan dipercepat. Bagaimana caranya?

"Pertama, dalam proses pengambilan bahan keterangan saksi ahli, ini bisa dipercepat. Hari Senin mulai pemeriksaan kepada Pak Ahok," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

"Kemudian proses gelar perkaranya paling tidak akhir minggu depan secepatnya bisa dilaksanakan. Itu tadi apa yang disampaikaan Pak Kapolri juga," imbuhnya.

Menurut Boy, dalam gelar perkara itu akan dibahas fakta-fakta hukum yang ada, kemudian diputuskan apakah kasus dengan terlapor Ahok akan naik ke penyidikan.

"Perwakilan ulama diperkenankan ikut langsung (dalam gelar perkara). Bahkan para saksi ahli yang juga sudah memberikan kesaksian bisa ikut hadir dalam gelar perkara," terang Boy.

Meski begitu, Boy meminta pimpinan massa untuk bisa memberikan pemahaman bahwa proses hukum meski dipercepat, tidak bisa karena ada upaya paksa atau tekanan.

"Artinya berilah kesempatan kepada penyidik untuk melanjutkan dulu, dan sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Bapak Kapolri proses hukum secepatnya. Dan Pak Wapres sudah menyatakan langsung seperti itu," tegas mantan Kapolda Banten itu.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622

       





    #22   Report Post     Original Poster (OP)

Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

Kericuhan Pecah di Depan Istana, 1 Orang Diamankan


Kericuhan pecah antara massa pendemo dengan pihak keamanan di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 1 Orang diamankan polisi dari kericuhan ini.

Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016) pukul 07.30 WIB, awalnya massa dari FPI membuat barikade untuk melindungi petugas polisi dari serangan massa beratribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Akibatnya, bentrokan antara massa HMI dengan FPI tak terelakkan.

Akibat kejadian ini, polisi kemudian menembakkan gas air mata. Seorang panglima laskar FPI terdengar meneriakkan agar anggotanya tidak terpancing kericuhan.

"Hati-hati provokasi!" teriaknya.

Polisi kemudian menahan satu orang pria dari kericuhan ini. Diketahui, pria yang ditahan tersebut beratribut FPI. Bahkan, beberapa anggota polisi sempat tersulut emosi dan hendak memukul pria tersebut, namun dicegah oleh polisi lainnya.

Seorang pemimpin Laskar FPI kemudian berteriak agar tidak menahan anggotanya tersebut.

Namun, massa kemudian berbalik menyerang polisi. Bahkan massa berhasil 'memukul' mundur barikade polisi. "Jangan pukul, kami justru membantu. Itu Laskar FPI. Yang ricuh bukan dari kami," teriaknya.

Hingga pukuk 19.55 WIB kericuhan masih terjadi. Letusan demi letusan gas air mata masih terdengar.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #23   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Penjelasan Ketum PB HMI Soal Ricuh di Depan Istana Negara


Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam Mulyadi P Tamsir membantah anggotanya terlibat dalam kericuhan di depan Istana Negara, jalan Medan Merdeka Utara. Menjelang malam yakni sekitar pukul 19.00 WIB massa HMI sebenarnya ingin membubarkan diri.

Massa HMI, kata Mulyadi, sebenarnya tak ingin menginap di Monas. Namun karena posisi berada di bagian paling depan, massa HMI tak bisa mundur karena ada pendemo di belakang mereka.

"Tapi posisi kami berada paling depan. Di belakang kami ada massa. Kami maju nggak bisa, mundur nggak bisa," kata Mulyadi saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (4/11/2016). Mulyadi ikut turut serta turun di depan Istana.

Mulyadi pun mengimbau teman-temannya untuk tenang sambil istirahat di depan Istana Negara. Namun secara tiba-tiba terjadilah kerusuhan. Dia tak tahu penyebab kerusuhan.

Terkait atribut HMI yang disebut berada di area ricuh, Mulyadi mengaku tak mengetahuinya. "Kalau siang tadi mungkin ada atribut HMI, tapi kalau malam ini semestinya sudah tak ada," kata dia.

Mulyadi pun tetap mengimbau agar teman-temannya tenang dan tak terpancing provokasi.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #24   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

JK: Kapolri Janji Selesaikan Kasus Ahok dalam Dua Minggu

Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavianberjanji akan cepat menyelesaikan penanganan kasus yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ahok dituduh menistakan agama terkait ucapannya yang mengutip surat Al Maidah ayat 51.

Janji itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla sesuai bertemu dengan perwakilan demonstran di kantor Wapres, Jakarta Jumat (4/11/2016) petang.

"Kesimpulannya ialah dalam hal (kasus) saudara Ahok, kita akan tegakkan, laksanakan dengan hukum yang tegas dan cepat. Oleh Kapolri dijanjikan selesai dalam dua minggu pelaksanaan yang cepat itu," kata JK.

"Sehingga semua berjalan sesuai aturan, tapi dengan tegas. Itu aja," tambah JK.

Pertemuan digelar tertutup. Hanya ada tiga orang perwakilan demonstran yang diterima, yakni Ustaz Bachtiar Nashir, Ustaz Zaitun, dan Ustaz Misbah.

Mereka datang bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Ada juga anggota DPR Arsul Sani dan Abu Bakar Alhabsy serta anggota DPD Farouk Muhammad sebagai perwakilan parlemen.

Sebelumnya sudah tiba Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Ikut hadir pula Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNIJenderal Gatot Nurmantyo.

Perwakilan demonstran diterima JK lantaran Presiden Joko Widodomemilih blusukan ke Bandara Soekarno-Hatta meninjau proyek kereta cepat.

Kasus Ahok tengah diusut Bareskrim Polri. Ahok sebelumnya sudah diminta keterangan penyelidik.

Adapun soal pemeriksaan Ahok sebagai terlapor dijadwalkan pada Senin (7/11/2016).

Dari 11 laporan polisi terkait kasus Ahok, penyelidikan terus dilakukan intensif. Sebanyak 21 orang saksi telah dipanggil.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #25   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Jokowi Mendadak Gelar Rapat Terbatas di Istana


Presiden Joko Widodo malam ini berada di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Jokowi memanggil sejumlah anak buahnya dan menggelar rapat dadakan.

Informasi yang dihimpun, Jokowi menggelar rapat terbatas bersama Kepala BIN Budi Gunawan, Menko Polhukam Wiranto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016) malam. Belum diketahui apa yang dibahas di dalam rapat tersebut.

Sebelumnya, tak lama setelah kerusuhan di depan Istana Merdeka mereda, Kepala BIN Budi Gunawan tiba-tiba mendatangi Istana Kepresiden.

Sebelumnya, Wiranto dan Seskab Pramono Anung sudah berada di lingkungan Istana.

Belum diketahui apakah Jokowi akan menggelar jumpa pers setelah rapat.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #26   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Unik! 500 Polisi Bersorban Putih Ikut Kawal Demo 4 November

Dini Hari, Jokowi Gelar Jumpa Pers Soal Demo 4 November


Presiden Joko Widodo menggelar jumpa pers pada Sabtu (5/11) dini hari. Dia akan menyampaikan pernyataan mengenai demo 4 November 2016 yang berujung ricuh.

Konferensi pers digelar di Istana Merdeka, pukul 00.05 WIB. Jumpa pers ini digelar setelah Jokowi dan sejumlah menteri menggelar Rapat Terbatas dadakan yang dimulai sejak pukul 22.30 WIB.

Dalam kesempatan ini Jokowi didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Sementara itu kondisi di luar Istana Kepresidenan mulai kondusif, sudah tidak ada lagi massa yang bertahan. Bangkai-bangkai kendaraan polisi yang dibakar massa memang masih teronggok di Jl Medan Merdeka Utara.

Demo 4 November pada awalnya berlangsung dengan tertib dan damai. Namun mulai petang, situasi makin memanas setelah ada sekelompok massa mendorong barikade polisi secara bertubi-tubi. Tembakan air mata pun dilepaskan yang kemudian memicu massa lain berdatangan. Kondisi kini sudah kondusif.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #27   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Unik! 500 Polisi Bersorban Putih Ikut Kawal Demo 4 November

Jokowi: Terima Kasih Ulama dan Habib yang Pimpin Umat dengan Menyejukkan


Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan kyai yang sudah memimpin demo 4 November 2016. Demo hingga maghrib berjalan dengan sejuk.

"Sebagai negara demokrasi, kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini dengan cara-cara yang tertib dan damai," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016). Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menko Polhukam Wiranto, dan Menag Lukman Hakim.

"Terima kasih kami sampaikan kepada para ulama, kyai, habib, ustaz yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai maghrib berjalan dengan tertib dan damai," ucapnya.

Pernyataan pers ini disampaikan Jokowi setelah memimpin rapat terbatas malam tadi. Rapat berlangsung sejak pukul 22.30 WIB.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #28   Report Post  

Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

masalah ini semoga cepet selesai . kalo tidak bisa lebih parah dri yg sblm nya
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






    #29   Report Post     Original Poster (OP)

Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

Ini Penampakan Sisa Demo 4 November di Monas



Demo 4 November yang mulanya damai dan menuai simpati, kemudian berubah rusuh ketika malam tiba. Entah siapa yang memulainya, tapi kini tampak sisa-sisa kerusuhan itu.

Pantauan di Taman Silang Monas, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016) dua mobil aparat yang dibakar masih belum dievakuasi. Keduanya teronggok hangus dan belum tahu kapan akan dipindahkan.


"Kita upayakan semuanya bersih hari ini," ujar Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo saat ditemui di lokasi.


Dia tampak ikut membereskan taman yang tanamannya hilang. Dia menyebut akan menanami semua taman yang rusak.

"Ini inisiatif saya saja," imbuh Sabdo.

Penjagaan di lokasi tampak ketat. Mobil-mobil pengamanan juga masih disiagakan di lokasi.



sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.141
 
Reputasi: 1622






    #30   Report Post  

Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

kira'' semalam ada korban yg meninggal ga
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 19
agungsuhada, akbar54, dakwahsukses2017, eceran01, Elin_A, ibamfx, jakartawebhosting.com, Kalina, n1ngs1h, Rani_3, rizalnche, rizalolo, t53579, tasbrandedbatam, Tonisanjaya, Tsanie
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
GNPF-MUI: Ini Rute Aksi Demo Kami Pada 4 November 2016 spirit Politik, Ekonomi & Hukum 1
Indonesia Urutan Pertama Aksi Demonstrasi Dipi76 Politik, Ekonomi & Hukum 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.