AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016

Status
Not open for further replies.
Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Polri Sebut Akhir Minggu Depan Kasus Ahok Ditentukan Statusnya

89d020a9-201c-43aa-b60a-31fc4666e9c9_43.jpg

Boy Rafli/ Foto: Andhika/detikcom

Pertemuan Wapres Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan perwakilan pendemo menyepakati bahwa penuntasan kasus dugaan penistaan agama oleh Gubernur DKI nonaktif Ahok, akan dipercepat. Bagaimana caranya?

"Pertama, dalam proses pengambilan bahan keterangan saksi ahli, ini bisa dipercepat. Hari Senin mulai pemeriksaan kepada Pak Ahok," ucap Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di kompleks Istana, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

"Kemudian proses gelar perkaranya paling tidak akhir minggu depan secepatnya bisa dilaksanakan. Itu tadi apa yang disampaikaan Pak Kapolri juga," imbuhnya.

Menurut Boy, dalam gelar perkara itu akan dibahas fakta-fakta hukum yang ada, kemudian diputuskan apakah kasus dengan terlapor Ahok akan naik ke penyidikan.

"Perwakilan ulama diperkenankan ikut langsung (dalam gelar perkara). Bahkan para saksi ahli yang juga sudah memberikan kesaksian bisa ikut hadir dalam gelar perkara," terang Boy.

Meski begitu, Boy meminta pimpinan massa untuk bisa memberikan pemahaman bahwa proses hukum meski dipercepat, tidak bisa karena ada upaya paksa atau tekanan.

"Artinya berilah kesempatan kepada penyidik untuk melanjutkan dulu, dan sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Bapak Kapolri proses hukum secepatnya. Dan Pak Wapres sudah menyatakan langsung seperti itu," tegas mantan Kapolda Banten itu.


sumber
 
Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

Kericuhan Pecah di Depan Istana, 1 Orang Diamankan

6b32714d-5b1e-4b47-bf2a-9a643d85b65f_169.jpg

Kericuhan pecah antara massa pendemo dengan pihak keamanan di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 1 Orang diamankan polisi dari kericuhan ini.

Pantauan detikcom, Jumat (4/11/2016) pukul 07.30 WIB, awalnya massa dari FPI membuat barikade untuk melindungi petugas polisi dari serangan massa beratribut Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Akibatnya, bentrokan antara massa HMI dengan FPI tak terelakkan.

Akibat kejadian ini, polisi kemudian menembakkan gas air mata. Seorang panglima laskar FPI terdengar meneriakkan agar anggotanya tidak terpancing kericuhan.

"Hati-hati provokasi!" teriaknya.

Polisi kemudian menahan satu orang pria dari kericuhan ini. Diketahui, pria yang ditahan tersebut beratribut FPI. Bahkan, beberapa anggota polisi sempat tersulut emosi dan hendak memukul pria tersebut, namun dicegah oleh polisi lainnya.

Seorang pemimpin Laskar FPI kemudian berteriak agar tidak menahan anggotanya tersebut.

Namun, massa kemudian berbalik menyerang polisi. Bahkan massa berhasil 'memukul' mundur barikade polisi. "Jangan pukul, kami justru membantu. Itu Laskar FPI. Yang ricuh bukan dari kami," teriaknya.

Hingga pukuk 19.55 WIB kericuhan masih terjadi. Letusan demi letusan gas air mata masih terdengar.

sumber
 
Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Penjelasan Ketum PB HMI Soal Ricuh di Depan Istana Negara

ae94f815-4241-4034-a81c-23ab7de5bb36_169.jpg

Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam Mulyadi P Tamsir membantah anggotanya terlibat dalam kericuhan di depan Istana Negara, jalan Medan Merdeka Utara. Menjelang malam yakni sekitar pukul 19.00 WIB massa HMI sebenarnya ingin membubarkan diri.

Massa HMI, kata Mulyadi, sebenarnya tak ingin menginap di Monas. Namun karena posisi berada di bagian paling depan, massa HMI tak bisa mundur karena ada pendemo di belakang mereka.

"Tapi posisi kami berada paling depan. Di belakang kami ada massa. Kami maju nggak bisa, mundur nggak bisa," kata Mulyadi saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (4/11/2016). Mulyadi ikut turut serta turun di depan Istana.

Mulyadi pun mengimbau teman-temannya untuk tenang sambil istirahat di depan Istana Negara. Namun secara tiba-tiba terjadilah kerusuhan. Dia tak tahu penyebab kerusuhan.

Terkait atribut HMI yang disebut berada di area ricuh, Mulyadi mengaku tak mengetahuinya. "Kalau siang tadi mungkin ada atribut HMI, tapi kalau malam ini semestinya sudah tak ada," kata dia.

Mulyadi pun tetap mengimbau agar teman-temannya tenang dan tak terpancing provokasi.

sumber
 
Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

JK: Kapolri Janji Selesaikan Kasus Ahok dalam Dua Minggu

Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavianberjanji akan cepat menyelesaikan penanganan kasus yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ahok dituduh menistakan agama terkait ucapannya yang mengutip surat Al Maidah ayat 51.

Janji itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla sesuai bertemu dengan perwakilan demonstran di kantor Wapres, Jakarta Jumat (4/11/2016) petang.

"Kesimpulannya ialah dalam hal (kasus) saudara Ahok, kita akan tegakkan, laksanakan dengan hukum yang tegas dan cepat. Oleh Kapolri dijanjikan selesai dalam dua minggu pelaksanaan yang cepat itu," kata JK.

"Sehingga semua berjalan sesuai aturan, tapi dengan tegas. Itu aja," tambah JK.

Pertemuan digelar tertutup. Hanya ada tiga orang perwakilan demonstran yang diterima, yakni Ustaz Bachtiar Nashir, Ustaz Zaitun, dan Ustaz Misbah.

Mereka datang bersama Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto serta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Ada juga anggota DPR Arsul Sani dan Abu Bakar Alhabsy serta anggota DPD Farouk Muhammad sebagai perwakilan parlemen.

Sebelumnya sudah tiba Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Seskab Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Ikut hadir pula Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNIJenderal Gatot Nurmantyo.

Perwakilan demonstran diterima JK lantaran Presiden Joko Widodomemilih blusukan ke Bandara Soekarno-Hatta meninjau proyek kereta cepat.

Kasus Ahok tengah diusut Bareskrim Polri. Ahok sebelumnya sudah diminta keterangan penyelidik.

Adapun soal pemeriksaan Ahok sebagai terlapor dijadwalkan pada Senin (7/11/2016).

Dari 11 laporan polisi terkait kasus Ahok, penyelidikan terus dilakukan intensif. Sebanyak 21 orang saksi telah dipanggil.

sumber
 
Re: Siapkan Logistik, Massa FPI di Petamburan Bergegas Berangkat ke Istiqlal

Jokowi Mendadak Gelar Rapat Terbatas di Istana

4c4aaf6a-88d9-4994-bdf6-8d7ccf951e64_169.jpg

Presiden Joko Widodo malam ini berada di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Jokowi memanggil sejumlah anak buahnya dan menggelar rapat dadakan.

Informasi yang dihimpun, Jokowi menggelar rapat terbatas bersama Kepala BIN Budi Gunawan, Menko Polhukam Wiranto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016) malam. Belum diketahui apa yang dibahas di dalam rapat tersebut.

Sebelumnya, tak lama setelah kerusuhan di depan Istana Merdeka mereda, Kepala BIN Budi Gunawan tiba-tiba mendatangi Istana Kepresiden.

Sebelumnya, Wiranto dan Seskab Pramono Anung sudah berada di lingkungan Istana.

Belum diketahui apakah Jokowi akan menggelar jumpa pers setelah rapat.

sumber
 
Re: Unik! 500 Polisi Bersorban Putih Ikut Kawal Demo 4 November

Dini Hari, Jokowi Gelar Jumpa Pers Soal Demo 4 November

f1c0277f-2361-4486-a538-0e1e8c30897e_169.jpg

Presiden Joko Widodo menggelar jumpa pers pada Sabtu (5/11) dini hari. Dia akan menyampaikan pernyataan mengenai demo 4 November 2016 yang berujung ricuh.

Konferensi pers digelar di Istana Merdeka, pukul 00.05 WIB. Jumpa pers ini digelar setelah Jokowi dan sejumlah menteri menggelar Rapat Terbatas dadakan yang dimulai sejak pukul 22.30 WIB.

Dalam kesempatan ini Jokowi didampingi oleh Menkopolhukam Wiranto, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Sementara itu kondisi di luar Istana Kepresidenan mulai kondusif, sudah tidak ada lagi massa yang bertahan. Bangkai-bangkai kendaraan polisi yang dibakar massa memang masih teronggok di Jl Medan Merdeka Utara.

Demo 4 November pada awalnya berlangsung dengan tertib dan damai. Namun mulai petang, situasi makin memanas setelah ada sekelompok massa mendorong barikade polisi secara bertubi-tubi. Tembakan air mata pun dilepaskan yang kemudian memicu massa lain berdatangan. Kondisi kini sudah kondusif.

sumber
 
Re: Unik! 500 Polisi Bersorban Putih Ikut Kawal Demo 4 November

Jokowi: Terima Kasih Ulama dan Habib yang Pimpin Umat dengan Menyejukkan

afbf049a-da06-4ec1-89b8-c645eef3558e_169.jpeg

Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada para ulama dan kyai yang sudah memimpin demo 4 November 2016. Demo hingga maghrib berjalan dengan sejuk.

"Sebagai negara demokrasi, kita menghargai proses penyampaian aspirasi melalui unjuk rasa yang dilakukan pada hari ini dengan cara-cara yang tertib dan damai," kata Jokowi.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016). Jokowi didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan, Menko Polhukam Wiranto, dan Menag Lukman Hakim.

"Terima kasih kami sampaikan kepada para ulama, kyai, habib, ustaz yang telah memimpin umatnya yang menyejukkan sehingga sampai maghrib berjalan dengan tertib dan damai," ucapnya.

Pernyataan pers ini disampaikan Jokowi setelah memimpin rapat terbatas malam tadi. Rapat berlangsung sejak pukul 22.30 WIB.

sumber
 
Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

masalah ini semoga cepet selesai . kalo tidak bisa lebih parah dri yg sblm nya
 
Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

Ini Penampakan Sisa Demo 4 November di Monas

6b77d5a7-47c7-4a3c-8af8-4befe2228cf2_169.jpg


Demo 4 November yang mulanya damai dan menuai simpati, kemudian berubah rusuh ketika malam tiba. Entah siapa yang memulainya, tapi kini tampak sisa-sisa kerusuhan itu.

Pantauan di Taman Silang Monas, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016) dua mobil aparat yang dibakar masih belum dievakuasi. Keduanya teronggok hangus dan belum tahu kapan akan dipindahkan.

e832aab8-e982-4f5b-992b-6596e5764a5f_169.jpg

"Kita upayakan semuanya bersih hari ini," ujar Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Sabdo saat ditemui di lokasi.

e80c5cc1-65f5-4a12-a1db-b9401ba718b4_169.jpg

Dia tampak ikut membereskan taman yang tanamannya hilang. Dia menyebut akan menanami semua taman yang rusak.

"Ini inisiatif saya saja," imbuh Sabdo.

Penjagaan di lokasi tampak ketat. Mobil-mobil pengamanan juga masih disiagakan di lokasi.

9c23388f-c58c-4c92-8e38-53c86232b875_169.jpg


sumber
 
DEMO 4 NOVEMBER, INI KOMENTAR PRABOWO

DEMO 4 NOVEMBER, INI KOMENTAR PRABOWO

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berharap unjuk rasa yang mulai digelar sejumlah ormas pada Jumat (4/10/2016) bisa berjalan dengan sejuk dan damai.


“Kita harus jaga jangan sampai ada unsur-unsur yang mau pecah belah bangsa,” kata Prabowo seusai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Hambalang, Bogor, Senin (31/10/2016) sore.

Prabowo mengaku bahwa pertemuannya dengan Presiden sempat menyinggung soal rencana unjuk rasa 4 November itu.

Demo yang mulai digelar di depan Istana, Jakarta, tersebut bagi mendesak proses hukum terhadap Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap menista agama.

Prabowo mengatakan, segala pihak harus sadar bahwa Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari banyak suku, agama, dan ras. Oleh karena itu, persatuan harus dijaga.

“Kalau ada masalah, kalian selesaikan dengan sejuk dan damai,” ujar calon presiden pada Pemilu 2014 tersebut.

Pertemuan di kediaman Prabowo itu atas inisiatif Presiden Jokowi. Sebelumnya mereka telah bertemu dua kali.
SUMBER
http://suhuair.blogspot.co.id/2016/11/demo-4-november-ini-komentar-prabowo.html
 
Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

yg jadi pertanyaan tu peristiwa rekaman pidio kapan?
(katanya semasa ahok masih jadi bupati batam?)
Lalu kapan mulai dikasuskan ke persidangan? siapa yg mengajukan gugatan? berapa lama kasus dipeti es kan? kok baru muncul saat rame2 pilkada mendatang?
ada yg punya kronolloginya?
???
ajaib! kayak herbal yg dijual ditetanggaku...
 
Re: AKSI DEMONSTRASI DAMAI 4 NOVEMBER 2016 [UPDATE]

yg jadi pertanyaan tu peristiwa rekaman pidio kapan?
(katanya semasa ahok masih jadi bupati batam?)
Lalu kapan mulai dikasuskan ke persidangan? siapa yg mengajukan gugatan? berapa lama kasus dipeti es kan? kok baru muncul saat rame2 pilkada mendatang?
ada yg punya kronolloginya?
???
ajaib! kayak herbal yg dijual ditetanggaku...

ini masalah pelik. Udah campur aduk. Bermuatan politik juga
 
kalo aku bilang... (mbuh bener enggaknya!) banyak ditimpali kepentingan kelompok tertentu.
Pidato bupati(bupati gak ngeh masalah al qur'an karena bukan muslim) bisa nyinggung ayatnya pasti lewat plot. dan biasanya dari staf bupati yg bener2 ngerti!(ini yg gak dimengerti provokator yg mau membesarkan masalah)
Ribetnya nanti kalo diadakan sidang terbuka, pasti saling adu argument sesama pakar ayat2 suci.(1 sisi staf agama pembantu bupati batam saat itu sisi lain penggugat. blum jelas aku nanti siapa yg menggugat, mui kah? mau cari menang kalah?)
----
Sekarang bukan era orde-baru, pemimpin wajib membantu bawahan.(kalo bisa nutupin) pemimpin/atasan yg bertanggung jawab.

- n1 -
membuat gelap tu mudah. matikan "lampu". emang ga ada matahari?
 
kalo aku bilang... (mbuh bener enggaknya!) banyak ditimpali kepentingan kelompok tertentu.
Pidato bupati(bupati gak ngeh masalah al qur'an karena bukan muslim) bisa nyinggung ayatnya pasti lewat plot. dan biasanya dari staf bupati yg bener2 ngerti!(ini yg gak dimengerti provokator yg mau membesarkan masalah)
Ribetnya nanti kalo diadakan sidang terbuka, pasti saling adu argument sesama pakar ayat2 suci.(1 sisi staf agama pembantu bupati batam saat itu sisi lain penggugat. blum jelas aku nanti siapa yg menggugat, mui kah? mau cari menang kalah?)
----
Sekarang bukan era orde-baru, pemimpin wajib membantu bawahan.(kalo bisa nutupin) pemimpin/atasan yg bertanggung jawab.

- n1 -
membuat gelap tu mudah. matikan "lampu". emang ga ada matahari?



betul non ningsih

pola demokrasi sekarang sangat tak terkendali. Atasan dan bawahan bisa saja beda kepentingan, padahal mereka satu perahu.


391477661.jpg
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top