Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

artikel ini di sadur dari website konsultasisyariah.com




Pertanyaan:

flashdisk Yufid.TV di HP
Assalamu ‘alaikum. Ustadz, masih hangat kabar tentang berbagai aksi teror bom di negeri kita. Mohon penjelasannya:
1. Bagaimana sebenarnya pandangan Islam mengenai hal tersebut?
2. Apakah pelaku bom bunuh diri bisa dikatakan mati syahid atau malah bunuh diri?
3. Kebanyakan pelaku teror berpenampilan sunnah, lantas apa hukumnya seorang muslim memanggil saudaranya yang menegakkan sunnah dengan sebutan “teroris”?

Mohon penjelasannya. Barakallahu fik.

Rohis SMAN 9 DILARANG KERAS Lampung (**setya04@***.co.id)

Jawaban:

Bismillah wash-shalatu was salamu ‘ala rasulillah ….
1. Sesungguhnya, Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian dan pelestarian kehidupan. Karena itu, Islam melarang menusia untuk saling membunuh dan berperang tanpa alasan yang dibenarkan agama. Bahkan, Allah menyebut orang yang berani membunuh orang lain tanpa alasan yang dibenarkan sebagai bentuk pembunuhan terhadap semua manusia. Allah berfirman,

أَنَّهُ مَن قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعاً

“Bahwasanya barang siapa yang membunuh jiwa, bukan karena qishash atau berbuat kerusakan di muka bumi, seolah-olah dia membunuh seluruh manusia.” (Q.S. Al-Maidah:32)

Di antara bentuk pembunuhan yang terlarang adalah membunuh orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin, tanpa alasan yang dibenarkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membunuh orang kafir mu’ahad maka dia tidak akan mencium bau surga.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud kafir “mu’ahad” adalah ‘orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin’. Karena itu, terorisme adalah tindakan yang bertolak belakang dengan Alquran dan Sunah.

2. Orang yang melakukan bom bunuh diri tidak bisa dikatakan sebagai orang yang mati syahid, karena batasan mati syahid di medan jihad adalah mati karena dibunuh oleh musuhnya, orang kafir.

DI SAMPING ITU, DALAM SEJARAH PERJUANGAN ISLAM, TIDAK TERCATAT ADA SHAHABAT YANG MELAKUKAN BUNUH DIRI UNTUK MENGHANCURKAN MUSUH. BAHKAN, YANG ADA ADALAH KISAH ORANG YANG BUNUH DIRI DI MEDAN PERANG, YANG DIVONIS MASUK NERAKA OLEH NABI SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM, SEBAGAIMANA DISEBUTKAN DALAM HADIS RIWAYAT BUKHARI.

3. Bagian ini adalah pertanyaan yang sangat menarik, mengingat banyaknya orang awam yang belum memahaminya. Perlu digaris-bawahi bahwa pembahasan tentang haramnya terorisme sama sekali tidak ada hubungannya dengan pakaian atau ciri fisik. Pembahasan tentang pakaian dan ciri fisik yang sesuai sunah masuk dalam lingkup kajian masalah adab dan sunah. Sementara, kajian tentang terorisme masuk dalam lingkup masalah akidah dan manhaj. Karena itu, untuk memberikan penilaian yang objektif, kita harus membedakan dua hal ini.

Terkait dengan aksi terorisme, kebetulan, mereka yang menjadi pelaku aksi ini memiliki ciri khas pakaian yang mirip dengan kelompok lainnya. Umumnya, mereka berjenggot, celana di atas mata kaki, istri-istrinya bercadar atau memakai jilbab besar, suka memakai baju koko atau yang mirip baju koko, jubah, dan seterusnya.

Beberapa ciri fisik ini, tidak kita pungkiri, merupakan bagian dari sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tentang dalil adanya ciri semacam ini bisa dilihat di kitab Riyadhush Shalihin karya Imam An-Nawawi, Uqudul Lijain karya Imam Nawawi Al-Bantani Asy-Syafi’i, dan beberapa kitab adab lainnya. Dengan demikian, upaya sebagian kaum muslimin untuk menyesuaikan diri dengan beberapa sunah ini, seharusnya mendapatkan apresiasi yang baik, karena ini adalah bagian dari usaha mereka untuk meniru sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang saat ini banyak ditinggalkan masyarakat Islam, sehingga dianggap asing.

Dengan demikian, tidak tepat jika menilai bahwa orang yang memiliki ciri ini sama dengan teroris. Menjustifikasi bahwa semua orang yang berjenggot dengan celana cingkrang sebagai teroris merupakan sikap yang tidak objektif. Tuduhan semacam itu bisa kita katakan sebagai tindakan kezaliman, karena menuduh orang lain, sementara pihak tertuduh tidak berhak mendapatkan tuduhan tersebut. Allah berfirman,

وَلاَ يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلاَّ تَعْدِلُواْ

“Jangan sampai perbuatan zalim yang dilakukan kelompok tertentu membuat kalian menjadi tidak berlaku adil ….” (Q.S. Al-Maidah:8)

Di ayat ini, Allah melarang kita bersikap zalim disebabkan oleh kejahatan yang dilakukan orang lain. Bom bunuh diri pelakunya adalah para teroris, bukan setiap orang yang bercelana cingkrang, meskipun cirinya sama.

Allahu a’lam.




Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 64.991
 
Reputasi: 1544

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

ga juga...jgn di liat dari pakaian dan tingkah laku...nya
dakwahsukses2017 dakwahsukses2017 is offline
Village Level

Post: 28
 
Reputasi: 0

__________________
umroh ramadhan,umroh januari ,





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

teroris mah yg suka tebar teror... itu doang... klo objektif dengan ciri2 pakai celana pendek,berjanggut dll salah... orang indonesia ga ngerti bahasa indonesia namanya...
Tsanie Tsanie is offline
National Level

Post: 982
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

Kutip:
Oleh dakwahsukses2017 View Post
ga juga...jgn di liat dari pakaian dan tingkah laku...nya
Kutip:
Oleh Tsanie View Post
teroris mah yg suka tebar teror... itu doang... klo objektif dengan ciri2 pakai celana pendek,berjanggut dll salah... orang indonesia ga ngerti bahasa indonesia namanya...
mungkin bisa baca baik-baik dengan seksama artikel diatas biar lbh paham maksud tulisan tersebut
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 64.991
 
Reputasi: 1544






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

kasihan gan, jangan punya statement sepreti itu,, orang pake celana cingkrang itu kan karena mengikuti ajaran agamanya, mengikuti syariat,, jadi jangan di generalisasi, kadang masyarakat itu suka mengeneralisasi, jadi kasihan yang berada dijalan yang benar, tapi kena getah nya gan,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 616
 
Reputasi: 13






Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

dri caranya aja salah pake bunuh diri.... terus membunuh orang yg tidak bersalah juga salah....
Tsanie Tsanie is offline
National Level

Post: 982
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Apakah Celana Cingkrang, Berjenggot, Cadaran Ciri Terorisme?

Banyak juga kok yang ketangkap sebagai teroris penampilannya biasa biasa saja , tidak berjanggut, celananya tidak cingkrang, cuma opini tentang janggut dan celana cingkrang sudah di sengaja di buat sedemikian rupa untuk menjelekkan islam, memang harus di akui ada beberapa oknum umat islam yang pemahaman agamanya agak agak ngaco sehingga orang diluar islam menjelek jelekan islam ditambah oleh media media yang menyesatkan. Banyak juga kok orang yang penampilannya berjanggut dan celana cingkrang yang pemahamannya bagus dan mereka berjualan dan berniaga.
bajuanakbranded77 bajuanakbranded77 is offline
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 0

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 9
adienoviyani, bajuanakbranded77, cetakankue, dakwahsukses2017, ibamfx, jakartawebhosting.com, Tsanie, zboltzkore
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.