Cloud Computing Mentransformasi Bisnis Vendor Perangkat Lunak

Nays99

New member
Week_5.jpg

VIBICLOUD – Tidak mudah menjadi penjual perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan software. Tuntutan dari pelanggan, kompetitor yang cerdas dan teknologi yang berkembang dengan pesat dan mempengaruhi kecepatan hadir-nya permainan baru. Ditambah lagi kehadiran cloud computing dengan salah satu fiturnya Software as a Service mentransformasi yang dimaksud dengan vendor perangkat lunak.

Sebagi permulaan, cloud computing berarti semakin banyak perangkat lunak yang tersedia secara online atau on-premis. Hanya membutuhkan waktu singkat untuk pelanggan meninggalkan sistem intalasi software yang lama. Tentu saja ini menghadirkan masalah terutama dalam hal reliabilitas dan keamanan. Tidak hanya itu, cloud computing dengan segera akan mempengaruhi seluruh perusahaan mulai dari pengembangan produk sampai ke marketing dan penjualan serta layanan dan dukungan kepada pelanggan.

Baca juga Pengertian Cloud Computing dan keutamaannya.

Perubahan yang terjadi dalam bisnis vendor perangkat lunak terutama disebabkan oleh banyaknya perusahaan yang bermigrasi menggunakan cloud computing karena cloud computing mampu membuat mereka memotong biaya terutama untuk sektok IT. Padahal salah satu pelanggan utama bisnis vendor perangkat lunak adalah para perusahaan tersebut. Ini menyebabkan beberapa perubahan, beberapa di antaranya adalah:

Reliabilitas menjadi kunci penawaran. Selama ini bisnis vendor perangkat lunak berarti menjual perangkat lunak dalam bentuk CD. Sekarang, vendor perangkat lunak harus berpikir untuk berubah menjadi data center dimana pelanggan yang ingin membeli perangkat lunak hanya tinggal mengunduh lalu menginstall di perangkat mereka tanpa harus menginstall menggunakan CD.

Layanan dan dukungan pelanggan. Seiring perkembangan teknologi, tuntutan dari pelanggan menjadi semakin tinggi. Salah satunya, layanan dan dukungan pelanggan yang dapat dihubungi kapan saja setiap kali mereka menghadapi masalah, Mereka sudah tidak lagi memperdulikan waktu karena tuntutan kehidupan yang bergerak dengan semakin cepat. Tidak ada pilihan lain selain mengubah layanan dan dukungan pelanggan menjadi 24x7.

Pengembangan produk menjadi lebih cepat. Dengan alasan yang sama, tuntutan dari pelanggan, pengembangan dan perbaharuan perangkat lunak sekarang menjadi semakin cepat. Keterlambatan berarti pelanggan akan berubah menggunakan perangkat lunak atau aplikasi lain yang memberikan pembaharuan lebih cepat. Tidak ada yang ingin tertinggal sehingga mempercepat proses pengembangan menjadi satu-satunya jalan keluar. Hal ini tentu saja secara langsung mengubah bisnis vendor perangkat lunak karena semakin sempitnya sistem adaptasi untuk mengenal pengembangan perangkat lunak terbaru. Selain itu juga hal ini berarti promosi berlangsung lebih singkat dan tim marketing harus menyiapkan lebih banyak rencana promosi yang dapat segera digunakan ketika ada pengembangan atau pembaruan perangkat lunak.
sumber
 
Back
Top