Cloud Computing 101: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Komputansi Awan

Nays99

New member
Week_6.jpg

VIBICLOUD – Saat ini cloud computing merupakan pilihan terbaik untuk menyimpan data perusahaan. Dibandingkan dengan metode penyimpanan yang sebelumnya, data center dan local hard disk, cloud computing bisa dikatakan lebih murah dalam segi pembiayaan juga lebih terskala dan memudahkan proses analisa data. Cloud computing merupakan layanan penyedia sumberdaya, mulai dari software sampai ruang penyimpanan, yang dapat diakses dari mana saja melalui internet.
Beberapa tahun terakhir semakin banyak perusahaan yang beralih menggunakan cloud computing. Hal ini wajar mengingat berbagai keuntungan dan kemudahan yang ditawarkan oleh cloud computing. Beberapa keuntungan beralih menggunakan cloud computing adalah:

Lebih murah. Seperti yang sudah disebutkan di atas, beralih menggunakan cloud computing dari segi biaya memang lebih murah. Perusahaan tidak perlu membangun infrastruktur IT atau data center karena cloud computing menyediakannya. Selain itu perusahaan juga hanya perlu membayar sesuai dengan yang dipakai.

Meningkatkan kecepatan. Dalam lingkungan cloud hanya membutuhkan beberapa klik untuk mengakses seluruh data yang dibutuh. Selain itu, juga akan meningkatkan kemudahan melakukan kolaborasi karena semua data tersimpan pada cloud dan dapat diakses dari mana saja selama memiliki koneksi internet. Dari segi IT, cloud computing akan memangkas waktu ketika terjadi kerusakan.

Baca juga Pengertian dan Empat Kegunaan Utama Cloud Computing

Organisasi perusahaan yang lebih efektif. Menggunakan cloud computing berarti perusahaan tidak lagi menggunakan data center atau membutuhkan infrastruktur IT sebesar sebelumnya. Hal ini tentu akan meringkas organisasi perusahaan yang pada akhirnya akan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

Sejak kemunculannya, cloud computing hadir dengan banyak kelebihan dan keuntungan. Walau begitu bukan berarti cloud computing tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang masih menjadi perdebatan sampai saat ini adalah masalah keamanan. Setiap penyedia layanan cloud computing tentu saja menjanjikan fitur keamanan yang berbeda. Ini menjadi salah satu yang harus perusahaan pertimbangkan ketika memilih penyedia layanan cloud. Pastikan juga siapa saja yang bisa mengakses data perusahaan yang tersimpan di cloud computing tersebut. Terutama untuk data perusahaan yang bersifat sensitif.

Tapi jangan sampai hal ini membuat Anda membatalkan rencana perusahaan Anda untuk bermigrasi ke cloud computing. Kekurangan dalam hal keamanan dan privasi akan teratasi dengan memilih penyedia layanan cloud computing yang terpercaya. Salah satu layanan cloud yang menjamin kemanan dan privasi data yang tresimpan di cloud computing adalah Vibi Cloud.
sumber
 
Back
Top