Lima Keuntungan Cloud Computing bagi Usaha Kecil Menengah

Nays99

New member
Week_10.jpg

VIBICLOUD – Kepopuleran layanan cloud computing Indonesia semakin meningkat terutama di usaha kecil menengah. Diprediksi pada tahun 2020, 74% dari usaha kecil menengah akan mengadopsi layanan cloud computing untuk memenuhi kebutuhan usaha. Hal ini wajar mengingat cloud computing menawarkan usaha kecil menengah kesempatan untuk memindahkan pengelolaan segala yang berhubungan dengan IT ke penyedia layanan eksternal. Mulai dari server email, hosting, sistem komuniasi sampai penyimpanan data bisa ditangani oleh penyedia layanan cloud computing. Tentu saja ini akan meningkatkan produktivitas karena Anda sebagai pemilik dan seluruh pegawai dapat fokus pada perkembangan dan pertumbungan usaha Anda.

Berikut lima alasan kenapa Anda sebagai pelaku usaha kecil menengah harus mempertimbangkan utuk memigrasikan jaringan bisnis Anda ke cloud computing:

Ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jaringan berbasis cloud computing dapat dikatakan tidak memiliki batasan ruang penyimpanan secara fisik. Ketika Anda kehabisan ruang penyimpanan sementara data perusahaan yang ingin Anda simpan atau migrasikan ke cloud semakin banyak maka dengan mudah Anda dapat meningkatkan ruang penyimpanan Anda dengan menghubungi penyedia jasa layanan cloud hosting Indonesia yang Anda gunakan. Tentu saja ini tanpa keharusan untuk berinvestasi pada hardware tambahan.

Sistem yang tahan bencana. Pernah membayangkan apa yang terjadi jika kantor Anda rusak karena bencana alam? Secara umum dapat dikatakan bahwa Anda akan kehilangan seluruh data usaha kecil menengah Anda bersamaan dengan rusaknya perangkat yang Anda gunakan. Tapi tidak jika Anda sudah bermigrasi menggunakan layanan cloud. Menggunakan cloud computing berarti Anda menyimpan data usaha Anda di tempat lain dan ketika perangkat Anda rusak, Anda tetap bisa mengaksesnya selama Anda terhubung dengan internet. Hanya dalam hitungan menit Anda akan mendapatkan data usaha Anda kembali.

Data Anda akan aman dan dilindungi. Seluruh data yang dikirim atau disimpan di cloud computing akan dienkripsi terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan data tersebut dimanfaatkan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Seandainya ada virus yang terdeteksi pada salah satu file maka sistem secara otomatis akan dikarantina sehingga virus tersebut tidak akan menyebar luas di jarangan atau data usaha Anda.

Bekerja lebih fleksibel dan di mana saja. Layanan cloud computing memungkinkan siapa saja untuk bekerja dari mana saja selama masih memiliki koneksi internet yang aman dan perangkat yang kompatibel. Di mana pun karyawan Anda berada, mereka tetap bisa mengakses seluruh data yang dibutuhkan secara real time. Tentu ini akan membuat karyawan Anda bekerja secara lebih efektif.

Kolaborasi dan meningkatkan produktivitas. Ketika semua data tersimpan di satu tempat dan dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja tentu ini akan meningkatkan kolaborasi antar karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja dan tentu saja ini mengunjungkan bagi Anda pemilik usaha kecil menengah yang sedang berkembang.
sumber
 
Back
Top