Pengertian Organisasi : Ciri, Unsur, Manfaat Dan Pentingnya Organisasi
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMA/SMK/MA Kelas 12 & UN/UNAS

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[IPS-Sosiologi] Pengertian Organisasi : Ciri, Unsur, Manfaat Dan Pentingnya Organisasi

Pengertian Organisasi

Pengertian Organisasi yaitu sebuah grup orang yang bekerja bersama untuk maksud berbarengan. Sedang secara terinci pengertian organisasi yaitu sebagai tempat atau wadah untuk orang berkumpuldan berkerja sama secara rasional serta systematis, terencana, terpimpin, serta teratasi, dalam memakai sumber daya baik duit, cara, material, serta lingkungan, serta sarana-prasarana, data serta lain sebagainya yang dipakai secara efisen serta efisien untuk meraih maksud organisasi,
Pengertian Organisasi Menurut Pengertian Beberapa Pakar

Dilihat dari pengertian organisasi yang bermacam seperti pengertian organisasi secara umum serta luas, beberapa pakar juga menyampaikan gagasannya tentang pengertian organisasi diantaranya sebagai berikut ini :

Stoner, Menurut dia pengertian organisasi yaitu sebuah pola hubungan-hubungan lewat mana beberapa orang di bawah pengarahan atasan menguber maksud bersama

Stephen P. Robbins, Menurut definisinya, pengertian organisasi yaitu kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan satu batasan yang relatif bisa diidentifikasi, yang bekerja atas mendasar yang relatif terus-terusan untuk meraih sebuah maksud berbarengan atau sekumpulan maksud.

James D. Mooney, Organisasi yaitu bentuk tiap perserikatan manusia untuk meraih maksud berbarengan.

Chester I. Bernard, Menyebutkan kalau organisasi yaitu sebuah system kesibukan kerja sama yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih.

Drs. H. Malayu S, P, Hasibuan, menurut dia pengertian organisasi yaitu sebagai proses pemilihan, pengelompokan, serta penyusunan berbagai macam kesibukan yang dibutuhkan untuk meraih maksud berbarengan.

Max Weber, Menurut gagasannya pengertian organisasi yaitu sebuah kerangka hubungan terstruktur yang didalmnya ada wewenang, serta tanggung jawab dan pembagian kerja menjalani suatu hal manfaat spesifik.

Prof. Dr. Sondang P. Siagian yaitu tiap bentuk persekutuan pada dua orang/lebih yang sama-sama bekerja bersama dan terikat secara resmi dalam rencana lakukan pencapaian maksud yang udah ditetapkan dalam ikatan yang ada pada seorang atau beberap orang yang di kenal sebagai atasan serta seseorang atau grup orang yang di kenal sebagai bawahan

Paul Preston serta Thomas Zimmerer yaitu sebuah kumpulan orang yang sudah disusun dalam satu kelompok-kelompok yang sama-sama bekerja bersama dalam meraih maksud secara berbarengan.

Philip Slznic, yang menyebutkan kalau organisasi yaitu sebuah ketentuan personil bermanfaat dalam memudahkan dalam lakukan pencapaian dari beberapa maksud yang udah diputuskan melalui alokasi tanggung jawab serta manfaat atau Through the allocation of functionss and responsibilites.

Thompson, yakni organisasi yaitu sebuah kombinasi pada anggota-anggota khusus yang amat impersonal serta rasional yang sama-sama bekerja bersama (koperasi) dalam meraih maksud-tujuan yang khusus yang udah diumumkan.

Maksud Organisasi

Tiap manusia mempunyai kebutuhan serta maksud yang tidak sama, hal itu jadi sebab ada maksud dalam organisasi, dengan menjadikan satu kebutuhan serta maksud yang tidak sama untuk jadi kebutuhan serta maksud yang sama. Maksud organisasi punya pengaruh dalam meningkatkan organisasi baik dalam perekrutan anggota, serta pencapaian apa yang mau dikerjakan dalam berjalannya organisasi itu. Maksud-tujuan organisasi diantaranya sebagai berikut ini :
Menangani minimnya.kurang tersedianya kekuatan, kemandirian serta sumber daya yang dipunyainya dalam meraih maksud
Sebagai tempat meraih maksud dengan selektif serta efektif lantaran lakukan secara bersama-sama
Sebagai tempat mendapat jabatan serta pembagian kerja
Tempat mencari keuntungan bersama-sama
Sebagai tempat mengelola dalam lingkungan berbarengan
Sebagai tempat mendapat penghargaan
Sebagai tempat dalam mendapat kekuasaan serta pengawasan
Sebagai tempat menambat pergaulan serta memakai saat luang

Ciri-Ciri Organisasi

Merujuk pada maksud serta pada pengertian organisasi yang ada di atas bisa kita mengambil beberapa ciri organisasi yang mempunyai batasan yang amat terang serta deskripsi tentang bagaimana organisasi itu serta apa sesungguhnya ciri dari organisasi dapat dikatakan sebagai organisasi.

Kumpulan manusia
Organisasi dapat dikatakan sebagai organisasi saat mempunyai anggota sejumlah dua atau melebihi dari dua orang yang bisa berperilaku dalam organisasi untuk meraih maksud dengan sadar sesuai sama maksud organisasi.

Maksud bersama
Maksud berbarengan adalah sebuah ciri paling utama dalam organisasi yang membedakan dengan sebuah grup. Bahkan juga pada satu diantara pengertian organisasi yang ada di atas sudah menerangkan kalau maksud organisasi harusnya disuarakan serta dipublikasikan oleh pemimpin atau mungkin orang yang disadari sebagai orang yang ditokohkan. Tetapi, tidak bisa didugali kalau pada setiap anggota pastinya memiliki beberapa maksud pribadi yang tidak sama persis dengan beberapa anggota yang lain, meskipun mereka sudah berkumpul. Walau demikian karenanya ada maksud organisasi tiap individu itu harus melakukan maksud organisasi itu. Organisasi yang mempunyai kekompakan adalah yang memiliki maksud yang sama juga dengan beberapa anggotanya terlebih anggota mereka ada pada tataran kalau. Misalnya, pada sebuah organisasi seumpama perusahaan usaha yang sudah membuahkan keuntungan dalam memperkaya diri mereka serta berikan penghidupan serta memberi makan pada beberapa anggota. Seluruh anggota terang memiliki maksud yang sama hingga bakal terdorong selalu selalu untuk bekerja bersama.

Kerja sama
Organisasi memiliki ciri seperti hubungan kerja. Pastinya tidak layak bila pada sebuah kumpulan manusia yang memiliki maksud yang sama itu tidak bekerja bersama, hal semacam ini bakal membawa musibah pada organisasi lantaran pastinya tidak ada hubungan kerja dalam sebuah organisasi organisasi itu bakal hancur.

Ketentuan-aturan
Ketentuan biasanya terbentuk sesudah organisasi itu udah ada. Ada ketentuan ini adalah sebuah bentuk ciri dari organisasi resmi yang mempunyai maksud dalam mengatur pada tiap anggota agar hubungan kerja bisa tersambung secara efisien, efektif serta mempunyai tanggung jawab dalam berorganisasi. Ketentuan ini kerapkali diberi nama sebagai konstitusi atau biaya mendasar.

Pembagian pekerjaan.
Pada suatu organisasi yang resmi tentang pembagian pekerjaan sesuai sama kekuatan serta kemampuan dari anggota, hal semacam ini amat perlu untuk tercapainya maksud organisasi serta bisa memudahkan dalam pencapaian maksud beberapa anggota organisasi. Karena ada pada pembagian pekerjaan yang lantas ditata dalam ketentuan atau konstitusi ingin tidak ingin, sukai tidak sukai beberapa orang yang ada dalam organisasi itu harus lakukan kerja sama juga dengan beberapa ketentuan berlaku seperti profesional, mempunyai kesetiaan pada organisasi untuk terwujud maksud organisasi serta melindungi eksistensi dalam satu organisasi.
alfinfafaz1 alfinfafaz1 is offline
Village Level

Post: 33
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pengertian Budaya : Unsur, Ciri, Fungsi Dan Manfaat Budaya alfinfafaz1 SMA/SMK/MA Kelas 12 & UN/UNAS 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.