ITE Regulation
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

ITE Regulation

pernah baca UU ITE?
yg pokok saja nih.. merupakan larangan. kalo dilanggar kena denda pasti.
----
BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG
Pasal 27
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Pasal 28
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)

Pasal 29
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Pasal 30
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan.

Pasal 31
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan/atau penghentian Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.
(3) Kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, dan/atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan undang-undang.
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 32
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun memindahkan atau mentransfer Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik kepada Sistem Elektronik Orang lain yang tidak berhak.
(3) Terhadap perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang mengakibatkan terbukanya suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang bersifat rahasia menjadi dapat diakses oleh publik dengan keutuhan data yang tidak sebagaimana mestinya.

Pasal 33
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apa pun yang berakibat terganggunya Sistem Elektronik dan/atau mengakibatkan Sistem Elektronik menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Pasal 34
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan, mengimpor, mendistribusikan, menyediakan, atau memiliki:
a. perangkat keras atau perangkat lunak Komputer yang dirancang atau secara khusus dikembangkan untuk memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33;
b. sandi lewat Komputer, Kode Akses, atau hal yang sejenis dengan itu yang ditujukan agar Sistem Elektronik menjadi dapat diakses dengan tujuan memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33.
(2) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bukan tindak pidana jika ditujukan untuk melakukan kegiatan penelitian, pengujian Sistem Elektronik, untuk perlindungan Sistem Elektronik itu sendiri secara sah dan tidak melawan hukum.

Pasal 35
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Pasal 36
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi Orang lain.

Pasal 37
Setiap Orang dengan sengaja melakukan perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 36 di luar wilayah Indonesia terhadap Sistem Elektronik yang berada di wilayah yurisdiksi Indonesia

harap dipahami sebelum posting di media apapun di dunia maya.

- n1 -
tenang kawan.. kalo emang hati gak jaim pasti selamat kok!
apalagi mau beli jimat-saktiku.. testimoni nyusul yah!
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.982
 
Reputasi: 488

spirit:
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: ITE Regulation

nah itu buni yani piye. Ga terima dijadikan tersangka!
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.144
 
Reputasi: 1622

n1ngs1h: suka2 dia mau.. gugat ke peradilan yg lebih tinggi gak dilarang.





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: ITE Regulation

Kutip:
Oleh n1ngs1h View Post
pernah baca UU ITE?
yg pokok saja nih.. merupakan larangan. kalo dilanggar kena denda pasti.
----
BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG
Pasal 27
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.
(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Pasal 28
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)

Pasal 29
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Pasal 30
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan tujuan untuk memperoleh Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik.
(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik dengan cara apa pun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan.

Pasal 31
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan/atau penghentian Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.
(3) Kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, dan/atau institusi penegak hukum lainnya yang ditetapkan berdasarkan undang-undang.
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 32
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik milik Orang lain atau milik publik.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun memindahkan atau mentransfer Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik kepada Sistem Elektronik Orang lain yang tidak berhak.
(3) Terhadap perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang mengakibatkan terbukanya suatu Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang bersifat rahasia menjadi dapat diakses oleh publik dengan keutuhan data yang tidak sebagaimana mestinya.

Pasal 33
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apa pun yang berakibat terganggunya Sistem Elektronik dan/atau mengakibatkan Sistem Elektronik menjadi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Pasal 34
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan, mengimpor, mendistribusikan, menyediakan, atau memiliki:
a. perangkat keras atau perangkat lunak Komputer yang dirancang atau secara khusus dikembangkan untuk memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33;
b. sandi lewat Komputer, Kode Akses, atau hal yang sejenis dengan itu yang ditujukan agar Sistem Elektronik menjadi dapat diakses dengan tujuan memfasilitasi perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 33.
(2) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bukan tindak pidana jika ditujukan untuk melakukan kegiatan penelitian, pengujian Sistem Elektronik, untuk perlindungan Sistem Elektronik itu sendiri secara sah dan tidak melawan hukum.

Pasal 35
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, penciptaan, perubahan, penghilangan, pengrusakan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dengan tujuan agar Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik tersebut dianggap seolah-olah data yang otentik.

Pasal 36
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi Orang lain.

Pasal 37
Setiap Orang dengan sengaja melakukan perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 36 di luar wilayah Indonesia terhadap Sistem Elektronik yang berada di wilayah yurisdiksi Indonesia

harap dipahami sebelum posting di media apapun di dunia maya.

- n1 -
tenang kawan.. kalo emang hati gak jaim pasti selamat kok!
apalagi mau beli jimat-saktiku.. testimoni nyusul yah!

kadang2 yang jadi persoalan adalah, hukum itu bisa dicari celahnya, kuat2an pengacara. Kebenaran itu diterjemahkan progresif, tidak hakiki. sehingga pemenang adalah yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan celah hukum yang telah dibuat.
agia
agia agia is offline
Village Level

Post: 35
 
Reputasi: 4

n1ngs1h: pakar hukum pun ada yg gak bisa ngelak. terpaksa masuk sel!





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: ITE Regulation

Kutip:
Oleh agia View Post
kadang2 yang jadi persoalan adalah, hukum itu bisa dicari celahnya, kuat2an pengacara. Kebenaran itu diterjemahkan progresif, tidak hakiki. sehingga pemenang adalah yang memiliki kemampuan untuk mendapatkan celah hukum yang telah dibuat.
memang seperti itu lah hukum di negara kita gan, dibuat untuk diberikan celah, sehingga bisa jadi lahan bisnis gan, belum lagi aturan aturan itu sama sekali tidak berlaku untuk kaum kaum elite gan sangat berlaku untuk rakyat rakyat kecil gan,, yang bikin sedih kondisi hukum di negara kita sudah seprti itu gan, tajam ke bawah, tumpul ke atas,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 756
 
Reputasi: 17

n1ngs1h: makanya jadio orang atas! kalo yakin tajamnya kebawah buat apa jadi bawahanspirit:





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: ITE Regulation

sak bener nye nih.. uu itu bagus! tujuannya pasti untuk membuat nyaman masyarakat umum. berlaku untuk semua orang atas maupun bawah.
urusan penindakan penegakan yg dirasa tajam kebawah pun perlu kajian yg bijak.
(jangan mudah terhasut "OMONGAN ORANG", "KATA SI-ANU".. nyatakan sendiri baru cerita "ke personil yg tepat" nanti bisa diperkarakan juga si penegak)
pemerintah juga lagi bebenah menuju yg diinginkan umum; ada usaha.
Kalo mampu bantulah dg hal2 yg bisa dipertanggung jawabkan gak asal posting/berpendapat.
---
rasa2nya kalimat yg ada di uu terlalu panjang! jadi males baca/gak ngeh maksudnya. ada yg mau/bisa membuat singkat+padat?
biar mudah diingat dan segera dilaksanakan karena paham!

- n1 -
kaya aku nih. jadi pahlawan kesiangan!
beruntung jual jimat masuk sorga gak kena tilang.
jual herabalabalabal penyembuh 1001 penyakit yg mau tak pensiunkan.
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.982
 
Reputasi: 488






Reply With Quote     #6   Report Post     Original Poster (OP)

Re: ITE Regulation

Dilarang
pasal 27
1. konten p#rn#.
2. konten j#di.
3. konten penghinaan/pencemaran pribadi.
4. konten ancaman dg pemerasan.
pasal 28.
1. penipuan jual-beli.
2. konten mengangkat SARA.
pasal 29.
ancaman dengan kekerasan/bully. (ini sudah disebut di pasal 27 ayat 4. dobel posting/memperjelas!)
pasal 30.
1. memakai komputer orang lain tanpa ijin.
2. mengakses isi komputer orang untuk melihat isi dokumen.
3. mengakses komputer orang dengan cara ngehack password/security.
4. ayat 3 bisa diperluas aturannya nyusul.
pasal 31.
1. menyadap/copy dokumen orang lain dikomputernya. (double posting/memperjelas pasal 30 ayat 2)
2. menyebarkan dokumen orang lain dengan rekayasa/edit.
3. ayat 1+2 bisa ditambahkan hal lain pihak kepolisian jaksa.
4. aturan tambahan bisa ditambahkan/diperjelas dg aturan pemerintah.
pasal 32.
1. menyebarkan dokumen orang lain tapi pake editan. (doubel posting/memperjelas pasal 31 ayat 2)
2. mengcopy dokumen orang tanpa ijin. (triple posting pasal 30 ayat 2)
3. tambahan keterangan ayat 1+2 yg bersifat rahasia menjadi tidak rahasia lagi.
pasal 33.
menyebarkan virus.
pasal 34.
mengambil keuntungan dari produk orang. lewat jual beli, ads/bit ly dan semacamnya jual vcd dvd bajakan.
pasal 35.
memalsukan dokumen dan menerbitkan seolah barang asli.
pasal 36.
semua pasal yg ada dengan tujuan merugikan orang lain.
pasal 37.
semua pasal yg ada berlaku buat semua pemegang kartu identitas RI dimanapun keberadaannya.

sangsi rata2 maks 6 th penjara dan atau denda 1 M. ada yg 2X lipat sangsinya.

kalo kurang sempurna tambahin! maklum bukan ahlinya.
------------------------------------------------------------------------------------------
pengen hidup nyaman?.. jadilah orang bijak. cerita kebenaran yg real.
kalo kebetulan nemu yg sperti ituuu... ni form buat lapor.

jangan ditambah pa dikurangin! laporkan apa adanya apa adanya.
------------------------------------------------------------------------------------------

- n1 -
ternyata ngedit gambar orang lain sangsinya seabreg! misal muka om roi-suryo ditempel ketubuh miyabi yg telanjang.
makanya jangan sok jaim!
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.982
 
Reputasi: 488

spirit:





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: ITE Regulation

^
^

setuju kl ada aturan ketat soal penggunaan medsos. kadang2 ada org yang seenaknya menghujat orang lain tanpa merasa berdosa. Jadi aturan ini bagus jika benar2 ditegakkan
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 66.144
 
Reputasi: 1622

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 6
agia, agungsuhada, Elin_A, ibamfx, n1ngs1h
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.