Sejarah Tank 2 : Perang Dunia I Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sejarah Tank 2 : Perang Dunia I

Perang Dunia I
Kondisi pertempuran Perang Dunia I di Front Barat membuat Angkatan Darat Inggris berpikir untuk mengembangkan kendaraan yang bisa menyebrangi parit, menghancurkan kawat berduri, dan tidak mempan ditembak senapan mesin. Prototip tank pertama kali diuji oleh militer Inggris pada 6 September 1915. Pada awalnya, kendaraan ini diberi nama "kapal darat" (ground ship), tapi untuk menjaga rahasia, tank versi awal disebut sebagai "pengangkut air" yang kemudian dipendekkan sebagai "tank" (tangki air dalam bahasa Inggris). Istilah tank digunakan agar pekerja yang membuatnya mengira bahwa mereka sedang membuat kendaraan pengangkut air untuk tentara Inggris di Mesopotamia (Iraq sekarang). Istilah tank ini akhirnya diresmikan pada tanggal 24 Desember 1915.


Mark I Inggris pada Pertempuran Somme.

Tank pertama kali dipakai dalam perang ketika Kapten H. W. Mortimore membawa tank Mark I dalam Pertempuran Somme pada 15 September 1916. Perancis mengembangkan tank Schneider CA1 yang dibuat dari traktor Holt Cater####ar, dan pertama kali digunakan pada 16 April 1917. Penggunaan tank secara besar-besaran dalam pertempuran terjadi pada Pertempuran Cambrai pada 21 November 1917. Dan kemudian tank bisa sukses dipakai pada Pertempuran Amiens, dimana Sekutu berhasil mematahkan pertahanan parit Jerman dengan bantuan kendaraan lapis baja tersebut. Peran tank pada akhirnya akan membuat konsep perang parit usang, dengan dibuatnya ribuan tank oleh Perancis dan Inggris.


Tank Schneider CA1 buatan Perancis.

Pada awalnya, pemakaian tank memiliki hasil yang bervariasi. Masalah-masalah seperti kinerja tank yang tidak dapat diandalkan. Dan tank-tank pertama memiliki daya yang rendah, baik senjata maupun kemampuan mesin, serta lapisan baja yang lemah. Pemakaian tank dalam grup kecil juga mengurangi dampak yang dihasilkan tank. Pasukan Jerman sempat terkejut dan tidak memilik senjata yang dapat menghentikan tank, tapi akhirnya mereka berhasil menemukan tembakan anti-tank, dan penggalian parit yang lebih panjang juga berhasil menghentikan laju tank-tank Inggris.

Perubahan-perubahan pada medan perang dan buruknya kinerja tank memaksa Sekutu untuk terus mengembangkan konsep tank ini. Tank terus berkembang pada Perang Dunia I, misalnya tank Mark V, yang dibuat sangat panjang sehingga bisa melewati parit-parit yang lebar sekalipun.
langit_byru
National Level

Post: 541
 





Reply With Quote     #2   Report Post  

ceritanya seru tuh!tank

mau dapet dollar ga ?
gabung di
www.mylot.com/?ref=adi_doank
mau buat e-gold di
www.e-gold.com
mau main game online gratisan trus dapet Huang
bogc.com
mau debat bahasa ingris trus dapet dollar
www.mylot.com/?ref=adi_doank
waaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssaaaaaaa aaaaaaaallllllllllllllllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaa aaaaammmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuaaaaaaaaalllllllllllla aaaaaaaaakkkkkkkkuuuuummmmmmmmmmmmmmmmmmm
wwwwwwwwwwwaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrooooooooooooo ohhhhhhhhmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaattttttttttttttullo oooohiiiiiiiiiiiiiiiiiiwwwwwwwabarokatuh
pratama_adi2001
City Level

Post: 375
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Sejarah Tank 2 : Perang Dunia I

Tank oh tank...
guest
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Perang Dunia I langit_byru Sejarah & Budaya 1
Sejarah Tank 5 : Perang dingin dan seterusnya langit_byru Sejarah & Budaya 1
Sejarah Tank 4 : Perang Dunia II langit_byru Sejarah & Budaya 0
Sejarah Tank 3 : Antara Dua Perang langit_byru Sejarah & Budaya 0
Sejarah Tank 1 : Awal langit_byru Sejarah & Budaya 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.