Saatnya Cloud Computing dan Ucapkan Selamat Tinggal pada Server
 
Go Back   Home > Komputer & Games PC

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Desktop PC/CPU] Saatnya Cloud Computing dan Ucapkan Selamat Tinggal pada Server

[center][center]
VIBICLOUD – Sejak kehadirannya beberapa tahun yang lalu, cloud computing sukses memberikan dampak luar biasa terutama pada sektor bisnis. Berbagai pengembangan semakin mematangkan cloud computing baik dari segi keamanan dan kehandalannya selain itu juga membuat cloud computing dapat dimanfaakan untuk melakukan berbagai hal terkait dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Jika di awal kemunculannya cloud computing hanya digunakan untuk software akuntansi, menyimpan dan berbagi data serta manajemen proyek. Sekarang, penggunaan cloud computing sudah bergeser. Terbukti dengan banyaknya perusahaan yang mengadopsi dan bermigrasi menggunakan cloud computing untuk seluruh lingkungan IT perusahaan seperti penyimpanan data, email dan aplikasi serta software yang digunakan.

Kecenderungan ini mengakibatkan semakin menurunnya perusahaan yang menggunakan teknologi server on-premis bahkan pada perusahaan kecil dan menengah sekalipun. Bahkan pada awal 2016, diperkirakan anggaran hardware untuk sektor IT terutama infrastuktur server on-premis menurun sebesar 4% sementara angka perusahaan yang bermigrasi ke cloud computing semakin meningkat.

Tentu saja alasan utama perusahaan bermigrasi ke cloud computing adalah keuntungan finasial karena perusahaan tidak perlu berinvestasi pada server on-premis juga untuk meningkatkan mibilitas. Sementara perusahaan kecil lebih tertarik menggunakan coud computing karena server on-premis berarti harus menyediakan ruang untuk menyimpan infrastruktur IT.

Faktor keamanan menjadi poin utama yang menahan langkah perusahaan untuk bermigrasi menggunakan cloud computing. Tentu tidak ada perusahaan yang menginginkan data sensitif atau rahasia yang dapat merugikan perusahaan atau menguntungkan perusahaan saingan. Tapi seperti juga teknologi lainnya, cloud sudah berevolusi dan sistem keamanan terus ditingkatkan. Bahkan sekrang ini dapat dikatakan untuk sebagian besar kasus, menyimpan data di cloud computing jauh lebih aman daripada menyimpannya di server on-premis.

Walau begitu, salah satu faktor penentu keamanan dari cloud computing adalah memilih penyedia jasa layanan cloud computing yang terpercaya. Lebih baik lagi jika penyedia layanan cloud computing berada di negara atau kota yang sama dengan domisili perusahaan. Ini penting untuk mengantisipasi jika terjadi masalah atau sesuatu yang tidak diinginkan maka dapat cepat ditangani tanpa harus terkendala perbedaan jam juga bahasa. Terlihat sepele tapi sebenarnya ini cukup krusial agar proses migrasi dan proses adaptasi serta pemeliharaan nantinya dapat berlangsung baik dan memberikan kenyamanan bagi perusahaan maupun penyedia jasa layanan cloud computing.
sumber
Nays99 Nays99 is offline
Village Level

Post: 44
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.