Prediksi Perkembangan Cloud Computing di Tahun 2017

Nays99

New member
WEEK_14.jpg

VIBICLOUD – Seluruh dunia, terutama pelaku bidang teknologi atau pengusaha yang terbuka terhadap perkembangan teknologi tentu setuju jika cloud computing adalah merupakan teknologi yang terus berkembang saat ini. Perkembangan cloud computing juga tidak bisa dilihat sebelah mata karena perkembangan ini terjadi sangat cepat dan mengubah berbagai aspek kehidupan menjadi lebih mudah juga menghancurkan dinding batas yang memagari kreativitas.

Tahun ini terjadi ledakan jumlah perusahaan yang bermigrasi menggunakan cloud computing. Ledakan ini terjadi dengan berbagai alasan. Salah satunya tentu saja karena seluruh perusahaan menginginkan efektivitas yang ditawarkan oleh cloud computing. Selain itu juga karena bermigrasi menggunakan cloud computing berarti melakukan penghematan besar-besaran dan perusahaan tidak perlu memusingkan kebutuhan di bidang IT sehingga dapat lebih fokus menyiapkan strategi untuk mengembangkan perusahaan.

Lalu apa yang akan kita temukan di tahun 2017 terkait dengan cloud computing?

Meningkatnya kebutuhan akan manajemen cloud computing. Ledakan jumlah perusahaan yang migrasi menggunakan cloud computing akan mendorong perkembangan ini ke titik kritis pengelolaan cloud computing yang memaksa bidang IT untuk kembali mengaturnya secara manual. Hal ini akan terjadi dan hampir pasti terjadi jika tidak ada pemain baru di bidang manajemen cloud computing terutama untuk layanan cloud yang berhubungan dengan aplikasi miliki pemerintah. Bukan rahasia lagi kalau saat ini banyak pemerintah daerah di Indonesia yang mulai melirik bahkan menggunakan layanan cloud computing untuk layanan publik yang lebih baik. Dua pemerintah daerah yang menjadi pionir adalah Jakarta dan Bandung dengan berbagai program terkait smart city.

Cloud computing akan mendorong ledangan Big Data. Untuk sebagian orang Big Data merupakan istilah baru yang tidak familiar. Bahkan sebagian orang akan berpendapat kalau Big Data tidak berhubungan dengan mereka atau hidup mereka. Ini tentu saja pemikiran yang salah. Big Data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan volume data dalam jumlah besar, data yang kita bicarakan di sini tentu saja data yeng terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Manfaat dari Big Data adalah dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap karena semakin banyak data yang dapat dianalisis dan ini terjadi karena meningkatnya penggunaan cloud computing.

Teknologi Big Data belum optimal digunakan di Indonesia karena dianggap tidak memberikan keuntungan yang signifikan.Tahun 2017 pendapat ini akan berubah. Perusahaan akan mulai melirik Big Data karena hasil yang dijanjikan lebih akurat terutama informasi atau gambaran yang berhubungan dengan bidang marketing.

Dari dua poin di atas, Anda tentu sudah mendapatkan gambaran kalau tahun 2017 cloud computing masih menduduk posisi teratas teknologi sama seperti tahun ini hanya saja tahun depan perkembangan yang akan kita lihat tentu lebih cepat dengan skala yang lebih besar. Sebelum itu terjadi Anda harus bersiap. Salah satunya dengan bermigrasi menggunakan cloud computing dan pastikan seluruh pegawai Anda terutama di bidang IT menjadi savvy cloud computing.
sumber
 
Back
Top