Selain Pengertian Cloud Computing, Apa Lagi yang Anda Ketahui Tentang Cloud Computing?

Nays99

New member
image0011.jpg

VIBICLOUD – Sekarang ini, sulit untuk tidak menggunakan teknologi bernama cloud computing. Anda merasa tidak menggunakannya? Sebagain besar pengguna cloud dewasa ini memang tidak merasa menggunakan cloud walau mereka sebenarnya sudah menggunakan dan sangat familiar dengan teknologi ini. Pengertian cloud computing atau komputansi awan adalah suatu sistem yang menggabungkan berbagai manfaat dari komputer dan pengembangan berbasis komputer untuj mempermudah dan meningkat efisiensi. Contohnya, ketika Anda memeriksa saldo rekening melalui internet banking, Anda menggunakan teknologi cloud. Mengunggah foto di facebook, itu juga teknologi cloud computing. Menyimpan data dan foto di Dropbox, OneDrive, Microsoft Azure dan berbagai layanan sejenis, itu semua adalah teknologi cloud computing.

Tentu saja keuntungan menggunakan cloud computing tidak terbatas pada penggunaan personal melainkan juga untuk kepentingan bisnis. Terutama bagi bisis kecil dan menengah yang siap untuk terus berevolusi. Beberapa keuntungan tersebut adalah:

Kemudahan mengakses data secara real time. Ini merupakan keuntungan utama yang tidak ditawarkan oleh penggunaan server konvensional. Jika bisnis atau perusahaan Anda menggunakan cloud computing maka seluruh karyawan, tentu saja yang memiliki akses, akan mendapatkan informasi yang sama bahkan ketika ada salah seorang yang mengubah data tersebut. Tentu ini akan memberikan keuntungan karena memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan karena perbedaan data yang digunakan, Selain itu pelanggan atau klien tentu akan merasa senang karena ifnormasi yang diberikan atau disampaikan selalu akurat dan terkini.

Faktor keamanan. Ketika teknologi ini pertama kali diperkenalkan, banyak yang mempertanyakan faktor keamanan. Terutama karena seluruh data tersimpan pada server imajiner. Teknologi cloud computing terus berkembang sehingga keamanan tidak lagi menjadi isu yang siginifikan. Hampir seluruh penyedia layanan clou computing melengkapi layanan mereka dengan menggunakan sistem keamanan tinggi yang sulit dan sulit untuk dibobol. Tidak hanya itu, menggunakan cloud computing berarti data perusahaan Anda tetap aman sekalipun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam. Jika Anda menggunakan sistem –n-premise yang bergantung pada server maka data perusahaan akan hilang seandainya terjadi sesuai pada server dan itu tentu saja akan menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan Anda.

Meningkatkan fleksibilitas. Menggunakan cloud computing akan meningkatkan fleksibiltas, salah satunya karena data yang tersimpan di cloud computing dapat diakses dari mana saja, kapan saja dan dari perangkat apa saja. Fleksibilitas seperti ini akan meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Selain itu ini juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang memiliki pegawai yang tersebar di beberapa lokasi karena seluruh karyawan dapat mengakses data yang sama dari masa saja.​
 
nyimpen data di awan bisa dijamin asuransi engga nih...
asik kalo ada jaminan. simpen file abal2 tempelin pirus yg bisa ngehax system. dpt duit!
 
Back
Top